Website Edukasi No. 1

Silabus K13 SD Untuk Tahun Ajar Baru Revisi Terupdate

Wikiedukasi – Sudahkah Anda menyelesaikan Silabus K13 SD dan menyimpannya di file administrasi sekolah Anda?

Jika belum, kami telah menyiapkan file silabus khusus bagi Anda yang mengajar di tingkat SD, khususnya pada sistem pendidikan kurikulum 2013, melalui artikel ini.

Anda dapat langsung mengunduh revisi terbaru dari tautan yang disediakan. Dengan memiliki silabus Kurikulum 2013, yang berfungsi sebagai rencana pembelajaran yang digunakan dalam mengelola suatu mata pelajaran dan mencakup alokasi waktu, materi pembelajaran, standar ketuntasan, uji kompetensi, kompetensi dasar, buku referensi, dan indikator penilaian.

Silabus SD K13 dianggap sebagai salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting karena digunakan sebagai pedoman dan pengantar dalam menyusun kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian materi pelajaran di tingkat SD atau sederajat, yang selalu berisi data.

Aspek penting dari sistem pendidikan kurikulum 2013 meliputi identitas sekolah, penilaian, alokasi waktu, identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, sumber belajar, dan materi pelajaran.

Isi silabus SD yang kami bagikan tidak banyak berubah, hanya penyesuaian yang selalu dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan dalam sistem kurikulum yang berlaku seiring dengan pergantian tahun ajaran yang tentunya akan selalu berinovasi.

Karena silabus dirancang khusus untuk memberikan petunjuk dan bimbingan kepada Anda saat melakukan metode pembelajaran yang efektif dan efisien di kelas selama interaksi tatap muka dengan siswa.

Poin yang Terkandung Dalam Silabus K13 SD

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat pada paragraf sebelumnya mengenai apa yang terdapat dalam silabus K13, kami uraikan pada paragraf ini agar Anda dapat lebih yakin bahwa silabus yang Anda cari sesuai dengan harapan.

Jika dilihat secara keseluruhan dari segi kegiatan tatap muka kelas, revisi terbaru silabus K13 memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berupa garis besar tindakan yang harus dilakukan guru agar siswa dapat mencapai kompetensi yang menjadi targetnya.

Berikut adalah susunan silabus k13 yang kami bagikan untuk Bapak/Ibu Guru.

  • Identitas sekolah
  • KI atau Kompetensi Inti
  • Mata Pelajaran
  • KD (Kompetensi Dasar)
  • Indikator pencapaian siswa
  • Materi Pembelajaran
  • Kegiatan kelas
  • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
  • Penilaian guru lakukan
  • Alokasi waktu
  • Sumber Belajar

Berikut cara bagaimana mengembangkan Silabus Kurikulum 2013

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan salah satu perangkat pembelajaran tersebut, yang dapat dilakukan dengan mengaturnya berdasarkan tiga faktor penting yang dapat mempengaruhi proses pembuatan silabus K13 untuk setiap kelas, yaitu karakteristik siswa, kondisi pembelajaran, dan lingkungan sekolah.

Akibatnya, jika guru ingin membuat perangkat pembelajaran, mereka harus mempertimbangkan semua faktor tersebut.

Selain hal itu, Guru juga memiliki 2 opsi dalam merancang Silabus K13 SD agar lebih optimal.

  • Guru dapat mengaturnya sendiri di sekolah. Pemimpin sekolah, wali kelas, dan guru mata pelajaran semua memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengembangan.
  • Ikut serta dalam kegiatan forum KKG (Kelompok Kerja Guru) atau MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di komunitas Anda. Sebab, pada umumnya sekolah di satu daerah akan menghadapi tantangan serupa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.

8 Hal Paling Mendasar yang Perlu difokuskan Dalam Melakukan Pengembangan Silabus Kurikulum 2013

  • Ilmiah: Setiap materi pembelajaran yang diserap oleh siswa serta seluruh kegiatan yang terkandung dalam Silabus SD harus sesuai dengan kaidah saintifik yang bisa dipertanggungjawabkan.
  • Relevan: Tingkat kesulitan yang terkandung dalam setiap materi pelajaran, serta tugas dan ujian yang dipakai dalam rancangan Silabus SD Kurikulum 2013 harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, emosional, sosial, spritual, dan intelektual dari siswa.
  • Sistematis: Dalam melakukan penyusunan suatu kompetensi yang tepat, setiap komponen Silabus Kurikulum 2013 SD harus terkandung kesinambungan secara fungsional.
  • Konsisten: Beberapa hal seperti materi pokok pelajaran, Kompetensi dasar, kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar harus memiliki kesinergisan satu sama lain.
  • Fleksibel: Bisa dikatakan bahwa Silabus K13 dapat menerapkan akomodasi dalam perubahan yang terjadi pada siswa dan lingkungan pendidikan di sekolah.
  • Menyeluruh: Setiap poin yang terkandung dalam Silabus harus selalu membahas secara menyeluruh kompetensi siswa seperti halnya aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
  • Memadai: Komponen ini dapat menjangkau setiap kompetensi dasar yang akan diraih oleh siswa.
  • Aktual dan Kontekstual: Silabus SD/MI Kurikulum 2013 dapat menyesuaikan dengan perubahan terkini dan perkembangan yang dapat terjadi dari segi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Tema – Tema Dalam Silabus K13 SD

Oke setelah beberapa penjelasan singkat silahkan langsung saja download silabus k13 SD yang sesuai dengan yang anda cari dari link di bawah ini :

Silabus K13 SD Kelas 1
Memiliki 8 tema, Yaitu:
Tema 1 : Diriku
Tema 2 : Kegemaranku
Tema 3 : Kegiatanku
Tema 4 : Keluargaku
Tema 5 : Pengalamanku  
Tema 6 : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Tema 7 : Tanaman, Benda, dan Hewan di Sekitarku
Tema 8 : Peristiwa Alam

Silabus K13 SD Kelas 2
Memiliki 8 tema, Yaitu:
Tema 1 : Hidup Rukun
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku
Tema 3 : Tugasku Sehari-hari
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Tema 5 : Aku dan Sekolahku
Tema 6 : Air, Bumi, dan Matahari
Tema 7 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Tema 8 : Keselamatan di tempat tinggal dan di Perjalanan

Silabus K13 SD Kelas 3
Memiliki 8 tema, Yaitu:
Tema 1 : PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN 
Tema 2 : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Tema 3 : PERUBAHAN DI ALAM
Tema 4 : PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL 
Tema 5 : CUACA 
Tema 6 : ENERGI DAN PERUBAHANNYA 
Tema 7 : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 
Tema 8 : PRAJA MUDA KARANA 

Silabus K13 SD Kelas 4
Memiliki 9 tema, Yaitu:
Tema 1 : INDAHNYA KEBERSAMAAN
Tema 2 : SELALU BERHEMAT ENERGI
Tema 3 : PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
Tema 4 : BERBAGAI PEKERJAAN  
Tema 5 : PAHLAWANKU  
Tema 6 : INDAHNYA NEGERIKU
Tema 7 : CITA-CITAKU   
Tema 8 : TEMPAT TINGGALKU  
Tema 9 : MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI

Silabus SD Kelas 5 k13
Memiliki 9 tema, Yaitu:
Tema 1 : BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR
Tema 2 : PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN
Tema 3 : KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT 
Tema 4 : SEHAT ITU PENTING 
Tema 5 : BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA 
Tema 6 : ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN 
Tema 7 : SEJARAH PERADABAN MANUSIA   
Tema 8 : EKOSISTEM   
Tema 9 : LINGKUNGAN SAHABAT KITA 

Silabus K13 Kelas 6
Memiliki 9 tema, Yaitu:
Tema 1 : SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP 
Tema 2 : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
Tema 3 : TOKOH DAN PENEMUAN   
Tema 4 : GLOBALISASI 
Tema 5 : WIRAUSAHA. BG. BS. RPP K13 
Tema 6 : MENUJU MASYARAKAT SEHAT 
Tema 7 : KEPEMIMPINAN   
Tema 8 : BUMIKU   
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR

Penting!!! Lihat juga kumpulan Silabus K13 (SD, SMP, SMA)

Sebaiknya guru menekankan bahwa silabus SD K13 revisi terbaru menggunakan format file winrar, jadi harus di extract terlebih dahulu sebelum membuka file silabus.

Karena file disimpan dalam format .doc, Anda dapat mengedit perangkat pembelajaran silabus K13 SD menggunakan Microsoft Office atau perangkat sejenis (dokumen).

Oke, mari kita akhiri dengan apa yang dapat kami sajikan tentang silabus k13 untuk tingkat sekolah dasar, yang akan dapat mengoptimalkan kinerja Anda di tahun ajaran mendatang.

Kami berharap informasi dalam artikel ini dapat memudahkan Anda untuk berprestasi sebagai pegawai negeri dan pendidik dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Selain itu, besar harapan kami kepada para guru di tahun ajaran ini agar silabus k13 untuk tingkat SD dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam memberikan pengajaran yang terbaik kepada tunas-tunas muda kita sebagai generasi bangsa demi masa depan yang gemilang bagi Indonesia.

Jika Anda menemukan sesuatu yang kurang menarik dalam artikel ini, seperti file yang tidak sesuai dengan harapan Anda atau kalimat tertulis, kami mohon maaf sebesar-besarnya dan tinggalkan kritik dan saran untuk dijadikan bahan evaluasi kami kedepannya.

Terima kasih atas kunjungannya, dan mohon periksa kembali untuk pembaruan pada file perangkat pembelajaran lainnya, yang tentu saja dibuat dengan tujuan dan harapan yang sama dengan Wikiedukasi.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More