Website Edukasi No. 1

Contoh Program Remedial dan Pengayaan K13 Semua Jenjang

Wikiedukasi – Halo para Guru dimana pun anda berada, masih bersama saya Ega Bekti Still in the House! Apakah anda sedang butuh contoh format untuk Program remedial dan Pengayaan ? Kebetulan sekali, saat ini saya lagi mood nulis artikel yang membahas hal tersebut.

Pada halaman ini juga, selain anda akan mengetahui detail mengenai program remedi maupun pengayaan anda pun akan disuguhi berbagai contoh formatnya. Enak bener kann…

Contoh program remedial dan pengayaan bisa digunakan untuk semua jenjang pendidikan seperti SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK dan seterusnya … kalo ada “hahahah”.

Sebab semua formatnya akan saya simpan di sini dan link downloadnya akan saya simpan di bagian bawah artikel. Tapi jangan terburu-buru, baca aja dulu dimulai dari pengertian apa itu remedi dan pengayaan sampai selesai.

Pengertian Remedial dan Pengayaan

Program remedi dan pengayaan adalah program yang dibuat oleh sekolah untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Program ini biasanya berupa kelas khusus ataupun perbaikan di luar jam pelajaran sekolah.

Program remedi atau biasa disebut dengan program MAT, merupakan suatu program pengayaan yang dibuat oleh sekolah bersama guru-guru yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang program MAT untuk mengajarkan materi pembelajaran yang kurang, atau materi pelajaran saja yang belum dikuasai siswa. Materi yang diajarkan pada program ini biasanya lebih bersifat umum dan meliputi beberapa mata pelajaran.

Program pengayaan merupakan program yang dibuat oleh sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang telah lulus program remedi. Program ini biasanya berupa kegiatan ekstra kurikuler yang menargetkan siswa yang tidak lulus program remedi.

advertisement

Format Program Remedial dan Pengayaan

Umumnya, format program remedi dan pengayaan meliputi:

1) Nama sekolah/institusi pendidikan

2) Nama program remedi dan pengayaan

3) Tujuan dari remedi dan pengayaan

4) Kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah/institusi pendidikan dalam remedi dan pengayaan

5) Siswa yang dapat mengikuti remedi dan pengayaan

6) Biaya yang dikeluarkan sekolah/institusi pendidikan untuk remedi dan pengayaan

7) Waktu pelaksanaan remedi dan pengayaan

8) Lokasi remedi dan pengayaan

9) Penilaian hasil belajar siswa dalam remedi dan pengayaan

10) Kesimpulan

Tujuan Pelaksanaan Remedi dan Pengayaan

Sekolah/institusi pendidikan dapat melaksanakan program remedial dan pengayaan selama 4 jam per minggu. Program ini akan dilaksanakan setiap hari Senin dan Selasa serta sebelum atau sesudah jam pelajaran di kelas seperti jam 8-9, 11-12. Setiap program juga akan dilakukan di ruang kelas yang telah ditentukan oleh guru mata pelajaran tertentu.

Siswa akan secara langsung mengikuti program remedi dan pengayaan di luar jam pelajaran seperti di atas. Sekolah/institusi pendidikan dapat menentukan biaya yang akan dikeluarkan untuk program remedi dan pengayaan. Hasil belajar siswa akan dinilai oleh guru mata pelajaran tertentu setelah program remedi dan pengayaan selesai dilaksanakan.

Sekolah/institusi pendidikan dapat menyimpulkan bahwa program remedial dan pengayaan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Program ini dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dan memperbaiki hasil belajar mereka. Selain itu, program remedi dan pengayaan juga dapat membentuk kemampuan akademik dan non-akademik siswa. Sekolah/institusi pendidikan dapat menghemat biaya yang akan dikeluarkan untuk program remedi dan pengayaan jika siswa memperoleh hasil belajar yang baik.

Download Contoh Format Remedial dan Pengayaan

Seperti janji yang sudah diutarakan pada paragraf pertama, sekarang saya akan lampirkan semua format program pengayaan berdasarkan masing-masing jenjang pendidikannya. Selain itu, supaya anda dapat dengan mudah udah untuk melakukan pengeditan maka sebgian besar file ini memiliki format (.docx) dengan demikian anda dapat edit menggunakan Microsoft Office Word.

Format SD/MiDownload
Format SMP/MTsDownload
Format SMA/SMK/MADownload

Jika berkenan bantu share kepada rekan-rekan Guru lainnya ya, supaya tulisan saya ini banyak yang baca :D. Terima Kasih…

Kesimpulan

Program remedi dan pengayaan merupakan program yang sangat efektif untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Program ini dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dan memperbaiki hasil belajar mereka. Selain itu, program remedi dan pengayaan juga dapat membentuk kemampuan akademik dan non-akademik siswa. Sekolah/institusi pendidikan dapat menghemat biaya yang akan dikeluarkan untuk program remedi dan pengayaan jika siswa memperoleh hasil belajar yang baik.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More