Website Edukasi No. 1

Pengertian Dan Ciri Kalimat Simpleks Dan Kompleks

Wikiedukasi - Pembahasan perihal Pengertian Dan Ciri Kalimat Simpleks Dan Kompleks bisa Anda baca di sini secara detail.

Kalimat simpleks dan kompleks merupakan salah satu pembelajaran yang terdapat dalam materi ajar Bahasa Indonesia. Karena pada dasarnya materi ajar Bahasa Indonesia banyak mempelajari tentang kalimat, kalimat simpleks dan kalimat kompleks sendiri merupakan pembelajaran dalam kaidah tata bahasa.

Pengertian

Menurut pengertiannya kalimat simpleks merupakan sebuah kalimat yang terdiri atas satu klausa atau satu verba utama, umumnya kalimat tersebut sering juga disebut sebagai kalimat tunggal. Pada kalimat simpleks terdapat semua unsur utama atau wajib yang dibutuhkan.

Sementara untuk kalimat kompleks sendiri merupakan sebuah kalimat yang mempunyai dua predikat atau verba utama, bahkan bisa lebih. Kalimat kompleks sering juga disebut sebagai kalimat majemuk, dan terdapat beberapa ciri bentuk dari contoh kalimat kompleks dan kalimat simpleks.

Ciri-Ciri Kalimat Simpleks dan Kompleks

Dengan memperhatikan ciri-ciri kalimat simpleks dan kalimat kompleks akan membuat Anda lebih memahami kalimat tersebut. Agar bisa lebih memudahkan dalam penentuan kalimat simpleks dan kalimat kompleks Anda bisa menggunakan patokan ciri-cirinya berikut ini.

1. Ciri Kalimat Simpleks

advertisement

Biasanya pada kalimat simpleks terdapat susunan lengkap dalam satu klausa seperti bentuk subjek, predikat, objek dan keterangan atau S-P-O-K- dan pelengkap. Selain itu kalimat simpleks mempunyai sifat yang sederhana karena didalamnya sudah terdiri dari satu klausa saja.

Pada umumnya sebuah kalimat simpleks berisi sebuah kejadian atau menggambarkan sebuah peristiwa saja. Kalimat kompleks juga biasanya tidak mempunyai konjungsi atau yang sering disebut dengan kata penghubung, kalimat kompleks juga biasanya tidak memakai koma dalam kalimatnya.

2. Ciri Kalimat Kompleks

Sedangkan pada struktur kalimat kompleks biasanya terdapat dua kejadian atau peristiwa, sehingga kalimatnya lebih padat. Karena biasanya kalimat kompleks juga panjang maka bisa dipisahkan dengan koma atau konjungsi sebagai penghubung dari dua kejadian tersebut.

Selain itu kalimat yang kompleks juga mempunyai dua predikat serta dua subjek, karena menggambarkan dua peristiwa yang terjadi. Dalam praktiknya kalimat kompleks dan kalimat simpleks sama-sama sering digunakan dalam struktur penulisan.

Untuk contoh kalimat kompleks seperti, ‘Saya dan Dani pergi ke perpustakaan’, dalam kalimat tersebut ada dua subjek yang dituliskan yaitu Saya dan Dani. Sesuai dengan ciri-ciri yang bertuliskan sebelumnya untuk kalimat kompleks.

Sementara untuk contoh kalimat simpleks seperti, ‘Ayah pergi membeli alat pancing’, pada kalimat tersebut hanya ada satu subjek dan berisi kalimat lengkap. Maka dari itu sesuai dengan ciri-cirinya, kalimat tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah kalimat simpleks.

Dalam membuat kalimat simpleks maupun kompleks caranya cukup mudah, dilihat dari ciri-cirinya juga sudah menjelaskan sepenuhnya mengenai struktur kalimat tersebut. Dengan mengetahui tentang kalimat simpleks dan kompleks, akan lebih memudahkan Anda dalam membuat karya tulis maupun menjawab pertanyaan mengenai tata bahasa materi ajar B. Indonesia.

Itulah artikel mengenai Pengertian Dan Ciri Kalimat Simpleks Dan Kompleks yang dapat kami sampaikan kami harapkan Pembahasan tersebut bisa yang Anda butuhkan.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More