Website Edukasi No. 1

KKM Kelas 2 Terbaru Revisi 2022 Lengkap

Wikiedukasi - Postingan mengenai KKM Kelas 2 Terbaru Revisi 2022 Lengkap bisa Anda baca di sini secara menyeluruh.

Di tahun ajaran pada semester pertama dan kedua, KKM kelas 2 berperan sebagai alat bantu bagi para pengajar untuk mengukur kompetensi peserta didik. Kriteria ketuntasan minimum disesuaikan dengan kurikulum 2013, dengan tujuan mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa. Kemampuan ini dilihat melalui pembelajaran menyeluruh beserta tes akhir.

Pengertian dan Prinsip KKM

KKM bermanfaat untuk membuat rentang nilai terhadap kemampuan siswa dalam sebuah mata pelajaran. Komponen ini berarti kriteria terendah yang menyatakan apabila peserta didik sudah mencapai ketuntasan dari sebuah mata pelajaran. Kriteria ini sudah ditentukan dari satuan pendidikan, mengacu dengan standar kompetensi lulusan.

Dalam KKM, ada tiga indikator utama yang menjadi bahan penilaian. Masing-masing dapat diberi nilai dengan rentang mulai 40 hingga 100. Tiga indikator utama tersebut adalah kompleksitas, daya dukung, serta intake (kemampuan siswa). Dalam menetapkan KKM terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • KKM merupakan kegiatan untuk mengambil keputusan, baik kualitatif (berasal dari kemampuan akademis) hingga kuantitatif (rentang angka yang telah disepakati).
  • Kriteria ketuntasan dari masing-masing kompetensi dasar (KD) adalah rata-rata yang didapatkan dari indikator dalam KD tersebut.
  • KKM dari semua mata pelajaran adalah rata-rata dari seluruh KKM KD di satu semester. Angka ini wajib tercantum dalam rapor hasil belajar dari siswa.
  • Indikator merupakan dasar untuk membuat instrumen penilaian, sehingga diperlukan perbedaan indikator antara satu mata pelajaran dengan yang lainnya.

Contoh Kompetensi Inti Dalam KKM Kelas 2

Dalam susunan KKM, terdapat kompetensi inti (KI) yang akan menjadi acuan penilaian sesuai KKM. Ini adalah contoh KI untuk kelas 2 semester pertama, dengan tema ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari:

advertisement

K1 1: Menerima, memaknai, dan mempraktikkan ajaran agama sesuai yang dianut.

K1 2: Menunjukkan perilaku yang mengutamakan kejujuran, bersikap disiplin, bertanggung jawab, sopan, peduli, dan menjaga kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

KI 3: Memahami seputar pengetahuan dengan melakukan pengamatan langsung (mendengarkan, melihat) kemudian bertanya dan menjelaskan kembali tentang diri, ciptaan Tuhan, serta benda di sekitar.

KI 4: Menjelaskan pengetahuan yang dimiliki dengan bahasa jelas, runtut, serta logis dengan tindakan yang menunjukkan perilaku berakhlak.

Penjelasan di atas membahas beberapa keterangan tentang capaian yang perlu dinilai berdasarkan standar KKM. Nantinya indikator tersebut akan dibagi lagi menjadi beberapa target yang lebih detail.

Contoh Format Capaian KKM

Setelah menyusun kompetensi inti, guru dapat mengajarkannya menjadi bentuk yang lebih spesifik untuk setiap tema. Berikut ini ditampilkan beberapa contoh penjabaran tema tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi halaman berikut ini:

1. Tema 1: Tanah Air

  • Meyakini dan memahami hubungan antara simbol lambang negara dengan Pancasila.
  • Menceritakan kembali hubungan antara simbol lambang negara dengan Pancasila.
  • Menghargai aturan yang diberlakukan di area sekolah maupun tempat umum.
  • Menampilkan sikap saling menghargai dan bersatu terhadap keberagaman yang ada di sekolah.

2. Tema 2: Hidup Rukun

  • Menirukan ungkapan yang berisi ajakan atau perintah mengenai lagu atau cerita yang menjelaskan sikap rukun.
  • Memahami cara mengungkapkan permintaan maaf serta tolong.
  • Menyampaikan ungkapan yang santun untuk hidup rukun di tengah keberagaman.

3. Tema 3: Bilangan Cacah

  • Menjelaskan tentang bilangan cacah serta menentukan apa lambang yang tepat sesuai nilai tempat.
  • Mengurutkan bilangan mulai besar menuju kecil atau sebaliknya.
  • Menjumlahkan dan mengurangi bilangan cacah di kehidupan sehari-hari.

Download Format KKM Kelas 2

Cuplikan di atas merupakan salah satu bagian yang ada pada kriteria ketuntasan minimal KKM/KBM Kurikuum 2013, untuk mendapatkan format secara lengkap silahkah unduh melalui tautan berikut!

Itulah pembahasan tentang KKM kelas 2 yang digunakan sebagai dasar dalam menilai kemampuan peserta didik. Dalam KKM yang diperuntukkan bagi penilaian kelas 2, guru bisa memberi penilaian dengan lebih terarah sesuai kurikulum yang berlaku. Setiap tema besar bisa dikembangkan menjadi beberapa standar capaian untuk melihat kemampuan anak di setiap mata pelajaran.

Baca juga:

Dicukupkan sekian pembahasan mengenai KKM Kelas 2 Terbaru Revisi 2022 Lengkap yang dapat admin jelaskan mudah-mudahan Artikel tersebut bisa memberikan jawaban yang Anda dicari selama ini.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More