Website Edukasi No. 1

Prota Kelas 6 Revisi 2022 Terlengkap

Wikiedukasi - Postingan soal Prota Kelas 6 Revisi 2022 Terlengkap bisa Anda baca di sini mencakup keseluruhan.

Kelas 6 merupakan masa akhir dalam jenjang SD. Pada saat ini, siswa mulai dihadapkan dengan lebih banyak tantangan untuk memasuki jenjang selanjutnya yaitu SMP. Untuk itu sebagai pengajar perlu menyusun prota kelas 6 yang sesuai dengan kompetensi dasar. Penyusunan prota akan menjadi bekal bagi guru untuk merancang kegiatan mengajar sehari-hari.

Seputar Program Tahunan

Program tahunan (prota) merupakan dasar acuan yang berisi materi selama satu tahun penuh. Menjelang datangnya tahun 2022, pengajar mulai menyiapkan bahan ajar untuk satu tahun penuh. Untuk itu perlu memperhatikan indikator berupa kompetensi dasar yang ingin diajarkan, alokasi waktu, beserta tema besar yang hendak dicapai.

Dalam menyusun prota, guru perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, perlu mengidentifikasi jumlah dari kompetensi dasar beserta indikatornya selama setahun. Kedua, merencanakan kedalaman dari materi yang diajarkan. Ketiga, membuat pemetaan dari kompetensi tiap semester. Keempat, membuat pengaturan waktu untuk setiap tema dasar dengan melihat jumlah minggu efektif.

Prota Kelas 6 Semester Satu

Dalam program tahunan yang disusun untuk siswa kelas 6, terdapat sembilan tema besar. Setiap tema besar memiliki sub topik, yaitu pengembangan yang berhubungan dengan tema utamanya. Karakteristik dari materi kelas 6 yaitu lebih berfokus pada penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah gambaran besar dari tema yang akan muncul dalam setahun ajaran kelas 6:

  • Satu, menjaga keselamatan makhluk hidup. Memiliki tiga sub tema: tumbuhan adalah temanku, hewan adalah temanku, dan mari selamatkan kelangsungan hidup tumbuhan serta hewan.
  • Dua, persatuan dalam sebuah perbedaan. Ada tiga topik tambahan: rukun di tengah perbedaan, bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, dan kesatuan yang membuat kita teguh.
  • Tiga, tokoh serta penemuannya. Terdapat tiga sub tema: penemu yang dapat mengubah dunia, penemuan yang ada di dunia beserta manfaatnya, dan mari menjadi penemu.
  • Empat, globalisasi. Terbagi menjadi tiga topik: globalisasi yang ada di sekitar, manfaat dari adanya globalisasi, dan hubungan globalisasi dengan mencintai tanah air.
  • Lima, wirausaha. Memiliki tiga topik: kesuksesan yang berasal dari kerja keras, usaha yang ada di lingkunganku, dan mari belajar berwirausaha.

advertisement

Prota Kelas 6 Semester Dua

Bagian ini merupakan lanjutan dari semester yang pertama. Dimulai dari topik keenam hingga kesembilan, yakni seperti berikut:

  • Enam, mencapai kesejahteraan dalam masyarakat. Ada tiga sub tema: masyarakat yang peduli akan lingkungan, membangun kesejahteraan untuk bersama, dan masyarakat sejahtera untuk negara yang kuat.
  • Tujuh, sifat kepemimpinan. Terdapat tiga topik: pemimpin yang ada di seitar, pemimpin yang kuidolakan, dan mari belajar memimpin.
  • Delapan, bumi. Ada tiga sub tema: perbedaan waktu serta pengaruhnya dalam kehidupan, bumi serta musimnya, dan mengenal benda langit (bumi, bulan, matahari).
  • Sembilan, menjelajah luar angkasa. Memiliki tiga sub tema: betapa menakjubkannya keteraturan, jenis benda yang terdapat di angkasa luar serta rahasianya, dan tokoh yang pernah menjelajah luar angkasa.

Seluruh tema yang terdapat di prota kelas 6 sebenarnya tidak lagi asing, karena pernah dibahas pada jenjang sebelumnya. Hanya saja, setiap naik kelas tema tersebut akan memiliki bahasan yang lebih kompleks dan mendalam. Sebagai contoh, tema seputar makhluk hidup yang sudah ada sejak kelas 1.

Sebagai pengajar, mendalami setiap topik yang hendak disampaikan pada siswa sangat penting. Hal tersebut akan membuat guru tidak sekedar hafal, namun paham apa yang disampaikannya sehingga siswa juga lebih mudah mengerti. Berikut disediakan contoh materi lengkap untuk siswa kelas 6, bisa diunduh dari :

Demikian pembahasan mengenai prota kelas 6 yang akan dipelajari oleh siswa. Dengan bantuan prota, guru dapat terbantu untuk menyusun program selanjutnya baik per semester, minggua, hingga harian. Guru dapat mengembangkan sesuai target capaian yang diharapkan dalam pengajarannya.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More