Website Edukasi No. 1

KKM kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2022 Lengkap

Salah satu komponen penting lain yang harus ada di sekolah adalah KKM atau yang biasa disebut dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Komponen ini memiliki isi yang terbilang lengkap untuk menunjang penilaian siswa. Begitu juga untuk KKM kelas 6, tentunya dipenuhi dengan beberapa kriteria penunjang yang penting untuk dipakai.

Karena tergolong komponen penting, maka pembuatannya haruslah diperhatikan. Jika merasa kesulitan dalam pembuatannya, maka harus melihat contoh format yang bisa dijadikan acuan. Untuk mengetahuinya, maka akan dijelaskan secara jelas mengenai isi serta contoh formatnya. Berikut adalah uraian lengkapnya:

Baca Juga: Cara Menentukan dan Menghitung Nilai KKM

Isi KKM Kelas 6

Dalam penyusunannya, ada beberapa komponen penting yang termasuk isi dari KKM. Ika diperinci, setidaknya ada tiga poin utama. Sebelum membuat KKM, maka poin-poin ini penting untuk diperhatikan. Simak tiga poin tersebut beserta dengan uraian lengkapnya yang bisa dipakai acuan untuk pembuatan KKM di bawah ini:

1. Karakteristik Peserta Didik

Isi pertama dari KKM adalah karakteristik peserta didik. Dalam penyusunannya, poin satu ini sangat penting. Jika tidak tahu seperti apa peserta didiknya, maka KK tidak akan bisa ditentukan dengan mudah. Karena tidak disesuaikan dengan baik, maka siswa sendiri yang akan kesulitan mendapatkan bahan ajar.

2. Karakteristik Mata Pelajaran

advertisement

Isi kedua adalah perihal karakteristik mata pelajaran. Maksud dari poin ini adalah seberapa sulit suatu mata pelajaran. Penentuan ini bisa dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya dengan musyawarah antar guru yang mengampu mata pelajaran tersebut. Sehingga, penentuannya bisa sesuai dan tidak memberatkan.

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan mengenai hal ini. Mulai dari jumlah KD, keluasan KD, kedalaman KD, hingga perlu atau tidaknya suatu KD sebagai prasyarat. Dengan demikian, maka bahan ajar yang disampaikan kepada siswa akan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya secara bersamaan.

3. Kondisi Sekolah

Kondisi sekolah juga masuk dan mempengaruhi isis KKM. Ada banyak komponen lain di dalamnya. Mulai dari kompetensi pendidik, jumlah peserta didik, badan akreditasi sekolah. Semua poin ini penting untuk dipahami lebih lanjut agar penyusunan dan isi KKM bisa sesuai dengan lingkungan sekolah secara keseluruhan.

Lalu untuk sarana dan prasarana juga tergolong penting. Dengan adanya poin tambahan ini, maka penyusunan hingga isi dari KKM itu sendiri bisa sesuai dengan kebutuhan. Siswa juga bisa mengikuti dan mencapai KKm yang sudah dibuat. Dengan demikian, semua akan berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Contoh Format KKM

Untuk KKM kelas 6 sendiri, ada format khusus yang sudah disediakan. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kelas lainnya. hanya saja, ada beberapa poin isi yang membedakan. Karena dokumen ini penting, maka penyusunannya tidak bisa sembarangan. Jika masih bingung dengan isi dan cara pembuatannya, maka bisa melihat contoh yang ada.

Untuk itu, pada uraian ini juga akan diberikan tautan unduhan untuk contoh formatnya. Dengan demikian, pembuatan KKM akan lebih mudah karena hanya perlu melakukan penambahan pada isi dan beberapa bagian saja. Berikut adalah tautan yang bisa dipakai sebagai acuan pembuatan KKM untuk kelas 6:

Dengan adanya contoh format ini, maka perbuatannya akan jauh lebih mudah, singkat, dan sederhana. Hal yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan dengan lingkungan siswa dan sekolah. Dengan begitu, pembuatannya akan lebih cepat karena ada bahan acuan berdasarkan isi dari tautan yang ada di atas.

Itulah penjelasan lengkap tentang isi KKM kelas 6 beserta dengan contoh formatnya. Untuk contoh formatnya bisa diunduh di tautan yang sudah disediakan. Melalui langkah tersebut, maka proses pembuatan akan mudah dan cepat. Tidak perlu berpikir ulang, hanya perlu memasukkan isi yang sudah disesuaikan.

Baca juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More