Website Edukasi No. 1

Prota Kelas 3 Lengkap Edisi Revisi 2022

Menyambut tahun ajaran 2022, pengajar Sekolah Dasar bersiap melakukan perencanaan matang untuk menyusun program pembelajaran. Prota kelas 3 akan digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk melaksanakan administrasi pembelajaran, contohnya silabus serta RPP. Untuk menyusun RPP dibutuhkan program tahunan, disebut juga dengan prota. Guru perlu memperhatikan kesesuaian dengan ketentuan dalam menyusun prota maupun promes.

Apa Itu Prota?

Program tahunan merupakan rencana yang disusun untuk menetapkan pembelajaran dalam alokasi satu tahun penuh sehingga mencapai tujuan dari pembelajaran. Penetapan alokasi ini diperlukan sehingga semua kompetensi dasar sesuai jenjang dapat dikuasai peserta didik.

Prota berperan dalam menentukan program umum yang terdapat dalam seluruh mata pelajaran. Di dalam prota terdapa garis besar kompetensi yang hendak dicapai sepanjang satu tahun pembelajaran. Guru berkesempatan untuk mengembangkannya sesuai dengan situasi serta kondisi untuk memaksimalkan pemerataan pembelajaran.

Pada prota kelas 3, terdapat beberapa komponen utama seperti identifikasi, kompetensi inti, dasar, kemudian alokasi waktu serta keterangan. Nantinya prota akan menjadi pedoman untuk menyusun program berikutnya seperti program semester, rancangan pembelajaran harian dan mingguan, silabus, serta sistem penilaian.

Prota Kelas 3 Semester Satu

Dalam menyusun prota, diperlukan identifikasi terhadap kompetensi dasar serta indikator untuk satu tahun. Guru dapat mengidentifikasi seberapa luas dan dalam kompetensi yang hendak dicapai, kemudian membuat pemetaan untuk setiap semester dan menentukan alokasi waktunya. Berikut gambaran program tahunan bagi murid kelas 3 semester pertama:

  • Tema satu, pertumbuhan makhluk hidup. Terbagi menjadi empat topik: ciri makhluk hidup, perkembangan manusia, pertumbuhan hewan, dan pertumbuhan tumbuhan.
  • Tema dua, menyayangi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Terbagi ke dalam empat topik: fungsi tumbuhan bagi manusia, peran hewan dalam kehidupan masyarakat, bagaimana perilaku menyayangi tumbuhan dan hewan.
  • Tema tiga, jenis benda yang ada di sekitarku. Terdapat empat topik: aneka benda di lingkungan, mengenal wujud, bagaimana perubahan wujud benda, dan keajaiban yang terdapat dalam perubahan wujud.
  • Tema empat, hak dan kewajibanku. Ada empat topik: kewajiban dan hak di rumah, di sekolah, di lingkungan sekitar, dan sebagai warga negara.
  • Tema lima, cuaca. Memiliki empat sub tema: keadaan dan pergantian cuaca, pengaruh berubahnya cuaca terhadap aktivitas manusia, mengenal jenis cuaca, musim, dan juga iklim.

advertisement

Prota Kelas 3 Semester Dua

Setelah membahas lima topik pada semester satu, di semester kedua terdapat empat topik yang dibuat berdasarkan acuan kurikulum K-13. Berikut ini tema untuk semester kedua:

  • Tema enam, energi. Ada empat topik: sumber energi, perubahan energi, alternatif penggunaan energi, dan bagaimana menghemat energi.
  • Tema tujuh, teknologi berkembang. Terbagi ke dalam empat topik: perkembangan teknologi dalam produksi pangan, produksi sandang teknologi komunikasi, dan teknologi transportasi.
  • Tema delapan, pramuka. Terbagi menjadi empat sub tema: aku bagian dari pramuka, aku siswa yang mandiri, aku menyukai petualangan, dan kegembiraan dalam berkarya.

Dari program tahunan untuk kelas 3 di atas, terlihat bahwa ada delapan tema utama yang masing-masingnya terbagi menjadi empat subtema. Tema yang ada di jenjang ini mulai bertambah kompleks, untuk mengenalkan siswa dengan dunia yang lebih luas. Mulai dari makhluk hidup, hak serta kewajiban, cuaca, hingga perkembangan teknologi.

Untuk mendapatkan program tahunan, semester, serta rancangan pembelajaran yang diperlukan dalam satu tahun penuh dapat melihat contohnya melalui:

Di sini tersedia berbagai contoh susunan pembelajaran yang telah direvisi untuk tahun ajaran 2022. Baik semester satu maupun dua telah dilampirkan contoh materi dengan tetap mengacu dengan K-13.

Demikian penjelasan seputar prota kelas 3 yang telah direvisi sesuai dengan pedoman kurikulum 2013. Dapat disimpulkan bahwa prota merupakan rangkuman garis besar dari keseluruhan komponen yang akan dipelajari dalam kurun waktu satu tahun. Penting untuk menyusun prota dengan memperhatikan kompetensi siswa, karena dokumen ini akan menjadi acuan untuk mengembangkan materi selanjutnya.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More