Website Edukasi No. 1

Cp Kurikulum Merdeka Sd

Wikiedukasi - Pembahasan mengenai Cp Kurikulum Merdeka Sd dapat Anda temukan di sini .

Kurikulum Merdeka SD: Transformasi Pembelajaran untuk Masa Depan

Kurikulum Merdeka SD merupakan kurikulum terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk jenjang sekolah dasar. Kurikulum ini didasarkan pada prinsip merdeka belajar, yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka.

Ciri-ciri Kurikulum Merdeka SD

  1. Fleksibilitas: Kurikulum Merdeka SD memberikan keleluasaan bagi sekolah dan guru untuk memilih materi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Sekolah dapat mengembangkan kurikulum sesuai dengan lingkungan dan budaya setempat, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih optimal.

  2. Fokus pada Pembelajaran Terintegrasi: Kurikulum Merdeka SD menekankan pada pembelajaran terintegrasi, yang menghubungkan berbagai mata pelajaran dengan kehidupan nyata. Melalui pembelajaran terintegrasi, siswa dapat memahami konsep-konsep secara lebih mendalam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Penilaian Berbasis Kompetensi: Kurikulum Merdeka SD menggunakan penilaian berbasis kompetensi, yang menilai kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai situasi. Penilaian ini lebih adil dan mendorong siswa untuk terus belajar dan berkembang.

advertisement

Manfaat Kurikulum Merdeka SD

Kurikulum Merdeka SD menawarkan beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Membebaskan guru dan siswa dari tekanan kurikulum yang padat: Kurikulum Merdeka SD memberikan keleluasaan bagi guru untuk memilih materi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Hal ini memungkinkan guru untuk lebih fokus pada kualitas pembelajaran, daripada sekadar mengejar tuntutan kurikulum.

  2. Mendorong siswa untuk belajar secara mandiri: Kurikulum Merdeka SD menekankan pada pembelajaran mandiri, yang mendorong siswa untuk aktif mencari tahu dan memahami konsep-konsep baru. Hal ini membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.

  3. Meningkatkan kerja sama antara guru dan siswa: Kurikulum Merdeka SD mendorong terjadinya kerja sama yang lebih erat antara guru dan siswa. Guru bertindak sebagai fasilitator dan pembimbing, sedangkan siswa berperan aktif dalam proses belajar mereka sendiri. Hal ini menciptakan hubungan yang lebih positif antara guru dan siswa, dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Wikiedukasi – Informasi mengenai bisa Anda baca di sini secara lengkap.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More