Website Edukasi No. 1

Administrasi PPDB Beserta Tahapan dan Syarat

Wikiedukasi - Informasi perihal Administrasi PPDB Beserta Tahapan dan Syarat dapat Anda temukan di sini secara keseluruhan.

Dalam tatanan sebuah lembaga atau instansi sekolah, administrasi PPDB menjadi hal yang sangat penting. Merupakan langkah awal dari penyambutan para peserta didik baru yang akan bergabung ke sekolah tersebut. Selain itu terlaksananya kegiatan PPDB sebagai awal dari tahun ajaran baru dapat terlaksana dengan kerjasama pihak penyelenggara, berikut ulasannya.

Baca Juga: Administrasi Tata Usaha Sekolah dan Tugasnya dilengkapi Dokumen

Tentang Administrasi PPDB

Setiap tahun lembaga atau instansi sekolah akan mengadakan yang namanya administrasi PPDB, dalam rangka menyambut peserta didik baru. Penyelenggaraan administrasi tersebut berlaku di semua tingkat dan jenjang pendidikan baik itu yang paling dasar hingga sekolah menengah. Hal tersebut tentu tidak lepas dari peranan pihak sekolah yang mengadakan.

Sebelum adanya penyelenggaraan PPDB pihak sekolah akan terlebih dahulu mengadakan rapat untuk pembentukan tim panitia. Hal tersebut bertujuan untuk bisa memilih siapa saja kandidat yang bisa memegang tanggung jawab perekrutan siswa baru. Target capaian pun biasanya selalu dibuat oleh pihak sekolah, terlebih lagi sekolah swasta.

Tahapan Proses PPDB

Proses kegiatan PPDB di tiap-tiap sekolah biasanya sama pada umumnya. Secara serentak di Indonesia sendiri terdapat beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan atau Disdik. Berikut tahapan dalam proses PPDB diantaranya yaitu:

advertisement

  • Membuat pengajuan akun di situs website PPDB sesuai wilayah daerah masing-masing tempat.
  • Melakukan aktivasi token.
  • Memilih sekolah yang akan dituju.
  • Mengikuti segala proses seleksi, hingga pengumuman. – Terakhir, melakukan laporan APBD bagi yang lolos seleksi.

Begitulah kira-kira proses tahapan yang harus dilakukan supaya bisa mendaftarkan diri di sekolah yang akan dituju. Pastikan untuk mengikuti setiap proses dari tahapan tersebut. Jangan lupa juga untuk memeriksa kembali sekolah yang menjadi tujuan.

Persyaratan Calon Peserta Didik

Sebelumnya terdapat poin-poin penting yang wajib untuk diketahui oleh peserta didik baru dan orangtua. Setiap syarat dan ketentuan sebelumnya harus dipenuhi agar seorang siswa bisa melakukan pendaftaran sekolah. Berikut syaratnya yaitu:

1. Umur

Syarat pertama yang wajib dipenuhi oleh setiap calon peserta didik yaitu harus cukup usia. Maksudnya yaitu, per tanggal 1 Juli seorang anak yang akan memasuki sekolah telah berusia cukup di jenjang pendidikan yang akan diambilnya. Contohnya 6 tahun untuk SD, maksimal 15 tahun, SMP dan SMA/SMK maksimal 21 tahun.

2. Sudah Menyelesaikan Pendidikan

Sebelumnya Berikutnya yang menjadi syarat pendaftaran bagi siswa yaitu telah menyelesaikan pendidikan terakhirnya. Telah lulus kelas 6 untuk bisa melanjutkan SMP dan menyelesaikan kelas 9 untuk SMA. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan melampirkan ijazah.

Jika sekolah peserta didik sebelumnya belum bisa mengeluarkan bukti yang menyatakan lulus, maka dokumen pendukung lainnya juga bisa. Peserta didik dapat meminta surat keterangan lulus atau SKL. Biasanya setiap sekolah akan mengeluarkan surat tersebut lebih dulu, yang bisa digunakan oleh peserta didik dalam administrasi pendaftaran sekolah.

3. Masuk ke Dalam Kartu Keluarga

Selanjutnya peserta didik harus masuk ke dalam sebuah kartu keluarga atau KK. Jika KK hilang atau rusak, sebaiknya segera untuk melakukan pencetakan ulang. Minimal dikeluarkannya KK sebelum pendaftaran sekolah adalah 1 tahun.

4. Lampiran Surat Tugas Orangtua

Bagi peserta didik yang orangtuanya bekerja sebagai pegawai atau perusahaan diharuskan untuk melampirkan surat tugas. Surat tugas biasanya dapat diminta pada kantor atau perusahaan tempat bekerja. Minimal dikeluarkannya surat tersebut adalah 1 tahun sebelum pendaftaran.

Nah, itulah penjelasan terkait administrasi PPDB yang bisa diketahui. Selain itu juga terdapat tahapan dan proses dari penerimaan siswa baru. Untuk syarat penerimaan, biasanya pihak sekolah akan memberikan sosialisasi bagaimana tata cara dan prosedurnya.

Dicukupkan sekian pembahasan tentang Administrasi PPDB Beserta Tahapan dan Syarat yang dapat kami jelaskan mudah-mudahan Pembahasan tersebut mampu memenuhi informasi yang Anda dicari selama ini.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More