Website Edukasi No. 1

Fungsi Utama Kalimat Aktif Dalam Tata Bahasa Indonesia

Kalimat aktif ini merupakan salah satu bagian pada tata bahasa kalimat yang harus benar-benar dipahami. Pemakaiannya begitu berguna supaya pesan yang akan disampaikan menjadi jauh lebih tepat dan jelas. Lalu apa sebenarnya fungsi kalimat aktif yang satu ini ? Mari kita bahas di ulasan di bawah ini. 

Definisi dari Kalimat Aktif

advertisement

Sebelum kita bahas fungsinya, maka akan jauh lebih baik jika kita mengenali definisinya terlebih dahulu. Kalimat aktif adalah sebuah penjelasan subjek ketika melakukan tindakan yang disebut dengan predikat. Tindakan ini akan dilakukan kepada objek tanpa melewati perantara, itulah mengapa disebut dengan kalimat aktif karena subjek ini akan langsung melakukan sesuatu kepada objek. 

Fungsi Utama Kalimat Aktif

Fungsi kalimat aktif itu untuk menjelaskan bahwa seseorang sedang atau sudah melakukan suatu hal. Pemakaian SPOK maupun SPK akan begitu ditekankan pada jenis kalimat aktif ini yang mana penggunanya sangat penting sekali untuk selalu dimaksimalkan. 

Terutama untuk Anda yang ingin belajar bahasa Indonesia secara mendalam, pemahaman untuk kalimat yang satu ini harus dilakukan dengan memperhatikan secara seksama ciri-ciri yang ada di dalamnya. Selain itu penting juga untuk memahami cara penulisan maupun penyampaiannya. 

Mengenali Ciri – ciri Kalimat Aktif

Ada lebih dari 50 contoh kalimat aktif yang dapat ditemukan dengan memiliki tiga ciri-ciri utama yang dimilikinya. Agar nantinya bisa memberikan cara penulisan maupun penyampaian menjadi lebih sempurna. 

1. Berpola SPOK atau SPK

Banyak sekali contoh kalimat aktif yang akan ditemukan dengan pola SPK atau SPOK yang pastinya akan diajarkan ketika kita mempelajari bahasa Indonesia. Penulisan pada kalimat aktif ini memang wajib menggunakan urutan S – P – O – K. Bisa juga hanya dengan menggunakan S – P – K. Semua itu akan bergantung dari bagaimana Anda ingin menyampaikan sebuah pesan dalam kalimat itu. 

Subjek akan selalu berada dalam posisi untuk melakukan segala sesuatunya secara langsung. Subjek tidak akan melakukan sesuatu tanpa menggunakan perantara karena itu merupakan ciri-ciri yang penting dari jenis kalimat aktif. 

2. Berawal dengan Imbuhan Me – atau Ber – untuk Kalimat Predikat

Ciri pertama dari 50 contoh kalimat aktif itu akan mempunyai imbuhan ber – atau me- pada bagian predikatnya. Penambahan untuk salah satu dari imbuhan tersebut dapat memberikan perbedaan di antara kalimat aktif yang berjenis lainnya. Semua itu akan semakin memperkuat kata kerja yang ada di dalam kalimat tersebut. 

3. Subjek Selalu Melakukan Tindakan Secara Langsung

Pada kalimat aktif, subjek selalu akan melakukan sebuah tindakan dengan langsung. Ciri ini akan memberikan kemudahan untuk orang yang membacanya karena mereka bisa langsung paham apa yang akan disampaikan oleh penulisnya. Inilah yang membuat penyampaian penulis akan lebih sempurna tanpa adanya persepsi yang berbeda. 

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More