Website Edukasi No. 1

Kumpulan PTK SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Gratis Download

Wikiedukasi - Tulisan mengenai Kumpulan PTK SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Gratis Download dapat Anda temukan di sini secara lengkap.

Wikiedukasi – Halo Guru! Berikut saya cantumkan Kumpulan PTK SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Gratis Download secara lengkap sebagai referensi anda ketika akan menyusun sebuah Penelitian Tindakan Kelas.

PTK singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan suatu bentuk penelitian untuk mengajarkan sesuatu. Sebuah tindakan dapat berbentuk pengajaran, kerja laboratorium, atau praktikum. Aplikasi pendekatan ini sangat berguna karena dilaksanakan langsung di depan pelajar, dan ada nilai tambah yaitu guru mengajarkan apa yang berhasil diajarkannya pada dirinya sendiri. Alih-alih memilih topik atau materi yang biasanya sudah ditentukan, PTK menurut Mc Cormick (1976) adalah sebuah penelitian tindakan yang hendak mengajarkan suatu topik atau materi kepada siswa.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

PTK memiliki tujuan dengan upaya-upaya tertentu (Dwivedi, 1998) untuk mengajarkan suatu topik atau materi kepada siswa. Secara umum hasil PTK digunakan baik secara individual maupun kolektif agar memperbaiki pengetahuan tentang topik atau materi tersebut. PTK dapat dipergunakan untuk mengajarkan topik baru, meningkatkan pengetahuan guru terhadap topik, memperbaiki ketrampilan siswa dalam menguasai isi pembelajaran, dan sebagainya.

PTK diarahkan untuk menguji hipotesis yang diajukan (Dwivedi, 1998) guna memperoleh data yang valid tentang apa yang akan dilakukan. Hipotesis PTK biasanya berupa tingkat pencapaian siswa terhadap materi yang diajarkan. Pemilihan topik dan materi pengajaran diperoleh berdasarkan hasil analisis sebelumnya tentang langkah-langkah atau tahap-tahap yang dilakukan. Dalam pelaksanaannya, guru menjelaskan secara rinci tentang tujuan pengajaran, topik materi yang akan diajarkan dan cara matematika itu dijabarkan. Di samping itu guru menjelaskan langkah-langkah dan alat bantu yang akan digunakan.

Pemilihan siswa untuk melaksanakan PTK pada umumnya tidak boleh sembarangan (Dwivedi, 1998). Guru hendaknya memilih siswa yang telah ditetapkan berdasarkan prestasi mereka dan keterampilan yang dimiliki. Prestasi siswa pada umumnya diukur berdasarkan nilai rapor semester atau tahunan. Pemilihan siswa yang akan menjadi responden PTK dilakukan dengan cara membuat daftar nama-nama siswa yang prestasinya baik dan memenuhi kriteria tertentu. Selain itu, guru juga hendaknya memilih siswa yang terampil berkomunikasi.

Penetapan Materi PTK

advertisement

Materi pengajaran PTK ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan anak-anak tahun dimana mereka tinggal atau kondisi lingkungan sekitar (Dwivedi, 1998). Guru menetapkan materi yang akan diajarkan berdasarkan hasil analisis terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan. Materi yang dipilih biasanya sejalan dengan materi yang telah lama diperkenalkan kepada siswa.

Prosedur pelaksanaan PTK mengikuti langkah-langkah yang hendak dicapai (Dwivedi, 1998). Langkah-langkah tersebut antara lain membuat hipotesis, menentukan tujuan pengajaran, menetapkan materi pengajaran yang hendak diajarkan, menyusun rencana PTK, melaksanakan PTK, dan mengumpulkan dan menganalisis data. Guru hendaknya melaksanakan langkah-langkah tersebut secara berurutan, sehingga pengajaran dapat berjalan dengan baik.

Guru harus memberi informasi kepada siswa tentang topik yang akan diajarkan, dan alat-alat bantu yang digunakan. Siswa juga diharapkan menilai nilai pengajaran secara rasional (Sugiyono, 1998).

Pendekatan ini merupakan suatu cara yang baik untuk mengetahui apa yang telah dilakukan siswa dan guru. Selain itu, pendekatan ini dapat membantu guru untuk memperbaiki ketrampilan mengajarnya. PTK juga dapat membantu guru untuk menetapkan tujuan pengajaran yang lebih spesifik.

Download Contoh PTK SD

Setelah membaca penjelasan yang telah saya sampaikan di atas tadi, alangkah lebih baik kalau informasi ini saya lengkapi dengan contoh filenya. Anda dapat mengunduh semua contoh PTK SD secara lengkap dan tentunya 100% Gratis. SIlahkan gunakan tautan di bawah ini:

Setelah unduh silahkan edit dan disesuaikan jika memang diperlukan. Editing dapat dilakukan menggunakan Microsoft Office Word. Sangat mudah.

Penutup

Kesimpulan dibuatkanya PTK dapat mengungkapkan hasil yang tepat (Dwivedi, 1998). PTK dapat membantu guru dalam mencari cara untuk meningkatkan pembelajaran.

PTK merupakan cara selanjutnya setelah penelitian tindakan Kelas (classroom action research/CAR) yang dilakukan oleh guru dalam rangka memperbaiki proses dan hasil pembelajaran.

Demikian pembahasan mengenai Kumpulan PTK SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Gratis Download yang dapat admin paparkan semoga Tulisan tersebut bisa yang dicari selama ini.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More