Website Edukasi No. 1

KKM Kelas 5 Revisi 2022 Beserta Link Download Lengkap

KKM Kelas 5 merupakan sebuah kriteria penentuan kelulusan siswa setelah menjalani kegiatan belajar selama semester 1 dan 2 dalam satu tahun ajaran. Biasanya Kriteria Ketuntasan Minimal ini akan ditetapkan oleh satuan pendidikan atau berdasarkan kesepakatan bersama para guru mata pelajaran yang dinyatakan dengan sebuah angka.

Untuk memudahkan para guru dalam menentukan nilai minimal tersebut yaitu dengan mempertimbangkan beberapa komponen. Misalnya saja seperti nilai kompleksitas, kemampuan siswa hingga sarana pendukung atau satuan pendidikan. Setelah itu barulah nilai disahkan dan bisa secara resmi digunakan untuk mengisi nilai raport. Lantas sebenarnya apa fungsi dari KKM itu sendiri? Simak ulasan lengkapnya berikut:

Fungsi KKM Kelas 5

Dalam setiap kegiatan belajar mengajar tentunya terdapat standar nilai kelulusan yang perlu dicapai oleh seorang siswa. Namun selain itu, fungsi lain dari KKM yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Acuan Penilaian Sesuai KD Mapel

Fungsi pertama dari KKM yang patut diketahui adalah sebagai acuan penilaian seorang guru pada siswa selama tahun ajaran berlangsung. Pastinya guru harus memberikan respon yang tepat untuk pencapaian kompetensi dasar. Sehingga bisa ditentukan apakah siswa perlu mendapatkan soal pengayaan atau remedial untuk mengulang.

2. Menyiapkan Kemampuan Peserta Didik

Tidak hanya itu, KKM juga menjadi poin penting untuk menyiapkan kemampuan seorang peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan begitu, siswa bisa menyiapkan dirinya agar bisa mengikuti pembelajaran dan mendapatkan penilaian sesuai KKM yang berlaku. Apabila tidak mencapai standar tersebut, maka siswa perlu melakukan perbaikan atau mendapatkan layanan remedial yang harus diselesaikan sesuai ketentuan.

advertisement

3. Sebagai Komponen untuk Mengevaluasi Kegiatan Pembelajaran

Dalam sebuah program pembelajaran di sekolah pastinya membutuhkan bahan evaluasi untuk perbaikan. Hal ini bisa didapatkan dari keberhasilan pencapaian KKM. Hasil pencapaian inilah yang nantinya akan dianalisis dan dipetakan sesuai kompetensi. Mulai dari perbaikan proses belajar mengajar, hingga pemenuhan sarana prasarana belajar yang ada di satuan pendidikan.

4. Untuk Memaksimalkan Proses dan Penilaian Pembelajaran

Keberhasilan pencapaian pada Kriteria Ketuntasan Minimal inilah yang nantinya berguna untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Peserta didik akan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, guru memaksimalkan proses pembelajaran, hingga orang tua yang mendukung siswa mengikuti pembelajaran dengan sepenuh hati.

Bahkan disisi lain, kepala sekolah juga berupaya memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada untuk memberikan kenyamanan. Semuanya berkesinambungan untuk memaksimalkan pencapaian siswa dan memberikan yang terbaik.

5. KKM Kelas 5 Mendukung Pencapaian Kompetensi Setiap Mata Pelajaran

Setiap sekolah harus berupaya semaksimal mungkin agar peserta didiknya dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal sesuai yang telah disepakati bersama. Keberhasilan pencapaian inilah yang nantinya menjadi tolak ukur kinerja sebuah satuan pendidikan. Maka dari itu, semua orang bekerjasama agar menjadikan sekolah memiliki KKM yang tinggi untuk menentukan kualitas mutu pendidikan tersebut.

Unduh KKM Kelas 5 Semester 1 dan 2

Hasil penilaian maupun evaluasi belajar siswa memang sangat penting sebagai penentu keberhasilan siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Guru pun menggunakan KKM untuk semester 1 dan 2 yang sekaligus sebagai landasan tepat dalam memberikan nilai. Untuk mempermudahnya, berikut adalah format KKM yang bisa diunduh secara gratis, yaitu:

Nah itulah ulasan singkat mengenai KKM Kelas 5 semester 1 dan 2 yang bisa sekaligus diunduh filenya. Tentunya hal ini memudahkan para guru untuk menentukan kriteria yang akan disesuaikan dengan kemampuan siswa sekaligus satuan pendidikan yang ada. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More