Website Edukasi No. 1

15 Contoh Kalimat Efektif Sesuai Peristiwanya

Wikiedukasi – Saat ini saya akan berbagi beberapa Contoh Kalimat Efektif sesuai dengan peristiwanya, namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu sedikit anda ketahui yaitu cara menulis sebuah kalimat efektif dan tidak efektif.

Penulisan kalimat efektif memiliki cara sendiri-sendiri dalam menyampaikan informasi. Paragraf pembuka kalimat efektif merupakan paragraf pembuka yang menceritakan sebuah peristiwa atau pengalamannya. Peristiwa yang diceritakan oleh contoh kalimat efektif ini biasanya dinilai oleh pembaca sebagai hal yang penting karena menggugah perhatian.

Kata-kata yang digunakan dalam kalimat efektif juga harus memiliki daya tarik tersendiri, sehingga hal tersebut memperkaya pembaca. Hal-hal seperti halnya istilah atau kata yang jarang digunakan dalam bahasa Indonesia sering menjadi faktor keberhasilan contoh kalimat yang baik. Begitu juga dengan penggunaan bahasa yang khas dan menarik. Begitu juga dengan pengambilan kalimat efektif dalam paragraf, sehingga tercipta suatu keindahan (estetika) paragraf.

Penulisan kalimat efektif juga harus memperhatikan segi latar belakang paragraf yang berkaitan dengan konteks kehidupan manusia. Contoh kalimat yang tidak efektif kerap digunakan untuk menjelaskan objek yang tidak bermakna. Sebagai contoh:

Wiro ngetem di tol cikampek.

Contoh kalimat ini mengungkapkan pengalamannya saja, tanpa ada nilai budaya yang dapat memperkaya pembaca tentang peristiwa tersebut.

Contoh Kalimat Efektif Sesuai Peristiwanya

A. Contoh kalimat efektif yang menceritakan peristiwa penting:

  1. Saya lahir di sebuah desa di Jawa Tengah, pada tanggal 10 Agustus 1987 oleh pasangan bernama Bapak Dodik Jaya dan ibu Mardjuki.
  2. Hari ini, saya berkesempatan untuk bertemu dengan teman sepupu yang lama tinggal di Belanda. Kami sempat berbincang-bincang tentang keluarganya. Selain itu, kami juga sempat membicarakan concept mimpinya.
  3. Di desa saya, ada sebuah cerita mengenai kisah percintaan antara Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah Al-Kubra (pendiri keluarga besar Nabi Muhammad SAW).

advertisement

B. Contoh kalimat efektif yang menunjukkan keindahan (estetika) paragraf:

  1. Hari ini, saya baru saja memberikan pelajaran di sekolah. Sekitar jam 15:00 WIB, saya sempat berbincang dengan seorang guru bahasa Inggris. Saya baru menyadari bahwa dia merupakan anggota keluarga teman yang ada di Jakarta.
  2. Jika ditinjau dari aspek kualitas, contoh paragraf seperti ini sering menjadi contoh paragraf yang dapat dijadikan acuan. Contoh paragraf yang unik dan jelas ditulis dengan cara yang indah serta rinci memiliki daya tarik yang luar biasa.

C. Contoh kalimat efektif yang menggugah perhatian:

  1. Sebuah cerita mengenai pemilu besar yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta tersebut segera menyebar di Surabaya.
  2. Dalam contoh kalimat ini, pembicaraan ada di Jakarta namun tidak disebutkan apakah peristiwa tersebut berlangsung hari itu juga atau sebelumnya.
  3. Begitu juga dengan contoh kalimat efektif yang saya berikan di atas, hal-hal seperti istilah atau kata yang jarang digunakan dalam bahasa Indonesia sering menjadi faktor keberhasilan contoh kalimat yang baik. Begitu juga dengan penggunaan bahasa yang khas dan menarik.

D. Kalimat efektif yang terdiri dari paragraf:

  1. Anggota DPRD pada umumnya tidak pernah terlibat dengan suatu kasus yang menyangkut dugaan korupsi.
  2. Namun, ada satu hal yang harus diakui bahwa wakil rakyat ini selalu berupaya agar kehidupan masyarakat di daerahnya berjalan dengan lancar dan teratur.
  3. Wakil rakyat yang dimaksud adalah Andi Baso, seorang pengusaha kelas kakap. Istri Andi juga pernah menjabat sebagai gubernur kota di daerah yang sama.

E. Contoh kalimat efektif yang menggunakan bahasa daerah:

  1. Di desa saya, ada sebuah cerita mengenai kisah percintaan antara Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah Al-Kubra (pendiri keluarga besar Nabi Muhammad SAW).

F. Kalimat efektif yang menggunakan istilah atau kata yang jarang digunakan dalam bahasa Indonesia:

  1. Sebuah kasus yang menyangkut dugaan korupsi segera menyebar di Surabaya.

G. Contoh kalimat efektif yang menunjukkan penggunaan bahasa yang khas dan menarik:

  1. Bocah itu sedang melipatkan kertas-kertas yang sudah terlipat rapi.
  2. Bocah itu melipat bajunya dengan sangat rapi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga saja tulisan sederhana tersebut dapat menambah wawasan bagi anda semua.

Baca juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More