Website Edukasi No. 1

Pengertian Dan Contoh Kalimat Persuasif Dalam Negosiasi

Pada dasarnya kalimat persuasif ini memang sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, yang mana seperti teks ajakan ataupun imbauan yang diperlihatkan melalui berbagai media, poster ataupun lainnya. Namun, bagi Anda yang mungkin ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang kalimat persuasif dalam negosiasi maka dibawah ini bisa Anda lihat informasinya.

Pengertian dan Kegunaan Kalimat Persuasif Negosiasi

advertisement

Menurut KBBI, kata persuasi ini memiliki arti yaitu mengajak. Di mana cara yang digunakan adalah melalui teks yang ditampilkan di berbagai media. Tak hanya itu saja, penggunaan jenis kalimat persuasif ini digunakan pula untuk menghimbau ataupun meminta orang lain untuk mengerjakan apa yang sedang diperintahkan.

Terlepas dari itu, Anda juga bisa menemukan penggunaan kalimat persuasif ini yang terdapat dalam teks negosiasi. Jadi, melalui teks tersebut, yang mana isinya akan memuat tujuan agar bisa mencapai suatu bentuk kesepakatan dari pihak terkait dengan pihak yang lainnya demi tujuan yang sama.

Selain itu, dengan adanya penggunaan kalimat persuasif seperti ini. Membuat pihak bertujuan agar bisa mendapatkan kesepakatan bersama sesuai dengan kepentingan yang mereka miliki.

Struktur Penggunaan Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi

Agar Anda dapat membuat contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu struktur yang terdapat didalamnya dan hal ini harus diperhatikan dengan baik. Selain itu, penggunaan kalimat tersebut juga harus bisa disesuaikan dengan teks sehingga makna yang terdapat didalamnya tidak akan berubah begitu saja. Berikut ini ada beberapa struktur kalimat persuasif dalam teks negosiasi, diantaranya :

  • Orientasi
  • Permintaan
  • Pemenuhan
  • Penawaran
  • Persetujuan
  • Pembelian
  • Penutup

Contoh Kalimat Persuasif yang Ada Dalam Teks Negosiasi

Agar lebih jelas mengenai kalimat persuasif dalam negosiasi maka berikut ini ada beberapa contoh yang bisa Anda lihat :

  1. Diskon pembelian baju sebesar 50% hanya sampai hari ini saja! Tunggu apalagi, ayo segera beli produk terbaik kami!
  2. Bapak, Ibu, ayo beli produk kami! Masih bisa turun harga kok! Mau tawar berapa dan kami akan bantu carikan! Bapak atau Ibu tidak perlu ragu dengan produk kami karena kualitasnya pasti terjamin bagus dan premium.
  3. Penggunaan produk blender dari kami pasti akan sangat menguntungkan Anda, karena blender dengan merek ini bisa memudahkan Anda segala hal, mulai dari blender bumbu halus, blender jus, hingga blender es batu pun bisa! Jadi, mari jangan ragu lagi untuk membeli produk blender dari kami, mumpung masih diskon.
  4. Mari mulai sekarang saling mengingatkan untuk konsumsi makanan sehat, demi menjaga kesehatan tubuh dan mengikuti program peningkatan gizi bersama.

Bagaimana, apakah sudah mengerti dan paham tentang kalimat persuasif dalam negosiasi? Semoga informasi tentang diatas bisa menambah wawasan Anda mengenai kalimat persuasif.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More