Website Edukasi No. 1

Silabus SD Kelas 6 Semester 1 dan 2 Lengkap Semua Mata Pelajaran

Wikiedukasi – Kami sediakan Silabus SD Kelas 6 Semester 1 dan 2 teruntuk Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang tersebut. Perlu diketahui bahwa Silabus tersebut merupakan pembaharuan dari kumpulan referensi silabus yang sudah ada.

Guru, siswa, materi pelajaran, metode, sumber belajar, dan media hanyalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas kelas. Unsur-unsur ini membantu dalam memaksimalkan kegiatan belajar-mengajar.

Setiap komponen saling berhubungan dan saling mendukung. Silabus Kelas 6 adalah kerangka pembelajaran yang mencakup gambaran singkat tentang bagaimana merencanakan kegiatan belajar siswa.

Perencanaan berfungsi sebagai panduan untuk menyusun setiap informasi atau materi pelajaran. Materi pembelajaran yang memuat konsep, prinsip, dan fakta relevan yang dirumuskan guru sebagai indikator pencapaian siswa merupakan salah satu komponen terpenting.

Untuk menjadi alat pembelajaran, desain harus sistematis dan terstruktur. Oleh karena itu, Revisi Silabus K13 Kelas 6 merupakan salah satu langkah mendasar bagi guru untuk merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk setiap tema yang diajarkan pada Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013.

Silabus untuk Kelas 6 ini merupakan salah satu instrumen yang melengkapi perangkat pembelajaran dalam mendukung produktivitas guru yang memiliki fungsi fundamental dalam merencanakan kegiatan pembelajaran untuk periode semester 1 dan 2. Jika dilihat lebih mendalam bahwa Silabus tersebut sudah dilengkapi dengan komponen perangkat lainnya yang bisa Bapak/Ibu unduh juga pada tautan yang telah kami sediakan di bawah.

Jika secara mendetil kita lihat fungsi dari Silabus revisi terbaru ini, kita akan menemukan bahwa setiap perangkat pembelajaran memiliki peran dan fungsi yang sama dalam mengoptimalkan kinerja guru, namun perlu diingat bahwa akan selalu ada beberapa penyesuaian yang mengikuti pergantian tahun ajar baru dalam beberapa periode tertentu. Dalam kata lain, penyesuaian yang dilakukan tersebut tidak lain memiliki tujuan untuk semakin mengoptimalkan metode pembelajaran yang efektif selama program belajar mengajar berjalan.

Disamping itu, Jika secara ringkas kita paparkan mengenai definisi Silabus sendiri kita juga bisa menyebutnya juga sebagai tabel yang berisi sekumpulan susunan gagasan pembelajaran pada suatu kelompok mapel khusus yang melingkupi beberapa bagian, yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, penilaian indikator, materi pembelajaran, alokasi waktu, dan sebagainya.

Dengan dibagikannya silabus SD kelas 6 secara daring, diharapkan dapat menjangkau seluruh Guru untuk dapat dimanfaatkan langsung dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mengimplementasikannya di kelas sesuai dengan metode yang Bapak/Ibu gunakan selama ini.

Mengulas Tentang Silabus K13 SD

Untuk belajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, silabus adalah sumber daya yang paling penting. Program ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk perencanaan pengelolaan kegiatan.

Pembelajaran tematik, kelompok kecil, dan pembelajaran individu adalah beberapa contohnya. Bahkan, alat ini sangat bermanfaat dalam pengembangan sistem penilaian.

Guru merupakan panutan bagi siswa dalam hal pengembangan karakter. Guru sebagai pendidik karakter harus menanamkan nilai-nilai kehidupan positif kepada siswa yang akan bermanfaat bagi mereka sekarang dan di masa yang akan datang.

Pembelajaran tematik sarat dengan pengetahuan bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh karakternya. Karena karakter begitu penting dan mendasar bagi perkembangan seorang siswa.

Siswa kelas 6 yang berakhlak dan berbudi pekerti yang baik adalah mereka yang memiliki akhlak dan moral yang baik baik secara individu maupun sosial.

Persoalan budi pekerti atau akhlak tidak sepenuhnya diabaikan oleh lembaga pendidikan, namun fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa lembaga pendidikan telah gagal dalam menumbuhkembangkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia.

Hal ini dikarenakan pelajaran ilmu agama dan akhlak hanya diajarkan oleh guru agama di sekolah. Guru kelas 6, di sisi lain, memainkan peran penting dalam membantu siswa mengembangkan akhlak mulia.

Akibatnya, guru harus memanfaatkan waktu mengajar dengan memasukkan pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ke dalam perangkat pembelajaran Silabus K13 Kelas 6. Sehingga proses belajar siswa yang lebih efisien dan efektif dapat dilaksanakan.

Sehingga guru yang baik dapat membawa perubahan positif, menjadikan siswa cerdas, mampu memahami dan memecahkan masalah, serta membangun karakter positif. Akibatnya, guru yang membuat perangkat pembelajaran harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kepribadian siswa, materi pelajaran, dan penilaian berdasarkan kompetensi dasar masing-masing topik.

Komponen-komponen Silabus Kelas 6 pada Semester 1 saling terkait, sehingga menghasilkan penyusunan yang sistematis berdasarkan kurikulum 2013, yang memiliki karakteristik unik untuk masing-masing sekolah.

Untuk lebih jelasnya mengetahui apa isi dari Tema yang terkandung dalam silabus SD Kelas 6 semester 1 dan 2 ini, kami paparkan sedikit pada paragraf di bawah ini.

• Tema 1 : SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
• Tema 2 : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
• Tema 3 : TOKOH DAN PENEMUAN
• Tema 4 : GLOBALISASI
• Tema 5 : WIRAUSAHA. BG. BS. RPP K13
• Tema 6 : MENUJU MASYARAKAT SEHAT
• Tema 7 : KEPEMIMPINAN
• Tema 8 : BUMIKU
• Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR

Unduh Perangkat Silabus SD Kelas 6 Semester 1 dan 2

Setelah apa yang kami informasikan mengenai apa yang terkandung dalam Silabus tersebut, kini Bapak/Ibu bisa langsung mengunduhnya pada tautan di bawah ini.

Semester 1

Semester 2

Kami sediakan pula Silabus SD untuk kelas lainnya yang kami siapkan pada tautan di bawah ini:

Lengkapi juga kumpulan perangkat pembelajaran lainnya untuk kelas 6 dengan mengunduhnya juga pada tautan di bawah:

Penutup

Kami sudahi dulu terkait informasi perangkat pembelajaran pada penulisan kali ini dalam rangka mengoptimalkan kinerja Bapak/Ibu di tahun ajar yang baru ini. Semoga apa yang kami suguhkan pada kesempatan kali ini bisa memberikan sedikit kontribusi kepada Bapak/Ibu sebagai pelaku pendidikan yang mengabdi dalam mencerdaskan putra putri bangsa.

Model welkbed digunakan untuk membuat silabus tematik. Siswa akan terlibat dalam kegiatan belajar berdasarkan berbagai mata pelajaran, termasuk matematika, bahasa Indonesia, PKn, seni, IPS, dan IPA.

Sedangkan bahan ajar utama untuk menyesuaikan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran merupakan kombinasi pembelajaran dari setiap topik dan subtopik yang terikat secara alamiah.

Format .doc (dokumen) digunakan dalam silabus K13 Kelas 6 yang kami bagikan. Jika Anda perlu melakukan perubahan, silakan gunakan Microsoft Office atau perangkat lunak serupa.

Dan besar harapan kami melalui berkas silabus SD Kelas 6 semester 1 dan 2 ini, bisa semakin menambah kualitas kinerja Bapak/Ibu yang secara khusus bagi yang mengajar di jenjang kelas 6 SD. Apabila selama penulisan Bapak/Ibu menemukan kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak sesuai dengan ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dimaafkan dan mohon juga tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi kami kedepannya. Sebagai bentuk ucapan terimakasih, kami akan terus menghadirkan informasi terkait perangkat pembelajaran terbaru yang bisa Bapak/Ibu unduh di kesempatan berikutnya hanya di Wikiedukasi.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More