Website Edukasi No. 1

Media Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Komponen, Prinsip

Wikiedukasi - Info mengenai Media Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Komponen, Prinsip bisa Anda baca di sini secara lengkap.

Wikiedukasi – Kali ini saya kaan membahas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan media pembelajaran. Apa saja yang akan dijelaskan? Diantaranya yaitu Pengertian, Tujuan, Jenis, Komponen, Prinsip, Strategi.

Pembelajaran yang menggunakan media selama ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Hal tersebut sangat penting untuk keberhasilan dalam proses belajar dan berpikir, terutama dalam membuat mereka lebih tertarik dengan apa yang sedang dipelajari. Lebih jelasnya silahkan dibaca sampai akhir ya. Jangan lupa untuk share juga kepada rekan-rekan Guru lainnya.

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah media yang berupa media atau alat pendukung dalam membantu siswa belajar. Media ini sangat bermanfaat bagi para pelaku proses pembelajaran, seperti guru dan peserta didik untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan di situasi proses belajar baik secara individual maupun kolektif. Pada media ini terdapat informasi tentang apa yang harus dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan.

Oleh sebab itu media pembelajaran menjadi sarana utama dalam proses belajar-mengajar yang bertujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap.

Media pembelajaran dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu peserta didik agar lebih mudah menyerap, menerima dan menghayati materi yang akan dipelajari. Media ini juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu, dapat membantu guru untuk lebih mudah mengkondisikan kelas agar tidak monoton dan membosankan.

Tujuan media pembelajaran

advertisement

Media pembelajaran haruslah berupa media yang lengkap dan memberikan informasi yang benar serta menyajikan media ini dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh peserta didik. Harus berfungsi sebagai media belajar bagi para pelakunya, baik media yang berfungsi sebagai media pembelajaran bagi para pelaku proses maupun media untuk mencapai tujuan.

Tujuan media pembelajaran antara lain:

  • mengembangkan media yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran;
  • memberdayakan siswa untuk belajar secara mandiri dengan membantu peserta didik memahami materi pelajaran;
  • meningkatkan kemampuan secara keseluruhan siswa supaya lebih mudah dalam menyerap dan menerima media ini.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran adalah materi yang akan disampaikan. Sebaiknya dipilih berdasarkan materi yang akan disampaikan dan bukan sebaliknya. Oleh karena itu, hal tersebut dapat membantu guru untuk lebih mudah menyampaikan materinya.

Media pembelajaran ini juga dapat menggunakan benda yang berbeda-beda untuk memperjelas isi materinya. Oleh karena itu media tersebut harus senantiasa berkaitan dengan tujuan dan sasaran media tersebut. Selain itu juga harus berfungsi sebagai media untuk mendapatkan apa yang akan dicapai, misalnya kompetensi tertentu atau pengetahuan dan sikap tertentu.

Pilih media yang tepat, sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses belajar-mengajar. Media ini haruslah berupa media praktis dan juga yang banyak digunakan oleh peserta didik. Pemilihan yang baik akan meningkatkan motivasi belajar dan mempercepat penyerapan materi pelajaran.

Jenis-jenis media pembelajaran

Berdasarkan media pembelajarannya media dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, seperti:

– media visual;

Media visual adalah media yang berupa gambar, grafik, poster, film pendek yang dapat menyampaikan informasi dengan cepat dan jelas.

– media audio;

Media audio seperti lagu dan suara dapat membantu siswa dalam menyerap materi pelajaran. Selain media audio, media visual seperti gambar dan video juga dapat membantu siswa dalam menyerap materi pelajaran. media audio dan media visual biasanya digabungkan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

– media cetak;

Media cetak seperti buku dan media visual seperti gambar dapat membantu siswa dalam menyerap materi pelajaran. Selain audio, media visual juga dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. media cetak dan media visual biasanya digabungkan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

Penggolongan Media Pembelajaran

Berdasarkan tujuan media pembelajaran, media dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, seperti:

– media informasi

Media informasi adalah media yang menyajikan informasi terkait dengan media pembelajaran. media ini biasanya ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa atau sebagai sumber belajar bagi peserta didik.

– media instruksional

Media instruksional seperti modul, buku ajar, atau lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan mempercepat penyerapan materi pelajaran oleh peserta didik. media instruksional akan lebih efektif jika media pembelajaran yang digunakan berpedoman pada media instruksional tersebut. media instruksional kemudian dapat meningkatkan kualitas guru dan metode mengajarnya.

– media motivasi

Media motivasi merupakan media yang berfungsi untuk memotivasi peserta didik agar belajar dengan semangat. media ini biasanya berupa video, poster, atau gambar yang menarik perhatian peserta didik.

Berdasarkan sifat media pembelajaran, media dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, seperti:

– media static

Media pembelajaran yang tidak bergerak dan hanya memancarkan informasi satu arah saja.

– media dinamik

Media pembelajaran yang bergerak dan memancarkan informasi dua arah.

Komponen-Komponen Pembelajaran

Komponen atau elemen yang harus ada di dalamnya. Komponen media ini berfungsi sebagai penghubung antara media dan materi pelajaran.

Media pembelajaran memiliki beberapa komponen, seperti:

– media;

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan agama maupun non-agama. media dapat berupa gambar, teks, suara, dan lain-lain. media pembelajaran yang baik adalah media yang mudah dipahami oleh peserta didik.

– peserta didik.

Peserta didik adalah orang atau kelompok manusia yang mengikuti proses belajar dan mendapatkan media pembelajaran. Peserta didik dapat berupa siswa, pelajar, mahasiswa, dan lain-lain.

– guru;

Guru merupakan orang yang mengajar dengan media pembelajaran. Guru dapat berupa guru sekolah, instruktur, dan lain-lain.

– tujuan media pembelajaran;

Tujuan media pembelajaran adalah untuk mencapai kompetensi atau kemampuan peserta didik agar menjadi efisien dan efektif.

– sasaran media;

Sasaran media adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh tujuan media pembelajaran. Sasaran media dapat berupa keterampilan, pengetahuan, dan sikap peserta didik.

– sumber media;

Sumber media adalah tempat atau wadah media pembelajaran. Sumber media dapat berupa media cetak, media audio, media visual dan lain-lain.

– media praktis;

Media praktis adalah jenis media pembelajaran yang dapat digunakan langsung peserta didik tanpa perlu diubah atau dimodifikasi. media ini dapat berupa media cetak, media audio, media visual dan lain-lain.

Media pembelajaran yang baik akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mempercepat penyerapan materi pelajaran oleh peserta didik. media pembelajaran yang efektif akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. media pembelajaran yang efisien dapat meminimalkan waktu dan biaya belajar peserta didik. Selain itu dapat memperbaiki kualitas guru dan metode mengajarnya.

Prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran

Menentukan media pembelajaran tidak bisa sembarang dilakukan, oleh karena itu ketahuilah prinsipnya di bawah berikut ini :

  1. Tidak ada media satu ukuran untuk semua untuk mencapai semua tujuan pembelajaran.
  2. Saat menggunakan media, pengguna harus terus didorong untuk berpartisipasi secara aktif.
  3. Kegunaan dan aksesibilitas media.
  4. Media yang akan digunakan harus dipilih secara objektif daripada untuk kesenangan pribadi.
  5. Penggunaan media harus didasarkan pada hasil belajar yang diinginkan.
  6. Media harus digunakan sebagai bagian dari presentasi pendidikan.
  7. Berbagai bentuk media
  8. Guru harus mengenal alat-alat yang akan digunakan.
  9. Penggunaan media memerlukan persiapan yang cukup, seperti preview media yang akan digunakan dan perakitan peralatan yang diperlukan.

Kesimpulan

Media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam proses belajar. Karena itu, semakin baik media tersebut maka akan menjadi bagian penting dari kegiatan belajar siswa. Penerapan alat-alat pendukung seperti media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk merealisasikan tujuan penyelenggaraan pendidikan karakteristik utama dan berorientasi kepada masa depannya.

Ketahui juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More