Website Edukasi No. 1

Contoh PTK SD Kelas 3 Wajib Diketahui Pengajar

Dalam memenuhi kebutuhan pekerjaan di sekolah, tentunya para guru memerlukan contoh PTK SD Kelas 3 yang bisa dijadikan materi rujukan. Dalam hal ini penelitian dilakukan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas. Dimulai dengan mengetahui permasalahan yang ada dan nantinya akan diperoleh hal apa saja yang bisa mengubahnya jadi lebih baik.

Apabila membutuhkan contoh PTK yang lengkap dan mempermudah proses belajar mengajar di kelas, maka berikut ini adalah contoh yang dapat dijadikan referensi. Simak ulasannya di bawah ini, yaitu antara lain:

Tujuan PTK SD Kelas 3

Sebelum mengetahui bagaimana struktur dan contoh PTK SD Kelas 3, tentunya seorang peneliti dan guru perlu menentukan tujuannya terlebih dahulu. Dalam hal ini berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan detail sebagai berikut:

  • Tujuan umum

Untuk tujuan umumnya tersendiri yaitu agar bisa meningkatkan aktivitas sekaligus kualitas hasil belajar siswa. Hal tersebut mencakup skala yang lebih besar dan juga umum terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

  • Tujuan Khusus

Sedangkan tujuan khususnya adalah berfokus pada peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Serta dalam hal ini PTK difokuskan pada pembelajaran melalui media gambar yang diharapkan meningkatkan minat siswa untuk belajar lebih baik lagi.

advertisement

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

Selain menentukan tujuannya saja, namun juga diharapkan memberikan manfaat bagi siswa, guru dan bahkan untuk sekolah. Berikut adalah beberapa manfaatnya, yaitu antara lain:

  • Manfaat teoritis

Secara teori, manfaat yang diharapkan adalah nantinya penelitian bisa dijadikan referensi terutama dalam meningkatkan keterampilan siswa ketika menulis puisi. Mulai dari mengembangkan penyampaian gagasan, pemilihan kata, serta kesesuaian judul beserta isinya.

  • Manfaat praktis

Pada manfaat praktisnya, hasil penelitian diharapkan bisa memberikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi, membantu guru agar semakin berkembang dan juga sekaligus meningkatkan kualitas sekolah.

Struktur PTK SD Kelas 3

Dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas terutama pada SD Kelas 3, terdapat beberapa poin yang harus ada dalam strukturnya. Berikut adalah detailnya, yaitu antara lain:

1. Perencanaan

Pada tahapan satu ini, peneliti beserta guru membuat perencanaan mengenai proses pembelajaran yang akan dijadikan sebuah penelitian. Dalam hal ini, siswa akan belajar menggunakan media gambar. Sehingga guru pun perlu menyiapkan RPP terkait, materi pembelajaran, membuat media gambar, hingga menyusun instrumen tes berupa soal tentang menulis puisi.

2. Pelaksanaan

Setelah itu barulah pelaksanaan tindakan sebagai upaya pengimplementasian rencana pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Guru akan melakukan pendahuluan, inti dan juga penutup dalam sebuah proses pembelajaran. Mulai dari mengondisikan siswa agar mengikuti pelajaran, melakukan presensi kehadiran siswa, menyiapkan media gambar dan bertanya jawab.

Kemudian akan dilakukan penjelasan materi mengenai puisi dan juga gambar sebagai media pembelajaran untuk nantinya membuat bait puisi secara bersama. Terakhir, guru dan siswa akan menyimpulkan materi pembelajaran yang telah diajarkan sekaligus mengerjakan tes soal sesuai perencanaan.

3. Pengamatan

Langkah berikutnya yaitu melakukan pengamatan di kelas. Hal ini dilakukan saat proses belajar mengajar berlangsung serta difokuskan pada aktivitas siswa, mulai dari kehadiran, kesiapan, hingga keaktifan siswa saat bertanya. Nantinya guru akan menggunakan lembar pengamatan penggunaan media gambar dan lain sebagainya. Pada tahap ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui keberhasilan atau bahkan kekurangan dalam proses belajar mengajar.

4. Refleksi

Tahap refleksi adalah langkah tepat untuk menyimpulkan dan mengemukakan kembali mengenai kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, serta pengamatan yang dilakukan selama penelitian berlangsung. Pada tahap satu ini diharapkan peneliti bisa mengerti kelebihan dan juga kerugian penggunaan media gambar dalam pembelajaran yaitu terutama pada materi Puisi.

Tahapan satu ini akan menunjukkan apakah hasil penelitian sesuai dengan hipotesis yang diinginkan atau tidak. Apabila hasil pembelajaran menarik minat siswa dan menunjukkan adanya peningkatan, maka hal ini bisa dikatakan berhasil. Sehingga penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi dapat diterapkan.

Unduh Contoh PTK SD Kelas 3

Kurang rasanya kalau informasi ini tidak dilengkapi dengan contoh format Penelitian Tindakan Kelas, oleh karena itu saya akan bagika beberapa contonya. Dengan demikian anda dapat melihat bentuk laporan yang sudah jadi untuk dijadikan sebagai bahan referensi tambahan. Berikut ini formatnya :

Baca Juga:

Demikian contoh PTK SD Kelas 3 yang bisa diterapkan di satuan pendidikan masing-masing. Tentunya bisa disesuaikan pula tergantung kondisi sekolah dan kemampuan siswa agar bisa tercapai tujuan yang diinginkan. Semoga contoh tersebut bermanfaat dan mampu memberikan dampak yang bagus dalam pembelajaran di sekolah.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More