Website Edukasi No. 1

Materi IPA Kelas 7 Semester 2 dalam Rangkuman Lengkap!

Seorang peserta didik yang akan naik kelas 8 pasti membutuhkan ringkasan materi IPA kelas 7 semester 2 sebelum dilaksanakannya ujian. Adanya sebuah ringkasan membuat seorang siswa bisa lebih cepat mempelajari keseluruhan materi. Berikut beberapa ringkasan yang bisa menjadi salah satu referensi per babnya, yaitu:

1. Gerak Lurus

Bab pertama dari materi IPA kelas 7 semester 2 yaitu gerak lurus, merupakan suatu gerak yang memiliki sebuah lintasan lurus. Di dalamnya terdapat berbagai besaran seperti, kelajuan, kecepatan, jarak serta perpisahan. Selain itu dalam materi ini juga dibahas bagaimana besaran-besaran tersebut bekerja.

Berikutnya ada GLB dan GLBB, keduanya berbeda meskipun sama-sama menempuh sebuah lintasan. Pada GLBB sebuah benda dapat mengalami perubahan kecepatan per sekonnya. Berbeda dengan GLB yang jarak tempuh dan kecepatannya sama.

2. Gejala Alam dan Kerja Ilmiah

Beralih materi ke dua, yaitu fenomena alam dan kerja ilmiah di dalamnya. Perkembangan ilmu sains dari waktu ke waktu selalu berkembang lewat berbagai pengamatan dan percobaan. Berbagai objek yang digunakan dalam pengamatan tersebut bisa berupa gejala atau fenomena. Gejala sendiri dipisahkan menjadi dua yaitu biotik dan abiotic.

Dalam materi ini juga terdapat eksperimen dengan penggunaan metode ilmiah seperti melakukan penelitian, olah data, analisis dan pembuatan kesimpulan. Eksperimen tersebut juga ditunjang dengan media yang diberi nama mikroskop. Mikroskop adalah alat yang dipakai untuk media penelitian seperti, pengamatan pada bakteri atau benda kecil lainnya.

3. Keberagaman Makhluk Hidup

advertisement

Di dunia ini makhluk hidup yang menempati bumi tidak hanya manusia, melainkan beragam. Keberagaman makhluk hidup tersebut tentu mempunyai ciri atau hal pembeda. Makhluk hidup mempunyai ciri khusus seperti bernafas, makan, adaptasi, berkebang biak, tumbuh serta berkembang.

Nah, supaya dapat dengan mudah memahami pelajaran terkait makhluk hidup yang beraneka ragam, terciptalah sebuah sistem yang bisa mengelompokan. Pengelompokan tersebut sering disebut dengan sistem klasifikasi. Hingga akhirnya menghasilkan lima kingdom yaitu, Animalia, fungi, monera, plantae dan Protista.

4. Ekosistem dan Hayati

Sebuah interaksi timbal balik yang terjadi selama ini antara makhluk hidup dengan lingkungan disebut dengan ekosistem. Sebuah ekosistem sendiri terbentuk karena sebuah komponen berupa biotik dan abiotic. Hal tersebut juga dipengaruhi karena makhluk hidup menempati habitat yang sesuai dengannya.

Memungkinkan di dalam ekosistem ada yang namanya tingkatan organisasi makhluk hidup. Terdapat beberapa rangkaian penyusun yang terdiri atas berbagai populasi makhluk hidup yang membentuk komunitas. Selanjutnya akan membentuk suatu ekosistem bioma dan berbagai ekosistem biosfer penyusun bumi lainnya.

Baca juga: Materi IPA Kelas 7 Semester 1 dalam Rangkuman Singkat!

5. Kependudukan dan Masalah Lingkungan

Penduduk dengan lingkungan adalah sesuatu yang tidak bisa dijauhkan. Hal tersebut dikarenakan adanya dinamika yang mengakibatkan perubahan penduduk. Perubahan jumlah penduduk lah yang membuat terjadinya sebuah dinamika.

Belum lagi kepadatan penduduk yang tidak sebanding dengan luas lahan di suatu daerah. Terlebih lagi kepadatan kota dan desa yang sangat senjang, mengakibatkan banyak permasalahan lingkungan. Contoh yang sering terjadi di kehidupan yaitu kurang tersedianya lahan hijau, air bersih, serta kerusakan lingkungan di Kota. Berbeda dengan wilayah pedesaan yang masih hijau dan juga asri.

Oleh sebab itu pemerintah mengadakan imigrasi, untuk membuat pemerataan jumlah penduduk. Program tersebut memang terbukti berhasil, tetapi bagaimana kelanjutan dari lingkungan yang sudah rusak? Proses reboisasi dan penimbunanlah yang bisa dilakukan sebagai upaya agar tidak terjadinya kerusakan yang semakin parah.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait rangkuman materi IPA kelas 7 semester, 2 yang dapat dipelajari kembali. Para peserta didik dapat memahami poin-poin besar dari materi semester genap ini. Lakukanlah analisis ketika membaca materi tersebut, sehingga dapat diingat dengan mudah.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More