Website Edukasi No. 1

Kalimat Persuasif Dalam Iklan : Unsur dan Ciri-Cirinya

Pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan kalimat persuasif yang ada dalam iklan? Jadi, menurut pengertian, kalimat persuasif dalam iklan merupakan sebuah kalimat yang memiliki sifat membujuk secara langsung dan secara halus sehingga calon konsumen menjadi yakin tentang produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, agar menjadi lebih jelas lagi dengan kalimat persuasif yang ada didalam iklan maka Anda bisa melihatnya seperti dibawah ini.

Unsur-Unsur Kalimat Persuasif Dalam Iklan

advertisement

Tahukah Anda bahwa pemakaian atau penggunaan bahasa kalimat persuasif dalam iklan inilah yang nantinya bisa membedakan tentang wacana iklan dengan wacana yang lainnya. Hal ini terletak pada unsur-unsur yang ada seperti berikut ini:

1. Mengandung Data dan Fakta

Di dalam bahasa persuasif tentu saja akan mengandung data ataupun fakta. Jadi, artinya data ataupun fakta tersebut akan mengandung sebuah keterangan dan informasi tambahan yang benar serta bukan hal yang mengada-ada. Misalnya seperti contoh yaitu pada saat pelanggan atau konsumen membeli sebuah produk body lotion. Di mana mereka bisa benar-benar mendapatkan kulit yang jauh lebih putih dan halus dalam waktu yang singkat.

2. Bahasa Persuasif Harus Memiliki Motto

Berikutnya bahasa persuasif harus bisa memiliki motto. Di mana moto tersebut dapat berbentuk sebuah kalimat, kata yang sistematis hingga menarik. Tidak hanya itu saja, moto yang ada di kalimat persuasif juga dapat digunakan pula sebagai prinsip dalam produk ataupun jasa. 

Tujuan dari moto ini yaitu menciptakan dan memberikan energi yang positif. Misalnya untuk contoh kalimat persuasif dalam unsur ini yaitu iklan pasta gigi. Di mana di dalam iklan tersebut harus memperkenalkan ataupun memperlihatkan keunggulan dari produk yang Anda tawarkan dengan cara membuat sebuah headline “Menjaga Gigi Tetap Sehat dan Mencegah Gigi Berlubang”.

3. Harus Berisikan Kelebihan Tentang Suatu Produk

Keunggulan yang ada di dalam wacana persuasif, terutama pada iklan memang pada biasanya akan berisikan tentang kelebihan sebuah produk yang Anda tawarkan. Contohnya, misalnya iklan tentang mobil terbaru, yang mana nantinya mengedepankan keunggulan seperti cara ataupun proses pembuatannya dan juga harga yang ditawarkan di pasaran.

Ciri-Ciri Kalimat Persuasif Dalam Iklan

Untuk ciri-ciri yang ada dalam kalimat persuasif dalam iklan bisa Anda lihat seperti berikut ini:

  • Kalimat yang ada di dalam kalimat persuasif pada biasanya akan berupa kalimat seperti ajakan, yang mana mengandung kata-kata “marilah” “ayo” dan lainnya.
  • Kemudian di dalam kalimat persuasif juga harus menggunakan bahasa yang menarik dan bagus sehingga dalam penulisannya membentuk seperti rima dan membuat orang akan lebih mudah mengingatnya.
  • Dalam kalimat persuasif juga menggunakan tanda (!).
  • Yang terakhir mengandung pertanyaan retoris, yang mana maksudnya adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban.

Jadi, itulah ada sedikit informasi yang bisa Anda lihat tentang kalimat persuasif dalam iklan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More