Website Edukasi No. 1

Aplikasi Administrasi Guru Paling Lengkap Berbasis Excel

Wikiedukasi – Aplikasi Administrasi Guru Paling Lengkap Berbasis Excel ini akan memudahkan anda sebagai pengajar dalam manajemen pencatatan data atau pengarsipan dari sekian banyak berkas pendukung kegiatan pelaksanaan kegiatna belajar mengajar di sekolah.

Aplikasi Administrasi Guru adalah aplikasi yang dibuat hanya untuk menghimpun data, fungsi utama agar siswa bisa melihat tingkat pencapaian dari tiga aspek mutu pendidikan yaitu Materi pelajaran, Penilaian dan Proses.

Ulasan Aplikasi Administrasi Guru

Aplikasi administrasi guru merupakan perangkat lunak berbasis excel yang khusus dibuat untuk mempermudah penggunaan berkas pendukung kegiatan guru. Semua berkas administrasi Guru terkumpul di dalamnya, pencatatan atau pengisian data untuk setiap dokumen dapat dilakukan secara mudah hanya pada satu aplikasi.

Dengan adanya aplikasi administrasi guru ini, semua berkas yang berhubungan dengan kegiatan guru akan terorganisasi dengan rapi. Hal ini tentu saja akan mempermudah dan mempercepat proses kegiatan sehari-hari guru. Berkas yang dibuat melalui aplikasi administrasi guru ini juga dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam penyusunan laporan kegiatan guru.

Salah satu contoh berkas yang terdapat di dalam aplikasi administrasi guru ini adalah daftar hadir guru. Daftar hadir guru ini digunakan untuk mencatat jumlah guru yang hadir saat kegiatan sudah dilaksanakan. Daftar hadir seperti ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku kegiatan karena memiliki gunaan yang sangat luas.

Fungsi dari aplikasi ini selain untuk mempermudah pencatatan, juga dapat menghindarkan resiko kehilangan data pengarsipan karena dijadikan data baku. Oleh sebab itu, aplikasi administrasi guru merupakan solusi yang tepat untuk mempermudah dan mempercepat kegiatan guru.

Isi Aplikasi Administrasi Guru

advertisement

Aplikasi ini terdiri dari: Jadwal Mengajar, Kalender Akademik, Silabus, KKM (Kriteria Kelulusan Minimal), Program Semester, Program Tahunan, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Selain itu terdapat: Absensi atau Daftar Kehadiran Siswa, Agenda Kegiatan Pembelajaran, Nilai Tugas/Praktik, Nilai Ulangan Harian, Nilai Afektif, Analisis Butir, Soal UAS, Koreksi UAS, Koreksi UTS, Analisis DSS/DSK (Analisis Pencapaian Target Kurikulum dan Daya Serap Kelas), Analisis Ketuntasan (Analisis Nilai dan Program Remidiasi/Pengayaan), Nilai Raport, Rekapitulasi Nilai.

Jika anda ingin mengetaui rincian dokumen penting yang ada pada aplikasi ini, maka silahkan lihat penjelasannya. Aplikasi administrasi guru ini terdiri dari beberapa modul sebagai berikut.

1. Jadwal Mengajar

Jadwal yang telah disusun di dalam aplikasi ini merupakan jadwal yang paling lengkap dan akurat. Selain itu, jadwal ini dapat dijadikan sebagai panduan bagi guru dalam penyusunan jadwal mengajar.

2. Kalender Akademik

Kalender akademik ini berisi jadwal kegiatan akademik seperti ujian, seminar, dan lainnya. Selain itu, kalender akademik ini juga berisi informasi tentang libur nasional dan cuti tahunan.

3. Silabus

Silabus yang ada di dalam aplikasi ini merupakan silabus yang telah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Selain itu, silabus ini juga berisi informasi mengenai standar kompetensi dan ketuntasan hasil belajar siswa.

4. KKM (Kriteria Kelulusan Minimal)

KKM yang terdapat di dalam aplikasi ini merupakan KKM yang valid dan telah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Hal ini memungkinkan guru untuk mengetahui secara jelas KKM yang harus dicapai oleh siswa.

5. Program Semester

Program semester yang terdapat di aplikasi ini merupakan program semester yang valid dan telah disesuaikan dengan K-13. Hal ini memungkinkan guru untuk mengetahui secara jelas program semester yang akan digunakan.

6. Program Tahunan

Program tahunan yang terdapat di aplikasi ini merupakan program tahunan yang valid dan telah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Hal ini memungkinkan guru untuk mengetahui secara jelas program tahunan yang akan digunakan.

7. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RPP merupakan rencana yang harus disusun oleh guru untuk setiap program semester dan tahunan. Selain itu, RPP ini juga berisi informasi mengenai standar kompetensi dan ketuntasan hasil belajar siswa.

8. Absensi atau Daftar Hadir Siswa

Daftar hadir siswa merupakan berkas yang mencatat semua jumlah siswa yang hadir pada saat acara sudah dilaksanakan. Hal ini juga berfungsi untuk memudahkan proses pengecekan jumlah siswa yang hadir.

9. Agenda Kegiatan Pembelajaran

Agenda kegiatan pembelajaran ini berisi informasi tentang semua kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini memudahkan guru dalam penyusunan agenda kegiatan pembelajaran.

10. Nilai Tugas/Praktik

Nilai tugas/praktik yang terdapat di aplikasi ini merupakan nilai yang valid dan telah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Hal ini memungkinkan guru untuk mengetahui secara jelas nilai tugas/praktik yang harus dicapai oleh siswa.

11. Nilai Ulangan Harian

Nilai ulangan harian yang terdapat di aplikasi ini merupakan nilai yang valid dan telah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Hal ini memungkinkan guru untuk mengetahui secara jelas nilai ulangan harian yang harus dicapai oleh siswa.

12. Nilai Afektif

Nilai afektif yang terdapat di aplikasi ini merupakan nilai yang valid dan telah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Hal ini memungkinkan guru untuk mengetahui secara jelas nilai afektif yang harus dicapai oleh siswa.

13. Analisis Butir

Analisis butir merupakan sebuah analisis yang menggambarkan nilai serta jenjang kelulusan dan ketuntasan belajar seseorang atau sekelompok orang. Hal ini dapat digunakan oleh guru untuk melihat tingkat pencapaian individu siswa atau kelompok siswa.

14. Soal UAS

Soal ujian akhir semester (UAS) merupakan soal yang telah diujikan pada saat terakhir untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa. Hal ini juga memungkinkan guru untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan lebih banyak detil.

15. Koreksi UAS

Koreksi akhir ujian akhir semester (UAS) merupakan soal yang telah diujikan pada saat terakhir untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa. Hal ini juga memungkinkan guru untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa.

16. Koreksi UTS

Koreksi akhir ujian tengah semester (UTS) merupakan soal yang telah diujikan pada saat terakhir untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa. Hal ini juga memungkinkan guru untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa.

17. Analisis DSS/DSK (Analisis Pencapaian Target Kurikulum dan Daya Serap Kelas)

Analisis pencapaian target kurikulum dan daya serap kelas merupakan sebuah analisis yang menggambarkan nilai serta jenjang kelulusan, hasil belajar seseorang atau sekelompok orang. Hal ini dapat digunakan oleh guru untuk melihat tingkat pencapaian individu siswa atau kelompok siswa.

18. Analisis Ketuntasan (Analisis Nilai dan Program Remidiasi/Pengayaan)

Analisis ketuntasan merupakan sebuah analisis yang menggambarkan nilai, hasil belajar seseorang atau sekelompok orang. Hal ini dapat digunakan oleh guru untuk melihat tingkat ketuntasan individu siswa atau kelompok siswa.

19. Nilai Raport

Nilai raport merupakan hasil akhir yang diperoleh dari sebuah analisis butir dan berfungsi sebagai acuan untuk menentukan nilai akhir siswa. Hal ini memungkinkan guru untuk mengetahui secara jelas nilai raport yang harus diberikan kepada siswa.

20. Rekapitulasi Nilai

Rekapitulasi nilai merupakan sebuah tabel yang menggambarkan seluruh nilai yang telah diperoleh oleh siswa. Hal ini memungkinkan guru untuk melihat secara jelas seberapa besar pencapaian nilai siswa.

Aplikasi Administrasi Guru

Kesimpulan

Menjadikan kegiatan lebih efisien serta menghindari kemungkinan kehilangan catatan data kegiatan akibat terlalu banyak berkas yang harus diurus, maka aplikasi administrasi Guru berbasis excel ini bisa menjadi salah satu solusinya. Anda dapat mencatat maupun mengelola nilai untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan hanya pada satu aplikasi ini saja.

Dapatkan juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More