Website Edukasi No. 1

Materi IPA Kelas 9 Semester 1 dalam Ringkasan Lengkap

Rangkuman pembelajaran materi IPA Kelas 9 Semester 1 begitu diperlukan untuk mempermudah para siswa dalam mempelajarinya. Mulai dari pembuatan peta konsep materi, kesimpulan tiap bab dan lainnya. Sehingga siswa kelas 9 pun dapat memahami tiap bab mata pelajaran IPA secara mudah dalam waktu singkat.

Pada materi Ipa Kelas 9 Semester 1, yaitu berisikan materi Biologi, mulai dari sistem reproduksi manusia, sistem ekskresi, sifat pewarisan, sistem saraf dan indera manusia, hingga rangkaian dan juga daya listrik. Jika ingin mengetahui bagaimana ringkasannya, simak ulasan di bawah ini:

Bab 1: Sistem Ekskresi

Dalam bab 1 mengenai sistem ekskresi manusia, terdapat banyak hal yang bisa dipelajari. Berikut adalah ringkasannya yang memudahkan siswa untuk mengingat materinya, yaitu:

  • Sistem pengeluaran zat pada manusia yaitu melalui ginjal, paru-paru dan hati
  • Ginjal melakukan penyaringan darah melalui tiga langkah, yaitu berupa menyaring, menyerap zat sesuai kebutuhan tubuh, hingga menambahkan zat pada urin.
  • Kulit berfungsi sebagai tempat pengeluaran, mengatur suhu tubuh, menyimpan kelebihan lemak, hingga melindungi tubuh.
  • Paru-paru bertindak sebagai alat pernapasan dan juga organ untuk membantu kelancaran sistem pengeluaran tubuh.

Bab 2: Sistem Reproduksi Manusia

Selain membahas tentang pengeluaran zat tubuh, materi Ipa kelas 9 semester 1 juga mempelajari tentang Sistem Reproduksi. Berikut adalah beberapa rangkuman yang bisa sekaligus dipelajari, yaitu:

  • Wanita memiliki alat reproduksi berupa vagina, serviks, vulva, rahim, dan ovarium. Sedangkan pada laki-laki yaitu skrotum, testis, kelenjar prostat, uretra, dan juga penis.
  • Reproduksi merupakan sebuah cara bagi makhluk hidup untuk berkembang biak dan menghasilkan individu baru yang sama dengannya.
  • Proses pembentukan ovum disebut sebagai Oogenesis. Sedangkan proses pemasakan sperma disebut Spermatogenesis.

advertisement

Bab 3: Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Dalam materi pewarisan sifat makhluk hidup pada manusia, ada beberapa hal yang perlu dimengerti oleh para siswa. Berikut adalah penjelasan singkat namun jelas wajib disimak, yaitu:

  • Gen dan kromosom seringkali mempengaruhi perbedaan sifat pada makhluk hidup.
  • Sifat dominan pada makhluk hidup yang ditunjukkan seringkali diturunkan dari sifat induk.
  • Persilangan dengan melibatkan satu sifat beda pada kedua individu disebut sebagai monohibrid. Sedangkan pada dihibrid memperhatikan dua sifat beda yang dimiliki kedua individunya.

Bab 4: Listrik Statis

Mata pelajaran Ipa pada bab Listrik Statis menjadi materi yang sangat perlu dipelajari oleh siswa. Pasalnya, hal ini untuk memberi pengetahuan mengenai berbagai muatan listrik dan hukum kelistrikan yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari, yaitu seperti rangkuman berikut ini:

  • Listrik statis yaitu merupakan kumpulan antara muatan listrik yang menempel pada suatu benda.
  • Muatan listrik terbagi menjadi dua, yakni negatif serta positif.
  • Untuk dapat mengumpulkan muatan listrik, teknik yang bisa dilakukan adalah dengan menggosok, konduksi dengan benda bermuatan, hingga induksi.
  • Hukum Coulomb menyatakan tentang gaya terjadi pada muatan berbeda yang berbanding lurus dengan besarnya muatan. Lalu berbanding terbalik di jarak kuadrat di antara keduanya.

Baca juga: Materi IPA Kelas 8 Semester 2 yang Bisa Dipelajari

Bab 5: Rangkaian Listrik

Pada saat mempelajari materi rangkaian listrik, terdapat beberapa istilah dan juga hukum kelistrikan yang perlu diketahui. Di bawah ini merupakan rangkuman pembahasan lengkap untuk dipelajari, yaitu:

  • Hukum Ohm menjelaskan apabila kuat arus yang terdapat pada hambatan berbanding lurus dengan besar benda potensialnya. Sedangkan di sisi lain akan berbanding terbalik dengan hambatan penghantarnya.
  • Pada rangkaian seri diketahui bahwa listrik hanya mempunyai satu jalan agar arus bisa bekerja. Sedangkan di rangkaian paralel, ada beberapa jalan yang bisa dilalui oleh arus.
  • Untuk mencegah kebakaran akibat listrik, maka sekering beserta pemutus arus berfungsi cukup baik dalam hal ini.

Nah itulah ulasan mengenai pembahasan singkat materi Ipa Kelas 9 Semester 1 yang mudah diingat dan dipelajari oleh siswa nantinya. Semoga rangkuman pembahasan di atas bisa bermanfaat bagi siswa sekaligus guru untuk mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Selamat belajar dan menguasai materi tersebut!

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More