Website Edukasi No. 1

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 K13 Lengkap Tahun 2022 2023

Wikiedukasi – Perangkat pembelajaran kelas 4 merupakan seperangkat alat atau media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Perangkat ini diantaranya yaitu seperti RPP, SILABUS, KKM, Pogram tahunan, program semester, pemetaan KD dan KI.

Di Indonesia perangkat pembelajaran kelas 4 diupayakan oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan menetapkan standar isi dan sistematika penyusunan perangkat pembelajaran. Standar isi ini memuat materi yang harus dikuasai oleh peserta didik pada setiap satuan pendidikan kelas 4.

Sedangkan sistematika penyusunan perangkat pembelajaran kelas 4 diupayakan dengan membuat silabus, program sekolah, dan kurikulum tingkat satuan pendidikan Kurikulum 2013. Kumpulan materi pembelajaran yang disusun berdasarkan standar isi itu kemudian dikelompokkan menjadi submateri.

Apa saja Perangkat Pembelajaran Kelas 4 K13

RPP merupakan sebuah kumpulan materi, tugas atau rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan standar isi dengan sistematika penyusunan yang telah dirumuskan. RPP kelas 4 ini berisi materi pembelajaran yang akan dipelajari peserta didik selama satu semester.

Sebuah SILABUS merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru yang berisi tentang tujuan, materi, metode, dan sumber belajar pembelajaran. SILABUS kelas 4 ini berisi materi yang akan dipelajari peserta didik selama satu semester.

KKM merupakan sebuah rencana pembelajaran yang disusun oleh guru, yang menggambarkan mata pelajaran yang harus dikuasai peserta didik untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SLK) dan mata pelajaran yang diharapkan peserta didik mempelajari untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL).

Pogram tahunan merupakan program-program kegiatan yang dilaksanakan satuan pendidikan melalui setiap tahun pelajaran.

advertisement

Adapun KKM dan RPP dijabarkan oleh program semester yang merupakan sebuah rencana refenrensi pembelajaran yang menentukan materi, metode, dan sumber belajar serta kegiatan yang akan dilaksanakan peserta didik selama satu semester.

Pemetaan KD dan KI merupakan suatu alat untuk membantu guru dalam menyusun pembelajaran berdasarkan standar isi. KD (kurikulum di sekolah ) merupakan pengembangan dari KTSP jadi Kurikulum 2013 yang dimaksudkan untuk digunakan oleh semua satuan pendidikan. Sedangkan KI (kompetensi inti) merupakan kemampuan minimal yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap satuan pendidikan. Dengan memanfaatkan perangkat pembelajaran ini, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien serta dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dan mengembangkan potensi seluruh indera dan otaknya.

perangkat pembelajarna merupakan seperangkat alat atau media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah perangkat pembelajaran kelas 4.

Perangkat pembelajaran terdiri dari berbagai macam jenis, salah satu dari mereka adalah perangkat pembelajaran kelas 4 yaitu perangkat pembelajaran yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran di kelas 4. Ada berbagai macam perangkat pembelajaran yang tersedia, seperti model pembelajaran, media pembelajaran, dan alat peraga.

Download Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Semester 1 merupakan alat atau media berupa berkas pendukung kegiatan pencatatan data serta semua alat yang digunakan untuk mengajar pada semester gasal.

Sedangkan, perangkat Pembelajaran Kelas 4 Semester 2 merupakan alat atau media yang memang merupakan semua perangkat fisik maupun nonfisik digubutuhkan untuk mendukung setiap kegiatan pembelajaran yang dlaksanakan pada semester genap.

Pada bagian ini anda akan dipersilahkan mengunduh semua perangkat untuk membantu kegiatan belajar mengajar Kurikulum 2013 di kelas 4 SD. Semua berkas ini sudah mengalami revisi terutama untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang kini telah mengalami penyederhanaan jadi 1 lembar. Silahkan dinduh saja semua filenya :

Dalam penerapannya, setiap guru sebaiknya menggunakan strategi dan model pembelajaran yang tepat guna mendapatkan hasil pencapaian maksimal sesuai harapan. Model pembelajaran adalah rencana atau cara yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kelas 4 mengacu pada model pembelajaran yang telah dirancang oleh para ahli dan diadaptasi untuk kelas 4.

Ada berbagai model pembelajaran yang dapat dipilih untuk digunakan di kelas 4, seperti model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran situasional, dan model pembelajaran majemuk. Perbedaan antara model pembelajaran tersebut dapat dilihat pada keterkaitan yang dimiliki antar model pembelajaran, sehingga akan mempermudah aktivitas belajar mengajar di kelas 4.

Penutup

Perangkat pembelajaran merupakan seperangkat alat atau media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Oleh karena itu sebagai tenaga pengajar sudah menjadi kewajiban untuk mempersiapkan semua kebutuhan perangkat tersebut. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga informasi ini memberikan manfaat.

Rekomendasi Kelas lain:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More