Website Edukasi No. 1

Administrasi Guru Kelas untuk SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 Terlengkap

Wikiedukasi - Postingan soal Administrasi Guru Kelas untuk SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 Terlengkap bisa Anda baca di sini secara detail.

Sebagai guru kelas, tugas yang diemban cukup beragam. Selain mengajar, memahami administrasi guru kelas juga perlu dilakukan. Administrasi guru merupakan hal yang berhubungan dengan kelangsungan aktivitas belajar mengajar. Sesuai tuntutan global yang terus berubah seiring zaman, administrasi juga terus dikembangkan agar dapat mencapai tujuan positif.

Baca Juga: Administrasi PPDB Tahap dan Syarat

Pengertian Administrasi Guru Kelas

Kata administrasi memiliki makna melayani, mengarahkan, serta membantu dan mengatur. Administrasi guru merupakan seperangkat kegiatan maupun tindakan yang wajib dik etahui dan dilakukan guru maupun calon guru. Dengan administrasi, diharapkan aktivitas pembelajaran berlangsung dengan efektif bagi guru maupun siswa.

Dokumen wajib berupa administrasi guru ini harus ada untuk menunjukkan hal apa saja yang berhubungan dengan keperluan mengajar. Setiap jenis administrasi memiliki tujuan serta fungsi yang berbeda dalam menunjang kegiatan ajar. Guru sangat membutuhkan administrasi ini sebagai dasar merancang program belajar dan kegiatan ajar sehari-hari.

Fungsi Administrasi Guru Kelas

Administrasi Guru kelas menjadi bukti bahwa guru tidak saja bertugas memberi materi dan menilai hasil evaluasi siswa. Selain kewajiban tersebut, guru juga dituntut untuk bersikap profesional dalam mengurus hal yang berhubungan dengan administrasi. Secara mendasar, terdapat beberapa fungsi dari administrasi guru, yaitu:

advertisement

  • Membantu proses pengelolaan manajemen kelas baik per individu maupun kelompok
  • Mengatur, mengkoordinasikan aktivitas kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar
  • Memudahkan guru mempertimbangkan kemampuan siswa dan membuat keputusan yang tepat sasaran
  • Menjadi bahan untuk evaluasi siswa baik kehadiran, kedisiplinan, dan sebagainya
  • Mengelola data investasi di kelas sehingga pendistribusian fasilitas sesuai kebutuhan berjalan dengan lancar
  • Wadah untuk mengumpulkan informasi dan data penting yang terkait dengan siswa
  • Menjadi arsip dokumen

Jenis Administrasi Guru Kelas

Guru kelas berkewajiban melengkapi administrasi yang dibutuhkan. Komponen ini dicatat dan dikelola dengan baik menjadi dokumen administrasi. Di kelas, ada beberapa hal yang dibutuhkan sehingga menjadi data yang bermanfaat apabila dibutuhkan pihak sekolah nantinya, yaitu:

1. Daftar Hadir

Dokumen ini merupakan dari administrasi guru kelas SD, SMP, SMA bagian terpenting yang wajib ada di sebuah kelas. Siswa adalah bagian utama dari sebuah kelas, sehingga kehadirannya wajib dicatat. Daftar ini digunakan dalam memeriksa siapa yang hadir, izin, tidak ada keterangan, dan sebagainya. Grafik absensi juga perlu dibuat untuk memudahkan guru melihat siswa yang sering tidak hadir, dan sebagainya.

2. Buku Rapor

Penerimaan serta pengambilan rapor berisi data siswa serta orang tua yang datang mengambil rapor. Data ini bertujuan mengantisipasi seandainya ada rapor hilang, belum kembali dan sebagainya sehingga mudah dilacak.

3. Jadwal Pelajaran

Di setiap kelas ada jadwal mata pelajaran yang berbeda. Jadwal pelajaran sangat dibutuhkan sehingga siswa maupun guru kelas bisa mengingat apa saja pelajaran yang ada. Hal ini akan berguna untuk menyiapkan materi pembelajaran maupun membawa buku dan keperluan yang tepat di hari itu.

4. Buku Penilaian & BK

Buku ini berguna untuk mencatat nilai untuk siswa baik akademik maupun non akademik hingga yang berhubungan dengan sikap dan perilaku. Selanjutnya ada juga buku BP, yang digunakan untuk menuliskan nama siswa yang memerlukan pengarahan guru BK. Dalam buku ini ada penilaian mengenai perilaku, kedisiplinan, dan sebagainya yang berkaitan dengan aspek psikologi.

5. Kalender Pendidikan

Kalender ini sangat bermanfaat dalam satu tahun ajaran karena guru dan siswa menggunakannya sebagai acuan jadwal. Baik jadwal masuk, libur, rapor, ujian, dan sebagainya sehingga dapat dipersiapkan.

6. Denah Kursi

Denah dibutuhkan guru untuk menghafal siswa yang ada dalam kelas, terutama guru yang belum mengenal banyak siswa. Apabila ada yang kurang memahami, bisa dipindahkan ke kursi yang lebih sesuai.

7. Perangkat Pembelajaran

Sebenarnya perangkat pembelajaran merupakan administrasi guru kelas yang paling penting dan bersifat rentan,halini dikarenakan kegiatan utama Guru untuk mengajar semuanya berdasarkan perangkat ini, misalnya seperti Silabus, RPP, KKM, Pemetaan KD KI, Program Semester, Program tahunan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, untuk membantu rekan-rekan Guru di sini saya akan bagikan beberapa contoh formatnya. Silahkan langsung diunduh saja melalui link berikut:

  • Aplikasi Administrasi Guru Kelas Kurikulum 2013 Kelas Rendah – Download
  • Aplikasi Administrasi Guru Kelas Kurikulum 2013 Kelas Tinggi – Download

RPP Kurikulum 2013 Format 1 Lembar

  • RPP 1 Lembar (SD, SMP dan SMA) Revisi Terbaru Semester 1 dan 2

Silabus Kurikulum 2013

Program Tahunan (Prota)

Program Semester (Promes)

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Pemetaan Kompetensi Dasar

Penutup

Itulah pembahasan seputar administrasi guru kelas Sekolah Dasar, Menengah Pertama dan Menengah Atas yang perlu dipahami dan dilakukan oleh seorang guru. Umumnya setiap sekolah memiliki dokumen untuk administrasi yang berbeda, tergantung visi, misi, serta nilai yang dianut sekolah. Meski begitu, daftar yang dijelaskan sebelumnya merupakan bagian umum yang wajib ada di semua sekolah.

Dicukupkan sekian artikel mengenai Administrasi Guru Kelas untuk SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 Terlengkap yang dapat kami sampaikan kami harapkan Pembahasan tersebut bisa memenuhi informasi yang dicari selama ini.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More