Website Edukasi No. 1

KKM Kelas 3 Lengkap Edisi Revisi 2022

KKM kelas 3 SD adalah bagian penting dari proses pembelajaran yang telah dirancang guru. Tujuannya sebagai langkah awal dalam merencanakan pembelajaran adalah menentukan batas nilai minimum untuk siswa. Sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Permendiknas, guru atau tenaga pengajar wajib menentukan standar penilaian pendidikan sebagai kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa.

Baca juga: KKM Lengkap

Pengertian KKM dan Waktu Pembuatannya

Kepanjangan dari KKM adalah Kriteria Ketuntasan Minimum. Maksudnya adalah standar terendah yang ditetapkan sebagai acuan pemberian nilai kepada peserta didik. KKM merupakan ukuran paling rendah dalam menyatakan bahwa peserta didik atau siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan dinyatakan lulus.

KKM dibuat dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, sehingga, prosentasenya dinyatakan dengan angka. Sesuai dengan standar nasional, angka ketuntasan minimal adalah 75. Sedangkan angka maksimal berada adalah 100 yang juga disebut kriteria ketuntasan ideal.

Setelah memahami sekilas tentang pengertian dan tujuan KKM, kini beralih pada waktu yang tepat untuk membuat dan menyusun KKM. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, KKM adalah langkah awal dalam perencanaan pembelajaran. Jadi, pembuatannya tentu pada awal tahun ajaran baru, tepatnya sebelum proses belajar mengajar dimulai.

Perumusan KKM tidak dilakukan seorang diri, tetapi harus dirumuskan bersama antara kepala sekolah, komite, guru, sekaligus tenaga pendukung lainnya. Nantinya, hasil rumusan KKM dituliskan pada buku laporan hasil belajar siswa. Agar semua informasi tentang bentuk penilaian pembelajaran dapat diakses dengan mudah.

Fungsi dari Pembuatan KKM Kelas 3 Sekolah Dasar

advertisement

Secara umum, KKM dibuat untuk mempermudah proses belajar mengajar dalam hal penentuan standar pemberian nilai. Lebih dari itu, KKM dibuat untuk tujuan dan fungsi yang lebih kompleks. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Sebagai Panduan Bagi Guru Dalam Memberi Penilaian

Setelah penetapan KKM dan seluruh KD dituntaskan, maka langkah selanjutnya adalah memberikan penilaian. Hasil dari penilaian guru berdasarkan KKM tersebut akan memperoleh dua hasil, yakni lulus atau tidak lulus. Respon pencapaian KD yang di bawah batas minimum akan diberi opsi perbaikan nilai.

2. Sebagai Acuan Bagi Siswa Dalam Mengikuti Penilaian

KKM penting sebagai langkah awal sebelum mulai mengikuti penilaian. Fungsinya sebagai panduan bagi siswa untuk mempersiapkan setiap pelajaran. Tujuan persiapan tersebut agar hasil perolehan penilaian bisa maksimal dan melampaui standar kelulusan minimal. Jika belum memenuhi standar, siswa diharapkan mengetahui bagian yang tidak lulus dan melakukan perbaikan nilai.

3. Sebagai Penghubung Antara Guru – Siswa Dan Sekolah – Orang Tua

Keberhasilan pencapaian KKM tidak bisa diwujudkan hanya dari usaha satu pihak. Guru sebagai ujung tombak mengusahakan secara maksimal seluruh proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga hasil yang di dapat sesuai keinginan. Siswa sebagai pelaksana utama harus mengupayakan tercapainya KKM dengan cara mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dan menyelesaikan semua tugas.

Orang tua/wali juga harus berperan aktif dalam mendukung segala kegiatan peserta didik. Pihak sekolah memiliki tugas tidak kalah penting, yakni memastikan sarana dan prasarana belajar terpenuhi secara maksimal.

Pembuatan dan penyusunan KKM harus dirumuskan bersama, baik guru, kepala sekolah, maupun tenaga pendukung. Kegiatan tersebut bisa dilakukan melalui Musyawarah Guru dan Kelompok Kerja yang diadakan pada awal tahun ajaran baru. Forum tersebut sangat bermanfaat dan mempermudah dalam merumuskan KKM untuk kelas 3 yang akan digunakan dalam penilaian.

Penentuan standar penilaian lulus atau tidaknya siswa tidak bisa sembarangan. Bagi guru atau tenaga pengajar yang kesulitan karena belum terbiasa membuat standar kriteria ketuntasan minimum tersebut, bisa memanfaatkan link unduhan di bawah ini. Unduh contoh format KKM Kelas 3 Semester 1 dan Semester 2 ini bisa mempermudah proses pembuatan KKM yang diinginkan.

Demikian penjelasan tentang KKM kelas 3 revisi 2022 yang dapat dibagikan. Pembahasan di atas dilengkapi pula dengan contoh KKM lengkap dan link unduhan yang bisa diakses dengan gratis. Semoga dapat dimanfaatkan dengan maksimal demi tercapainya standar penilaian siswa yang semakin baik.

Baca juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More