Website Edukasi No. 1

Analisis Hasil Evaluasi Belajar SD Kurikulum 2013

Wikiedukasi – Analisis Hasil Evaluasi Belajar SD Kurikulum 2013 merupakan Buku yang memuat kajian terhadap temuan evaluasi ulangan harian (UH), serta program perbaikan bagi siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan kegiatan pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai di atas KKM.

Kurikulum 2013 (K13) yang diterapkan pada Sekolah Dasar (SD) dan sederajat, berbeda dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) karena mengubah metodologi pembelajaran.

Menggunakan strategi pembelajaran tematik terpadu pada tingkat sekolah dasar dan sebanding. Sebelumnya, buku Analisis Hasil Evaluasi Program Peningkatan dan Pengayaan terutama ditulis tangan; namun, ini sekarang dapat dilakukan dengan komputer.

Ulasan Singkat Analisis Hasil Evaluasi Belajar SD Kurikulum 2013

Guru sekolah dasar bertanggung jawab tidak hanya mengajar tetapi juga mengelola kelas. Setiap semester, guru harus melakukan analisis terhadap hasil evaluasi Program Peningkatan dan Pengayaan.

Hal ini juga menjadi kebutuhan sekolah dalam upaya menumbuhkan dan memajukan kelas, yang berdampak pada kemajuan sekolah secara keseluruhan.

Tahap selanjutnya ditentukan oleh format analisis temuan evaluasi. Akibatnya, setelah temuan penilaian pembelajaran diperoleh, mereka diperiksa dan dipelajari.

Apa masalah dengan siswa yang tidak lengkap terdeteksi dan persentase siswa yang tidak lengkap dihitung?

advertisement

Apakah menunjukkan ketidaklengkapan klasikal atau individual sehingga langkah selanjutnya dalam kegiatan remedial bagi siswa yang belum mencapai KKM dapat ditentukan dengan lebih mudah?

Siswa yang telah memenuhi KKM, maupun yang belum, memerlukan pengayaan dalam temuan evaluasi sehingga hasil belajar dapat diprediksikan akan berdampak lebih besar.

Analisis Hasil Evaluasi Belajar SD Kurikulum 2013

Download Format Analisis Hasil Evaluasi Belajar

Guna mendukung informasi ini secara lengkap, maka dari itu saya serta juga contoh format yang bisa digunakan sebagai pendukung kegiatan analisis hasil evaluasi perbaikan dan pengayaan dalam bentuk excel. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut ini:

Setelah download, maka anda dapat mengeditnya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel melalui Laptop maupun Komputer.

Penutup

Guru akan menerima data ketuntasan siswa, berapa siswa yang telah menyelesaikan KKM, dan berapa siswa yang belum menyelesaikan KKM dari hasil analisis ini.

Sekarang, KKM yang belum selesai akan digunakan untuk melakukan peningkatan nilai, yang biasa disebut dengan remedial.

Baca juga: Contoh Format Penilaian Harian TK Kurikulum 2013

Bentuk remedial dapat menggunakan pertanyaan yang sama atau serangkaian pertanyaan terpisah dengan berbagai tingkat kesulitan, yang biasanya lebih mudah.

Sebelum memulai pekerjaan remedial/perbaikan ini, guru harus memperkaya informasi untuk pertanyaan-pertanyaan yang tidak dijawab dengan benar oleh siswa.

Baca juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More