Website Edukasi No. 1

Contoh Daftar Nilai K13 SD Kelas 1 – 6 Revisi 2022-2023

Wikiedukasi – Pada halaman ini anda akan mendapatkan Contoh Daftar Nilai K13 SD untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 hasil revisi terbaru secara lengkap. Tentu saja hal ini akan sangat mendukung kegiatan penilaian siswa di sekolah menjadi lebih cepat dan efisien.

Sebagai seorang pendidik, banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di sekolah, mulai dari pembuatan perangkat pembelajaran, format penilaian, bahan ajar, buku pegangan siswa dan guru, LKPD, dan perangkat pembelajaran lainnya yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah. kelas.

Guru harus membuat kerangka tertentu untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum melakukan penilaian. Sedangkan teknik penilaian K13 lebih menitikberatkan pada komponen sikap dan cita-cita sosial dan spiritual.

Melakukan penilaian merupakan salah satu tindakan yang harus dilakukan pendidik untuk menentukan kompetensi dan hasil belajar seorang siswa. Penilaian diri, pendekatan wawancara, dan penilaian antar teman semuanya dapat digunakan untuk menganalisis sikap selama proses pembelajaran, tidak hanya di dalam kelas. Karena alat penilaian adalah gadget yang digunakan untuk menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran.

Dalam pembelajaran kurikulum 2013, guru diharapkan kreatif dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya sehingga dalam proses belajar mengajar apa yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran dapat tercapai dan siswa dapat merasakan bahwa pembelajaran yang telah diterimanya dapat memberikan manfaat terutama secara nyata. kehidupan dalam kehidupan sehari-hari.

Ulasan Daftar Nilai Kurikulum 2013

Salah satu hal penting yang harus disiapkan oleh setiap guru yang akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, baik guru di tingkat SD, SMP, SMA, hingga SMK adalah mampu mempersiapkan nilai siswa. Format daftar nilai k13 yang dapat digunakan untuk memberikan penilaian kepada siswa dalam kegiatan belajar di kelas.

Guru diharapkan dapat melakukan penilaian terhadap setiap siswa dalam kegiatan pembelajaran yang tujuannya untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menyerap konten pembelajaran yang telah diberikan.

advertisement

Pada penilaian pembelajaran kurikuler 2013, ada 4 macam evaluasi yang harus disampaikan kepada siswa, yang meliputi penilaian sikap spiritual, penilaian sikap sosial, penilaian sikap pengetahuan dan penilaian sikap keterampilan.

Selain itu, guru pun harus memiliki format penilaian berdasarkan kurikulum 2013 dimana dalam penilaian kurikulum 2013 banyak hal yang harus dinilai dalam penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan yang mencakup semua kompetensi dasar pada setiap semester.

Jika sekolah anda telah memanfaatkan aplikasi raport maka tentunya anda akan memahami teknik penilaian yang benar, karena dalam setiap sesi pengajar harus menilai siswa pada setiap kemampuan dasar yang diajarkan pada semester berjalan.

Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum 2013

Ruang lingkup evaluasi autentik dalam Kurikulum 2013 meliputi kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Tujuan penilaian hasil belajar kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial meliputi tingkat penerimaan, menyikapi, menghayati, menghayati, dan mengamalkan prinsip-prinsip spiritual dan nilai-nilai sosial.

Tujuan penilaian hasil belajar kompetensi pengetahuan meliputi tingkat memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif.

Target penilaian hasil belajar kompetensi keterampilan terdiri dari keterampilan abstrak dan keterampilan aktual.
Keterampilan abstrak adalah kemampuan belajar yang meliputi: mengamati, bertanya, memperoleh informasi/menguji, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Keterampilan konkret adalah kemampuan belajar yang meliputi: meniru, melakukan, mendeskripsikan, merakit, mengubah, dan menciptakan.

Skala Penilaian dan Ketuntasan Kurikulum 2013

Pendidik menggunakan skala penilaian untuk menilai hasil belajar pada Kurikulum 2013 untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.

Predikat Sikap Spiritual dan Sosial

Kode HurufKeterangan
Asangat baik
Bbaik
Ccukup
Dburuk

Skala penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan dibuat dengan rata-rata hasil pencapaian kompetensi untuk setiap KD selama satu semester.

Nilai akhir rapor satu semester dicetak dengan angka 0-100 dan predikat, serta memuat ringkasan singkat kompetensi yang menonjol berdasarkan keberhasilan KD selama satu semester.

Ketuntasan belajar mengacu pada pencapaian tingkat minimal kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang meliputi: (1) penguasaan total materi pelajaran; dan (2) pembelajaran komprehensif dalam konteks masa pembelajaran.

Predikat B menetapkan kriteria ketuntasan minimal kompetensi sikap (Baik). Sedangkan nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan dan keterampilan disesuaikan dengan KKM masing-masing satuan pendidikan.

Download Contoh Daftar Nilai K13 SD Kelas 1 Sampai 6 Lengkap

Silahkan unduh contoh format daftar nilai kurikulum 2013 yang saya kami bagikan di sini, manfaatkan sebaik-baiknya. Namun tetap direkomendasikan supaya setiap file yang diunduh harus diperiksa kebenarannya guna menghindari kesalahan dalam penulisan daftar penilaian.

Contoh Daftar Nilai K13 SD ini berupa file excel, maka jika anda ingin mengeditnya anda harus sudah menginstal software Microsoft Office Excel di Laptop maupun PC. Langsung download saja filenya di bawah ini:

  • Contoh Daftar Nilai Kelas 1 – Unduh
  • Contoh Daftar Nilai Kelas 2 – Unduh
  • Contoh Daftar Nilai Kelas 3 – Unduh
  • Contoh Daftar Nilai Kelas 4 – Unduh
  • Contoh Daftar Nilai Kelas 5 – Unduh
  • Contoh Daftar Nilai Kelas 6 – Unduh
  • Contoh Daftar Nilai Sikap Spiritual – Unduh
  • Contoh Daftar Nilai Sikap Sosial – Unduh

Penutup

Melakukan penilaian terhadap siswa, memang akan menjadi salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh setiap Guru. Semoga saja Contoh Daftar Nilai K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 ini dapat menjadi salah satu fasilitas yang berguna dan mempermudah anda ketika akan membuat format penilaian siswa.

Di samping penilaian, masih ada banyak dokumen administrasi yang harus dilengkapi. Jadi jangan sampai dilewatkan, dapatkan semua filenya di wikiedukasi.com.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More