Website Edukasi No. 1

Kata Pengantar Makalah: Pengertian, Contoh, Cara Membuat

Kata Pengantar makalah adalah kata pembuka dalam penulisan karya ilmiah , kata pengantar merupakan kesatuan keterangan mengenai tujuan dan maksud kita mengajukan suatu karya atau pernyataan kepada pihak lain.

Kata pengantar makalah individu merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang berisi gagasan pribadi dari penulisnya. Kata pengantar biasanya berisi ringkasan singkat isi makalah, dan memuat latar belakang atau landasan teori yang dijadikan sebagai dasar kajian.

Kata pengantar makalah kelompok adalah kata pengantar yang berisi kalimat- kalimat khusus atau keterangan penting dari penulis guna mengambarkan suatu makalah tentang topik kajian yang akan diuraikan. kata pengantar makalah kelompok biasanya ditulis oleh kelompok pada awal makalah dan berisi keterangan tentang latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil dan kesimpulan yang diperoleh.

Cara Membuat

Kata pengantar biasanya berisi kalimat-kalimat sebagai berikut:

  1. Buatlah kalimat yang sopan dan menyampaikan permohonan maaf karena telah menggangu.
  2. Ucapkan terima kasih atas kesediaan membaca makalah ini.
  3. Berikan keterangan singkat tentang isi makalah.
  4. Tunjukkan tujuan dan manfaat penulisan karya ini.
  5. Berikan saran-saran untuk pembaca selanjutnya.

Contoh kata pengantar makalah:

Berikut ini beberapa contoh kata pengantar makalah yang dapat digunakan, silahkan pilih saja salah satu yang menurut anda paling tepat dan sesuai.

advertisement

Contoh #1. Individu / Perorangan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada Anda yang telah membaca makalah ini. Kami menulis makalah ini dengan tujuan untuk memenuhi kompetensi kami masing-masing dalam kuliah kedokteran. Semoga koleksi karya kami ini bermanfaat bagi pembaca selanjutnya.

Jika Anda menemukan kesalahan dalam penulisan, saya mohon maaf. Kami akan segera memperbaiki kesalahan tersebut.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian kata pengantar yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Sekian, terimakasih.

Penulis’
Jesika Iskandar

Contoh #2 Kelompok

Assalamualaikum Wr. Wb,

Kami ucapkan terima kasih sebelumnya karena Anda telah membaca karya kami ini. Kami menulis dengan tujuan untuk mendapatkan kompetensi dan bila ada kesalahan kami mohon maaf. Semoga karya ini bermanfaat bagi Anda selanjutnya.

Demikian kata pengantar yang kami sampaikan, wassalamualaikum Wr. Wb.

Sekian, terima kasih.

Contoh #3 Kelompok

Assalamualaikum Wr. Wb,

Pertama kami ucapkan salam kenal dan permisi karena telah membaca karya kami yang berjudul “Kegiatan Tugas Akhir Fisioterapi Dewi Sartika”. Kami telah menuliskan karya ilmiah kami ini sebagai tugas akhir kami di jurusan kedokteran. Kami menulis karya ini dengan tujuan untuk memenuhi kompetensi yang kami miliki dan bila kami menemukan kesalahan kami mohon maaf. Semoga karya kami ini dapat bermanfaat bagi Anda selanjutnya.

Jika ada kritik dan saran yang membangun kami mohon untuk diterima dengan senang hati. Wassalamualaikum Wr. Wb

Sekian kata pengantar kami, terimakasih.

Contoh #4 Perorangan

Assalamualaikum Wr. Wb,

Sebelum kami jumpa lagi saya ucapkan permisi sekali lagi karena telah membaca karya kami yang berjudul “Kegiatan Tugas Akhir Kedokteran Gigi Nadia Kusuma”. Saya telah menuliskan karya ini sebagai tugas akhir di jurusan kedokteran gigi. Saya menulis karya ini dengan tujuan untuk memenuhi kompetensi yang saya miliki dan bila anda menemukan kesalahan saya mohon maaf. Semoga karya ini dapat bermanfaat bagi Anda selanjutnya.

Jika ada kritik dan saran yang membangun kami mohon untuk diterima dengan senang hati. Wassalamualaikum Wr. Wb

Sekian kata pengantar, terimakasih.

Penulis,
Baim Wong

Dicukupkan sekian dulu ya, semoga saja tulisan sesingkat ini dapat memberikan informasi yang memadai bagi semua teman-teman. Nantikan artikel-artikel menarik pembahasan seputar makalah dan karya tulis lainnya. Oleh karena itu selalu kunjungi situs Wikiedukasi.com.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More