Website Edukasi No. 1

Definisi Beserta Contoh Kalimat Persuasif Iklan

Dalam keseharian anda pastilah sering melihat banyak iklan bertebaran di sekitar anda. Mulai dari di jalanan, di gedung-gedung pencakar langit, di televisi, game, youtube, situs website dan banyak tempat lainnya pasti ada iklan. Itu menunjukkan bahwa iklan sangat penting dalam menawarkan maupun sekedar mengenalkan suatu produk barang atau jasa. Contoh iklan atau contoh kalimat persuasif iklan adalah “beli 2 gratis 1” atau “yang asli yang ada cap badaknya”.

Pengertian Kalimat Persuasif

advertisement

Sedangkan di dalam suatu iklan terdapat satu unsur yang tak bisa dipisahkan, yaitu kalimat persuasif. Apakah itu kalimat persuasif? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI, persuasif memiliki arti berupa ajakan atau mengajak. Pengertian secara istilah kalimat persuasif merupakan kalimat yang berisikan tentang ajakan atau himbauan kepada siapa saja yang membacanya untuk melakukan apa yang dikehendaki oleh si pembuat kalimat persuasif atau iklan tersebut.

Kalimat persuasif juga bisa bermakna untuk menyakinkan seseorang atau membujuk seseorang untuk tertarik mengikuti atau melakukan apa yang diperintahkan oleh si pembuat kalimat melalui kalimat persuasif yang disebarkan ke khalayak umum dengan berbagai macam tujuan dan kebutuhan.

Dari banyaknya iklan yang anda lihat sepanjang hari, fokus utamanya adalah pada kalimat singkat yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan si pembuat iklan. Sedangkan gambar yang menyertai teks iklan tersebut sifatnya hanyalah sebagai pendukung semata, meskipun tetap saja perannya penting bagi iklan itu sendiri.

Penting dan krusialnya membuat contoh kalimat persuasif iklan yang bagus dan menarik membuat seseorang yang ingin membuat kalimat untuk iklan harus paham betul dengan siapa target pasar yang ingin dituju, trend apa yang sedang booming di masyarakat, dan bagaimana caranya agar masyarakat yang membaca mau mengikuti ajakan yang ada di iklan yang dibuat tersebut.

Biasanya sebuah kalimat persuasif dalam iklan memiliki ciri-ciri berupa kalimat yang ringkas, singkat, pendek, bahasanya jelas, dan mudah dipahami pembaca karena tujuannya adalah mengajak pembaca secepat mungkin menuruti apa yang diperintahkan dalam iklan tersebut.

Contoh Kalimat Persuasif Iklan

Berikut adalah beberapa contoh kalimat persuasif atau kalimat iklan yang sering anda lihat:

Iklan Minuman dingin

  • Sprite, nyatanya nyegerin. No Bokis.
  • Coca-cola ice, jadi teman seru untuk segala aktivitas dan teman makanmu
  • Good day coffee, karena hidup harus punya banyak rasa
  • Teh Badak! Sudah dipercaya sejak tahun 1980-an
  • Tebs, Tea with Shocking Soda!!

Iklan Shampoo

  • Aku? Jadi duta shampoo lain? Hahahahah
  • Pantene, menghilangkan ketombe dan rambut rontok
  • Rejoice, Tetap segar saat mengenakan kerudung
  • Clear, menghilangkan ketombe dan rambut gatal

Itulah beberapa contoh kalimat persuasif iklan yang ada temui setiap hari dan bisa dipelajari.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More