Website Edukasi No. 1

Jenis-Jenis Paragraf Persuasif

Teks persuasif merupakan sebuah teks yang memiliki sifat membujuk. Oleh karena itu, di dalam teks persuasif nantinya akan berisikan tulisan. Yang mana memiliki tujuan untuk bisa menyakinkan para pembaca agar bisa tertarik serta mengambil sebuah tindakan tertentu. Jadi, agar lebih jelas dan paham mengenai jenis-jenis paragraf persuasif maka simak informasinya seperti berikut ini.

1. Persuasif Pendidikan

advertisement

Untuk jenis-jenis paragraf persuasif yang pertama yaitu persuasif pendidikan. Di mana persuasif pendidikan ini merupakan jenis teks paragraf persuasif yang nantinya berusaha agar para pembaca bisa mengikuti, mempelajari hingga bersikap  sesuai dengan pendidikan yang sedang diberikan.

Selain itu, untuk kalimat dalam persuasif pendidikan ini kerap sekali berhubungan dan digunakan kementerian pendidikan, tenaga pengajar hingga tenaga pendidikan yang lainnya. Selain itu, mengenai sasarannya bisa untuk para pelajar dan juga orang-orang yang memang ingin menjadi pelajar.

2. Persuasif Iklan

Persuasif iklan atau advertensi merupakan sebuah teks yang berusaha untuk bisa membujuk pembaca atau penonton agar mau membeli barang ataupun jasa yang ditawarkan. Jadi, tujuan dari teks persuasif iklan ini yaitu mengharapkan bisa mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Namun, jika nantinya tidak bisa mempengaruhi calon konsumen untuk membeli barang atau produk yang Anda tawarkan maka teks persuasif ini bisa saja menjadi kurang baik. Selain itu, untuk contoh kalimat persuasif dalam iklan yaitu seperti “Anda butuh pinjaman uang dengan cepat? Ayo pinjam saja di Saldoku!”

Terlepas dari itu, Anda juga bisa menjelaskan sedikit tentang keunggulan produk dan cara menggunakannya sehingga calon konsumen paham dengan konsep produk yang Anda tawarkan tersebut. 

3. Persuasif Politik

Berikutnya ada pula kalimat persuasif yang digunakan dalam bidang politik, yang mana tujuannya adalah membujuk dan meningkatkan kesadaran seseorang tentang hal-hal yang ada di bidang politik. Untuk contoh dari jenis persuasif politik ini misalnya seperti pemilihan presiden, gubernur dan sebagainya. Di mana para bersangkutan melakukan kampanye yang bertujuan untuk memilih mereka di dalam pemilihan umum nantinya.

4. Persuasif Propaganda

Yang terakhir ada pula persuasif propaganda, yang mana tujuannya adalah untuk menyebarkan berbagai informasi dan juga pemahaman tertentu terhadap sebuah topik. Sehingga pembaca bisa terpengaruh dan dapat melakukan sesuatu.

Misalkan, mengonsumsi makanan cepat saji setiap hari. Mungkin banyak orang tanpa sadar bahwa kebiasaan ini bisa menimbulkan dampak yang negatif pada kesehatan tubuh. Jadi, perlu diketahui dengan baik bahwa dengan menyantap makanan cepat saji setiap hari. Maka bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti meningkatkan resiko diabetes, serangan jantung, kerusakan organ hati, mengalami gangguan kinerja ginjal dan penyakit serius lainnya.

Itu dia ada sedikit informasi mengenai jenis-jenis paragraf persuasif yang bisa Anda lihat seperti diatas. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda!

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More