Website Edukasi No. 1

Contoh Kalimat Persuasif Dalam Iklan Dan Unsur-Unsur Untuk Menyusunnya

Kalimat persuasif tidak akan pernah bisa dilepaskan dari teks atau kalimat iklan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI persuasif memiliki makna sebuah ajakan yang dilakukan secara halus agar seseorang yang dibujuk tersebut menjadi yakin dan melakukan apa yang disarankan oleh orang yang membujuk. Sedangkan iklan menurut KBBI adalah pesan yang ditujukan untuk membujuk orang banyak agar tertarik dan mau menggunakan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu anda akan banyak sekali menemukan contoh kalimat persuasif dalam iklan. 

Unsur-Unsur Klaimat Persuasif

advertisement

Persuasif juga bisa dikatakan sebagai sebuah seni verbal yang digunakan untuk mengajak seseorang atau menyakinkan orang lain untuk melakukan suatu hal yang kita kehendaki. Terdapat unsur-unsur yang khas dari persuasi dalam iklan yang membuatnya berbeda dengan jenis kalimat lain, unsur-unsur tersebut diantaranya adalah:

Memiliki jargon atau motto

Di setiap kalimat persuasi selalu terdapat bagian yang menjadi motto atau jargon atau semacam kalimat yang unik yang membuat suatu produk atau merek tersebut mudah diingat dan melekat dengan jargon tersebut.

Misalnya iklan kopi good day yang memiliki jargon ”karena hidup punya banyak rasa”. Jargon tersebut sudah kuat dan melekat pada merek kopi tersebut. Sehingga saat kita mendengar jargon tersebut akan segera terlintas dalam benak kita tentang kopi good day.

Memiliki argumen keunggulan

Dalam membuat contoh kalimat persuasi dalam iklan, anda ingin menonjolkan suatu produk tertentu dan ingin agar orang lain melakukan suatu tindakan tertentu kepada produk yang anda sampaikan. Oleh karena itu untuk mendorong orang melakukannya, anda perlu memberikan argumen yang berisikan keunggulan dari produk tersebut.

Dengan adanya argumen tersebut, orang akan condong terdorong untuk mempercayainya. Untuk lebih kuat lagi, anda perlu menambahkan unsur yang ketiga setelah ini.

Berisikan fakta dan data

Suatu kalimat persuasi haruslah memiliki fakta dan data di dalamnya. Hal tersebut guna menyakinkan pembaca terhadap argumen yang ingin anda sampaikan sebagai pembuat kalimat persuasi. 

Dengan menyertakan data dan fakta yang valid kebenarannya, maka pembaca akan memiliki potensi percaya kepada argumen anda lebih besar dibanding anda hanya menyertakan argumen semata.Tips

Tips menulis contoh kalimat persuasif dalam iklan

Untuk tips menulis contoh kalimat persuasif dalam iklan, berikut yang bisa anda ikuti;

  1. Gunakan kalimat yang spesifik untuk menggambarkan produk anda
  2. Sebutkan keunggulan dan kelebihan produk yang anda tawarkan. Tapi ingat jangan sampai melebih-lebihkannya terlalu ekstream atau berbohong pada pembaca anda karena itu hanya akan memperlemah kepercayaan yang coba anda bangun dengan para pembaca
  3. Tambahkan kata call to action atau seruan perintah melakukan sesuatu.

Itu adalah ciri dan tips dalam menulis contoh kalimat persuasif yang menarik perhatian.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More