Website Edukasi No. 1

8 Contoh Brosur PPDB 2022-2023 Keren Tinggal Edit

Wikiedukasi - Postingan tentang 8 Contoh Brosur PPDB 2022-2023 Keren Tinggal Edit bisa Anda baca di sini .

Wikiedukasi – Brosur PPDB adalah brosur yang berisi informasi mengenai seleksi masuk TK/RA, PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK sederajat lainnya baik itu sekolah berstatus negeri maupun swasta.

Brosur PPDB terdiri atas dua bagian utama, yakni informasi umum dan informasi khusus. Informasi umum berisi tentang panduan pendaftaran, persyaratan masuk, dan jadwal ujian. Sementara itu, informasi khusus memuat tentang formasi kelas yang akan dibuka, besaran biaya ujian masuk, dan batas akhir pendaftaran.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah proses penyaringan calon peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah melalui ujian tertulis untuk memilih peserta didik yang akan diterima menurut jenjang, program pembelajaran, klasifikasi sekolah dan lokasi. Dengan melihat undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 57 dapat diartikan bahwa ppdb merupakan pengelolaan satuan pendidikan dalam rangka menentukan calon peserta didik yang akan diterima.

Ulasan PPDB/PSB

PPDB juga merupakan acuan bagi sekolah dasar dan sekolah menengah untuk melakukan penentuan peserta didik yang berhak ikut ujian nasional (UASBN) tiap tahun, sehingga ppdb bekerja sama dengan dinas pendidikan kabupaten/kota. Sedangkan psb adalah proses rekrutmen peserta didik baru yang dilakukan oleh sekolah. Proses psb ini biasanya berlangsung mulai bulan Mei hingga Juli, dimana sekolah mengundang orangtua/wali peserta didik untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara. Pada psb, sekolah berhak memilih peserta didik yang akan diterima sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan proses pengelola satuan pendidikan. Dalam mengambil siswa baru ppdb harus memperhatikan kriteria peserta didik seperti penentuan lokasi (daerah), jenjang (kelas), guru kelompok, program pembelajaran sesuai dengan indikator prestasi yang berkaitan dengan standar kompetensi lulusan.

Proses PPDB harus memiliki alasan yang jelas agar tidak ada kecurigaan dari sekolah, pemerintah atau orangtua peserta didik. Seperti alasan yang sudah dijelaskan ppdb merupakan proses penyaringan calon peserta didik yang akan diterima pada satuan pendidikan. Sedangkan psb adalah proses rekrutmen peserta didik baru yang dilakukan oleh sekolah. Sekolah berhak memilih peserta didik yang akan diterima pada psb sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, ppdb dan psb memiliki tujuan yang berbeda. Pada ppdb, sekolah memiliki kewenangan dalam memilih peserta didik yang akan diterima pada satuan pendidikan.

advertisement

Apa itu Brosur PPDB?

Brosur adalah salah satu bentuk promosi dan informasi tentang suatu produk atau jasa. Dalam fungsi brosur, pemilik produk atau jasa membagikan brosur kepada khalayak untuk dapat menjangkau sebanyak-banyak mungkin khalayak potensial.

Di dalam fungsi brosur, fungsi utamanya adalah untuk mendapatkan informasi seputar produk atau jasa yang dijual oleh pemilik produk tersebut. Selain fungsi informatif, fungsi lain dari brosur adalah sebagai media promosi dan pemasaran. Oleh karena itu, biasanya pemilik produk akan memberikan brosur secara gratis kepada khalayak.

Selain fungsi di atas, fungsi lain brosur yang perlu diketahui adalah sebagai media untuk membentuk opini publik terhadap produk atau jasa yang dijual. Dengan memiliki brosur, pemilik produk atau jasa akan lebih mudah menjangkau khalayak potensial dan membangun citra positif terhadap produk atau jasa yang dijualnya.

Nah, dalam hal ini brosur memiliki fungsi untuk menawarkan atau menyebarkan informasi perekrutan calon peserta didik baru di sekolah yang membuat brosur itu sendiri.

Brosur PPDB sebagai media informasi penerimaan siswa baru tersebut yaitu untuk mempermudah calon peserta didik dalam mengakses informasi PPDB, khususnya seputar jenjang pendidikan yang mereka inginkan.

Download Gratis Brosur PPDB Desain Keren dan Elegan Berbagai Format

Terasa kurang rasanya kalau artikel ini tidak dilengkapi dengan contoh desain brosurnya. Oeh karena itulah, saya akan coba bagikan beberapa desain brosur PPDB dengan desain paling menarik, simpel, keren tapi tetap elegan.

Kabar baiknya semua file dibuat dengan beberapa format seperti CDR (Coreldraw), PSD (Adobe Photoshop), Doc (Ms. Office Word), maka dengan demikian anda akan dengan mudah untuk mengeditnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Silahkan pilih saja sesuai kebutuhan melalui tautan di bawah ini:

Desain untuk TK/RA/PAUDDesain 1Desain 2
Desain untuk SD/MIDesain 1Desain 2
Desain untuk SMP/MTSDesain 1Desain 2
Desain untuk SMA/SMK/MADesain 1Desain 2

Kesimpulan

Brosur PPDB merupakan media informasi ppdb yang diterbitkan oleh setiap sekolah. Media ini berisi informasi ppdb seputar jenjang pendidikan yang ditawarkan di Indonesia. Selain itu, media ini mempermudah calon peserta didik dalam melakukan pendaftaran offline maupun online.

Baca Juga:

Demikian pembahasan mengenai 8 Contoh Brosur PPDB 2022-2023 Keren Tinggal Edit yang dapat kami paparkan kami harapkan Pembahasan tersebut bisa memberikan jawaban yang dicari selama ini.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More