Website Edukasi No. 1

Contoh PTK SD Kelas 2 Yang Perlu Diketahui Pengajar

Wikiedukasi - Pembahasan perihal Contoh PTK SD Kelas 2 Yang Perlu Diketahui Pengajar dapat Anda temukan di sini secara menyeluruh.

Wikiedukasi – Seorang guru yang ingin mengetahui apakah metode pembelajaran yang dilakukan serta yang diterapkan dalam pembelajaran di kelas berhasil atau tidak. Maka dilakukan sebuah penelitian bernama PTK. Dimana guru bisa mengacu pada contoh PTK SD kelas 2 yang telah banyak dipakai saat ini. Nantinya guru hanya tinggal menyesuaikan saja dengan metode, materi serta aspek penting pembelajaran lainnya.

Baca Juga: Contoh PTK SD Kelas 1

Di samping dipakai untuk mengetahui keberhasilan metode yang diterapkan, PTK juga bisa dipakai guru untuk menemukan solusi dari masalah pembelajaran yang dialami oleh siswa di dalam kelas. Mengingat kelas sendiri merupakan tempat belajar siswa dimana sering ditemukan sejumlah kendala dalam proses belajar mengajarnya. Berikut beberapa informasi mengenai PTK yang perlu diketahui:

Pengertian PTK

Sebelum membahas lebih lanjut tentang PTK, guru maupun pihak yang bersangkutan perlu mengetahui pengertian dari PTK itu sendiri terlebih dahulu. PTK sendiri bisa diartikan sebagai suatu penelitian yang dijalankan di dalam kelas dengan memakai suatu tindakan. Dimana tidak lain tujuannya adalah untuk melakukan peningkatan kualitas dari proses pembelajaran yang dijalankan oleh guru bersama dengan siswa.

Tujuan PTK

Jika dilihat secara umum sebagaimana contoh penelitian tindakan kelas SD kelas 2 akan termuat sejumlah tujuan dari dilakukannya penelitian ini, yaitu seperti berikut:

advertisement

  • Pertama yaitu guna melakukan perbaikan terhadap pola mengajar yang dilakukan oleh pendidik atau guru.
  • Kemudian juga untuk melakukan perbaikan terhadap sikap maupun perilaku yang dimiliki oleh siswa.
  • Di samping itu juga untuk melakukan perbaikan maupun peningkatan terhadap pembelajaran yang dijalankan di dalam kelas.
  • Serta juga untuk melakukan perubahan terhadap kerangka kerja yang dimiliki oleh guru ketika mengajar siswa. Hingga nantinya bisa terjadi peningkatan pelayanan guru yang lebih profesional.

Manfaat PTK

Dari segi manfaat penelitian jenis PTK bisa terdiri dari beberapa hal, diantaranya adalah seperti berikut:

  • Bisa dipakai untuk lebih meningkatkan keberadaan dari mutu suatu pembelajaran yang dijalankan di dalam kelas.
  • Berikutnya yaitu untuk melakukan pengembangan kinerja profesional yang dimiliki oleh guru.
  • Kemudian juga untuk melakukan pelatihan terhadap guru guna menjadi sosok problem solving yang bisa diandalkan.
  • Lalu berikutnya adalah guna melatih tingkat kreatifitas dari guru.
  • Bisa juga untuk membuat guru lebih percaya diri lagi.
  • Serta yang terakhir adalah untuk meningkatkan kualitas dari suatu instansi tempat penelitian dilakukan.

Struktur PTK

Penelitian jenis PTK biasanya berawal dari kesulitan yang dialami guru ketika menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan siswa. Untuk melakukan penelitian ini, guru harus mengetahui terlebih dahulu terkait struktur dari penelitian yang bakal dilakukan, yaitu seperti berikut:

  • Bagian awal. Umumnya pada bagian ini akan berisi mengenai halaman sampul. Kemudian juga lembar persetujuan serta yang terakhir adalah kata pengantar beserta daftar isi.
  • Kemudian bagian pokok. Isinya akan membahas mengenai pendahuluan, kemudian dilanjutkan dengan latar belakang masalah, lalu juga ada rumusan masalah, tujuan beserta manfaat dari penelitian. Setelah itu masih berlanjut dengan kajian pustaka beserta teori, lalu uraian hasil penelitian memiliki kesamaan dan lain sebagainya.
  • Bagian akhir. Isinya adalah penutup yang dilengkapi dengan daftar istilah apabila ada, kemudian daftar pustaka dan juga lampiran yang menunjang penelitian.

Unduh Contoh PTK SD Kelas 2

Ada beberapa contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas SD Kelas 2 berdasarkan matapelajaran tertentu, mungkin ini akan dapat membantu anda ketika akan menyusun sebuah PTK dalam mengampu sebuah tugas.

Contoh PTK SD kelas 2 Bahasa Indonesia

Contoh PTK SD Kelas 2 Matematika

Contoh PTK SD Kelas 2 PKN

Contoh PTK SD Kelas 2 IPA

Contoh PTK SD Kelas 2 IPS

Demikian pembahasan mengenai contoh PTK SD kelas 2 yang perlu diketahui oleh pendidik ketika ingin melakukan PTK. Mengingat sebuah pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas tidak terlepas dari yang namanya kendala. Mulai kendala yang berasal dari siswa maupun dari guru sendiri. Untuk itu diperlukan penelitian berjenis PTK untuk memperoleh beberapa manfaat yang dibahas sebelumnya.

Baca Juga:

Dicukupkan sekian pembahasan tentang Contoh PTK SD Kelas 2 Yang Perlu Diketahui Pengajar yang dapat kami sampaikan mudah-mudahan Pembahasan tersebut bisa yang dicari selama ini.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More