Website Edukasi No. 1

8 Sambutan Wali Kelas Saat Pembagian Raport Semua Jenjang Pendidikan

Wikiedukasi.com – Jika anda sedang mencari contoh Sambutan Wali Kelas Saat Pembagian Raport baik itu untuk TK/PAUD, SD/Mi, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA, maka pada artikel ini saya akan bagikan beberapa sampel yang dapat digunakan. Terlepas dari hal itu, nanti setelah mendownloadnya, anda dapat mengubah isi dari pidato sambutan tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Kegiatan pembagian raport biasanya dilaksanakan di sekolah setiap kenaikan tingkat. Raport itu sendiri berisikan akumulasi nilai siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah selama 1 semester bahkan satu tahun pelajaran.

Memang seperti sepele, tetapi kata sambutan pembagian raport sebaiknya tidak sembarang disampaikan karena situasi semacam ini cukup penting. Guru maupun Kepala Sekolah sebaiknya memanfaatkan situasi tersebut untuk menyampaikan informasi penting kepada orang tua siswa dan pihak-pihak terkait lainnya.

Oleh karena itulah, setiap Guru Wali Kelas atau Kepala Sekolah yang yang memegang peran penting di sekolah akan tampil di acara tersebut sebagai pengantar kata sambutan pembagian raport SD, SMP, SMA bahkan TK/PAUD harus senantiasa mempersiapkan apa yang akan menjadi materi pidato. Supaya dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya, namun sebelum itu coba ketahui dulu sistematika penulisan pidatonya.

Susunan Sistematika Penulisan Pidato

Pada dasarnya sistematika ini kerap kali digunakan dalam pembuatan teks naskah secara umum dan ini juga efektif jika digunakan ketika anda akan menyusun sebuah kata sambutan maupun pidato. Berikut ini sistematikanya:

  1. Pendahuluan
  2. Salam Pembuka (urutkan dari jabatan teratas sampai terendah)
  3. Sapaan
  4. Ucapan puji syukur
  5. Pengantar
  6. Isi Pidato
  7. Penutup
  8. Ucapan Terima Kasih
  9. Salam

Persiapan Naskah Pidato atau Kata Sambutan

advertisement

Hampir semua Guru mapun Kepala Sekolah yang berpidato pada acara sambutan wali kelas saat pembagian raport biasanya menggunakan teknik ekstemporan yang dimana beliau telah menyiapkan naskah dan mempelajari isinya dengan seksama sampai benar-benar paham. Hal tersebut dimaksudkan supaya ketika pidato disampaikan kepada audien dapat tersampaikan dengan luwes dan isi materinya pun dapat disampaikan secara keseluruhan.

Meskipun sebenarnya masih ada banyak teknik pidato menarik lainnya, namun menurut saya sendiri hal terbaik saat akan berpidato adalah kita mampu menyampaikan semua pesan penting sesuai dengan tema acara dengan penyampaian yang maksimal. Jika dirasa teknik esktemporan lebih mudah untuk dilakukan, ya kenapa tidak.

Download Contoh Naskah Kata Sambutan Pembagian Raport

Baiklah, dari tadi kita sudah bahas mengenai beberapa pemahaman terkait peran penting Guru dan Kepala Sekolah dalam menyampaikan sambutan pada kegiatan pembagian raport. Selain itu, teknik pidato dan cara menyusunnya pun sudah disampaikan.

Nah, sekarang saya coba bagikan beberapa nash sambutan khusus pembagian raport yang mungkin saja dapat menambah inspirasi anda ketika akan menyusunnya sendiri. Silahkan diunduh saja ya!

  • Naskah Pidato TK/PAUD. (Unduh) | (Unduh)
  • Naskah Pidato SD/MI (Unduh) | (Unduh)
  • Naskah Pidato SMP/MTS (Unduh) | (Unduh)
  • Naskah Pidato SMA/SMK/MA (Unduh) | (Unduh)

Penutup

Guru dan Kepala Sekolah memiliki peran penting di sekolah, maka manfaatkanlah situasi kegiatan pembagian raport tersebut untuk menyampaikan informasi penting melalui pidato atau kata sambutan terkait kemajuan pendidikan baik itu untuk para peserta didiknya maupun kemajuan sekolahnya itu sendiri.

Baca juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More