Website Edukasi No. 1

RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2 Full Revisi K13 Baru

Wikiedukasi – Jika anda sedang membutuhkan RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2, maka sekarang anda sedang berada di halaman yang pas banget sebab bisa mengunduh versi revisi K13 terbaru paling lengkap.

Menjadi Guru dan Mengajar adalah profesi yang hebat. Karena mereka berhadapan dengan siswa yang merupakan bibit generasi penerus bangsa. Tugas seorang guru adalah mengajar, mendidik, dan membimbing siswa agar menjadi individu yang dapat berkontribusi bagi masyarakat dan negara.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang guru ilmiah untuk mempersiapkan segala sesuatunya guna memaksimalkan keberhasilan proses belajar mengajar. Membuat atau menyusun RPP IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang dikembangkan adalah salah satu pilihannya.

Ulasan RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Format 1 Lembar

Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan gabungan dari tiga disiplin ilmu yang diajarkan di tingkat SMP/MTs: kimia, fisika, dan biologi. Selanjutnya, kurikulum 2013 mengamanatkan bahwa ketiga topik tersebut diajarkan secara bersamaan.

Jika pengajar tidak menyusun RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan benar, mungkin ada kendala saat melakukan pembelajaran IPA terpadu di lapangan. Akibatnya, guru terlebih dahulu harus mampu menguasai setiap topik materi dengan baik. Namun, ketika mereka bertatap muka dengan murid, mereka dapat membagi waktu kelas secara konsisten. Terakhir, tersedianya berbagai fasilitas untuk mendukung kajian ilmiah di SMP. Salah satunya yaitu menyediakan RPP satu lembar IPA Kelas 9 Revisi Kurikulum 2013.

Kemudian guru akan lebih mudah memasukkan baik pendekatan, metodologi, maupun model pembelajaran yang telah mereka kuasai ke dalam rencana pengajaran mereka untuk semester 1 dan 2. Sehingga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru dapat menjadi pedoman dan sumber daya bagi pendidik dalam menyelesaikan tugas sekolahnya.

Setiap guru dalam disiplin Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) harus menyusun RPP K13 SMP secara menyeluruh dan komprehensif agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik. Namun harus sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kedua faktor ini sangat penting.

advertisement

Sehingga setiap pengajar di satuan pendidikan dituntut untuk membuat RPP yang komprehensif dan metodis agar siswa dapat belajar secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi. Serta memberikan ruang yang cukup untuk inisiatif dan daya cipta. Serta kemandirian berdasarkan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikis siswa.

Setiap KD memiliki RPP tersendiri yang dapat diselesaikan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Untuk setiap pertemuan, pengajar membuat RPP yang disesuaikan dengan jadwal satuan pendidikan. (Gambar milik bdkmakassar.kemenag.go.id.)

Perubahan Format RPP Jadi 1 Lembar

Seperti yang kita ketahui bersama, 1 lembar RPP telah menjadi bentuk atau jenis RPP sebagai konsekuensi penyederhanaan pada RPP sebelumnya, dimana kita harus menggunakan 13 komponen dalam membangun RPP pada versi sebelumnya, sekarang dengan 1 lembar RPP kita hanya mengambil atau menggunakan 3 komponen. Poin kunci saya yang harus dimasukkan dalam RPP.

Tujuan pembelajaran yang harus mencakup ABCD (audiens, perilaku, kondisi, dan derajat), kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, serta bentuk penilaian yang akan digunakan merupakan tiga komponen atau unsur yang harus dicantumkan dalam RPP 1 lembar penggunaan di dalam kelas.

Guru sering diminta untuk menuliskannya secara rinci, yang menyebabkan berkembangnya Permendikbud saat ini tentang cara penyederhanaan RPP 1 Lembar untuk SMP Kelas 9 Semester 1 dan 2. Sehingga guru dapat mencurahkan lebih banyak waktu untuk merencanakan dan menilai proses belajar mengajar.

Semuanya membutuhkan banyak waktu, dan guru sekolah menengah lebih peduli dengan menyelesaikan tanggung jawab administratif daripada memperoleh informasi untuk didiskusikan dengan siswa.

Saat menulis RPP 1 Lembar, pengajar harus mengikuti konsep efisiensi, efektifitas, dan berpusat pada siswa. Efisien artinya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ditulis dengan tepat dan tanpa membuang banyak waktu dan tenaga.

Efektif menyiratkan menciptakan rencana pelajaran yang membantu siswa memenuhi tujuan belajar mereka. Penulisan RPP berdasarkan kesiapan, minat, dan kebutuhan belajar siswa di kelas disebut sebagai orientasi siswa.

Apakah ada seperangkat pedoman untuk membuat rencana pelajaran? Tidak, menurut prinsip efisiensi, efektivitas, dan orientasi siswa, guru bebas memilih, merancang, dan menerapkan RPP.

Guru masih dapat memanfaatkan format RPP lama (RPP terdiri dari 12-15 halaman). Atau, instruktur dapat mengadaptasinya menjadi RPP satu lembar berdasarkan konsep efisiensi, efektivitas, dan berpusat pada siswa.

Tujuan pembelajaran, tahapan pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran merupakan tiga komponen mendasar dari RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Terbaru (penilaian). Unsur-unsur lainnya saling melengkapi satu sama lain. Dengan demikian, guru menyusun komponen tujuan pembelajaran sesuai dengan kaidah kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar siswa. Selanjutnya, guru dapat lebih efisien dan efektif mengatur kegiatan pembelajaran dan penilaian dalam RPP.

Unduh RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2

Jika anda mengajar kelas 9 perlu diketahui bahwa pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sumber belajar mata pelajaran IPA kelas ix semester 1 dan semester 2 kurikulum 2013 revisi terbaru dengan harapan dapat melengkapi jenis-jenis perangkat pembelajaran yang ada. RPP 1 lembar IPA kelas 9 semester 1 dan 2 adalah jenis RPP yang akan saya berikan melalui tautaun di bawah ini:

  • RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 2 – Unduh
  • RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 2 – Unduh

Pembelajaran IPA terpadu di SMP adalah pembelajaran yang disajikan sebagai satu kesatuan (fisika, biologi, dan kimia), dan satuan-satuan tersebut dirancang sebagai satu kesatuan.

Tujuan utama pembelajaran IPA terpadu adalah agar anak-anak mengembangkan pengalaman melalui keterampilan berpikir terapan, rasa ingin tahu, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, guru harus mempersiapkan diri dengan perencanaan yang matang agar siswa dapat memahami dan memahami setiap topik yang diajarkan.

Baca juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More