Website Edukasi No. 1

5 Jenis Format File yang Paling Sering Digunakan

Jenis Format File – Pada halaman ini Anda akan mendownload salah satu dokumen dari situs Wikiedukasi.com, namun perlu diperhatikan setiap dokumen tersebut bisa saja memiliki format file yang berbeda. Oleh karena itu Anda wajib mengetahui supaya tidak keliru dan dapat dengan mudah membuka maupun mengeditnya.

–||– –||–

Terdapat 5 Jenis Format File yang Paling Sering digunakan ketika bekerja di perkantoran atau tempat kerja yang kesehariannya menggunakan Internet. Apa saja format file tersebut? Berikut ini jenis-jenis dan penjelasannya :

Format PDF

Salah satu jenis file yang paling populer untuk dokumen digital saat ini adalah PDF (Portable Document Format). Format ini populer karena lebih rapi dan terjaga integritasnya saat dibuka dengan berbagai perangkat. Begitu banyak orang yang tertarik untuk mempelajari cara membuat PDF dengan cepat dan elegan.

Format Doc – Docx (Microsoft Office Word)

Sebelum Microsoft Word 2003, dokumen disimpan dalam ekstensi file .doc. Tentang. docx, ini adalah format file yang digunakan oleh Microsoft Word 2007 dan versi yang lebih baru, 2010, 2013, dan 2016.

Format Xls – Xlsx (Microsoft Office Excel)

File Excel dalam format XLS untuk versi 5.0/95, 1997, dan 2003. File buku kerja Excel 2007, 2010, dan 2013 dalam format Xlsx. Perintah makro dalam file ini tidak dapat disimpan. xlsm: file buku kerja untuk Excel 2007 hingga 2016 menyertakan makro.

advertisement

Format .Rar (Winrar)

Di PC, Rar adalah salah satu jenis file yang paling disukai dan sering digunakan. File yang lebih besar diarsipkan menggunakan Rar untuk menghemat ruang pada hard drive dan membuat transfer lebih sederhana. Karena mereka memiliki ekstensi .rar, file RAR mudah diidentifikasi.

Format .Zip (Winrar – Winzip)

Di dunia MS-DOS dan Windows, ZIP adalah format kompresi yang banyak digunakan. Satu file ZIP dapat memadatkan beberapa file menjadi satu dan mengecilkan ukurannya (file zip). Ada banyak alat yang tersedia untuk mengubah file ZIP ini, termasuk program freeware PKZIP dan PKUNZIP untuk MS-DOS dan WinZip untuk Windows 95. (gratis untuk UNIX).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More