Website Edukasi No. 1

Karakteristik Dan Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Jika sebelumnya anda sudah mempelajari tentang kalimat persuasif yang biasa digunakan untuk sebuah iklan atau ajakan yang memiliki ciri-ciri kalimat yang singkat, padat, jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Maka di artikel ini anda akan belajar kalimat persuasif juga namun dalam bentuk yang lebih panjang, dalam bentuk sebuah paragraf. Ya, anda akan belajar tentang contoh paragraf persuasi singkat.

Pengertian Paragraf persuasi

Lalu apa itu paragraf persuasi? Paragraf persuasi merupakan sebuah teks yang berisikan sebuah ajakan atau bujukan kepada para pembacanya untuk menyakinkan mereka terhadap sesuatu yang disampaikan si pembuat kalimat dan berusaha mengajak mereka untuk melakukan apa yang dikehendaki si penulis paragraf. Ajakan dalam paragraf persuasi berupa ajakan halus yang tidak perlu menimbulkan konflik. Tidak jauh berbeda dengan contoh kalimat persuasif.

advertisement

Paragraf persuasi memiliki inti di dalamnya sehingga membentuk paragraf persuasi yang sempurna. Isi yang membentuk paragraf persuasi adalah ada argumen untuk memancing perhatian pembaca, ada fakta untuk lebih menyakinkan pembaca bahwa yang dikatakan oleh pembuat paragraf persuasi adalah sesuatu yang benar, dan terakhir ada ajakan agar pembaca mau melakukan suatu tindakan yang diinginkan oleh pembuat paragraf.

Sedangkan jika dilihat dari strukturnya, paragraf persuasi memiliki struktur sebagai berikut; pengenalan isu, rangkaian argumen yang diberikan, pernyataan ajakan untuk melakukan suatu tindakan tertentu, dan sebuah penegasan ulang tentang pernyataan-pernyataan yang sudah disampaikan sebelumnya.

Karakteristik Paragraf persuasi

Terdapat karakteristik yang bisa anda kenali dari contoh paragraf persuasi singkat, berikut adalah karakteristiknya:

  • Menimbulkan rasa percaya dari para pembacanya
  • Persuasi memiliki prinsip bahwa akal pikiran manusia itu sesuatu yang fleksibel atau dapat diubah
  • Dari rasa percaya tadi, maka terciptalah kesepahaman atau kesepakatan antara pembaca dan pembuat paragraf
  • Dalam pembuatan sebuah paragraf persuasi, sebisa mungkin hindari konflik yang dapat menimbulkan pecahnya kepercayaan pembaca terhadap penulis. 
  • Sertakan fakta dan data yang valid agar menyakinkan pembaca bahwa apa yang anda sampaikan selaku penulis paragraf persuasi adalah sesuatu yang pantas untuk dipercayai

Dalam membuat sebuah paragraf persuasi biasanya di akhir bagian terdapat kesimpulan yang diambil. Sehingga antar kalimat harus runut dan menyatu agar kesimpulan yang diambil masuk akal dan tidak memaksakan.

Paragraf persuasi juga hampir sama dengan paragraf argumentasi, namun yang membedakan adalah inti dari paragraf tersebut. Paragraf persuasi menekankan pada ajakan, sedangkan paragraf argumentasi penekanannya hanya pada memberikan argumentasi sembari memberi kebebasan pembaca dalam mengambil sikap.

Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Contoh paragraf persuasi singkat  di bawah ini:

Pizza buah yang unik dan segar, baru dan berani tampil beda dari yang lain! Dapatkan promo terbatas beli 2 dapat 3. Untuk info pemesanan, hubungi nomor 0795272838.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More