Website Edukasi No. 1

Prota Kelas 4 Paling Lengkap Revisi 2022

Wikiedukasi - Tulisan mengenai Prota Kelas 4 Paling Lengkap Revisi 2022 dapat Anda temukan di sini secara detail.

Setiap menjelang tahun ajaran yang baru dimulai, pengajar mulai disibukkan dengan penyusunan program pembelajaran. Mulai dari prota kelas 4, prosem, hingga RPP semuanya disusun dengan cermat dan mempertimbangkan kompetensi yang sesuai dengan siswa. Untuk menunjang pembelajaran yang tertata dan terarah, prota menjadi sumber utama yang memandu pembuatan program selanjutnya.

Poin Penting Dalam Menyusun Program Tahunan (Prota)

Sebagai komponen utama yang dimanfaatkan untuk pedoman membuat rancangan pembelajaran, prota memiliki peran besar. Dalam prota terdapat program umum yang dibuat untuk semua mata pelajaran. Garis besar capaian untuk satu tahun, aloasi waktu, hingga kompetensi dasar, semuanya terdapat dalam prota. Guru dapat mengembangkannya melalui rencana harian, mingguan, dan sebagainya. Untuk menyusun prota yang baik memerlukan hal berikut:

  • Identifikasi jumlah dari kompetensi dasar serta indikator yang hendak dicapai dalam waktu satu tahun.
  • Identifikasi seberapa dalam serta luas bahasan setiap kompetensi dasar beserta indikatornya.
  • Membuat pemetaan dari kompetensi dasar apa saja yang perlu diajarkan di setiap semesternya.
  • Merancang alokasi waktu dari masing-masing kompetensi dasar untuk minggu efektif.

Selanjutnya, prota akan dijabarkan ke dalam bentuk yang lebih luas yaitu program semester, disebut juga promes. Sama halnya dengan prota kelas 4 yang disusun guna memudahkan pengajar agar aktivitas pembelajaran yang dilakukan tidak melenceng dari kompetensi utama.

Rancangan Prota Kelas 4 untuk Semester Satu

Pada kelas 4, susunan program tahunan terbagi ke dalam sembilan tema utama. Seluruh tema memiliki setidaknya tiga sub tema/topik yang saling berkaitan. Dari sembilan tema yang dibahas, beberapa di antaranya merupakan pengembangan dari jenjang sebelumnya yaitu kelas 3. Berikut ini susunan prota untuk siswa kelas 4 pada semester pertama:

advertisement

  • Satu, Indahnya kebersamaan. Memiliki tiga topik: keberagaman budaya yang terdapat di Indonesia, mengenal kebersamaan serta keberagaman, dan bersyukur akan keragaman masyarakat Indonesia.
  • Dua, Penghematan energi. Terbagi ke tiga topik: sumber datangnya energi, fungsi dari energi, dan mengenal energi alternatif.
  • Tiga, Peduli akan keberadaan makhluk hidup. Terdapat tiga subtema: hewan serta tanaman yang ada di sekitar rumah, mengenal keragaman makhluk hidup, dan cara mencintai lingkungan.
  • Empat, Profesi/pekerjaan. Ada tiga sub tema: mengenal jenis pekerjaan, pekerjaan orang tua, dan pekerjaan yang ada di sekitar.
  • Lima, Pahlawan. Terbagi menjadi tiga sub tema: bagaimana perjuangan pahlawan, kebanggaan terhadap pahlawan, bagaimana sikap kepahlawanan.

Prota Kelas 4 Semester Dua

Di semester kedua, terdapat empat tema besar yang terbagi menjadi tiga sub topik. Berikut gambaran tema semester dua yang telah direvisi untuk tahun ajaran 2022:

  • Enam, Cita-cita. Terdapat tiga topik: apa cita-citaku, kehebatan dari cita-citaku, dan giat berusaha untuk menggapai cita-citaku.
  • Tujuh, Indahnya keberagaman. Memiliki tiga sub tema: mengenal ragam suku, agama, dan bangsa di Indonesia, merasakan indahnya keragaman budaya, dan menguatkan persatuan serta kesatuan bangsa.
  • Delapan, Daerah tempat tinggal. Mengandung tiga sub tema: lingkungan tempat tinggal, keunikan yang ada di lingkunganku, dan bangga akan daerah tempatku tinggal.
  • Sembilan, Kekayaan negeri. Ada tiga topik: kekayaan yang dimiliki sumber energi Indonesia, memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak, dan melestarikan kekayaan energi maupun sumber daya yang dimiliki negara.

Itulah gambaran seputar kompetensi untuk diajarkan pada jenjang kelas 4. Setiap naik kelas, tema-tema tersebut akan semakin kompleks sehingga merangsang pola berpikir kritis pada siswa. Selanjutnya bagi pengajar yang memerlukan daftar lengkap prota, topik, contoh RPP setiap semester dan sebagainya dapat mengunduhnya dari tautan berikut:

Demikian telah dibahas gambaran materi untuk satu tahun ajaran yang terdapat dalam prota kelas 4. Dengan menyusun prota, pengajar dapat mengembangkan topik ajar yang interaktif sehingga seluruh siswa dapat berpartisipasi. Hingga saat ini, kurikulum 2013 masih menjadi pedoman untuk merancang kegiatan ajar yang komprehensif dan efektif.

Baca Juga:

Dicukupkan sekian pembahasan mengenai Prota Kelas 4 Paling Lengkap Revisi 2022 yang bisa kita jelaskan kami harapkan Tulisan tersebut mampu memenuhi informasi yang Anda butuhkan.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More