Website Edukasi No. 1

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Wikiedukasi - Artikel tentang Modif Power Ampli Agar Bass Nendang bisa Anda baca di sini mencakup keseluruhan.

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang – Model Speaker Aktif OCL (Output Capacitor Less) Setelah berhasil menyelesaikan proyek Home Theater 5.1 saya kembali lagi, saya akan berbagi pengalaman dengan modul speaker aktif agar suara lebih jernih dan enak di dengar. Bagi Anda yang penasaran dengan serial home theater saya, lihat Home Theater 5.1 Gainclone LM 1875.

Kembali ke topik pembahasan, perlu diketahui kembali bahwa yang saya bahas disini bukanlah model IC speaker aktif, melainkan model OCL (transistor). Sebagian besar driver speaker saat ini sudah menggunakan IC seperti TDA2030 dan TDA2050 karena dapat bergantung pada efisiensi master prosesor. Tapi sebenarnya kualitas suaranya lebih bagus model ocL karena boom rocknya lebih bertenaga menurut saya. Mengapa saya berpikir begitu?? Coba saja bandingkan diri Anda dengan memperbesar volume, Anda pasti akan merasa lebih seperti model OCL. Satu-satunya kelemahan model OCL ini adalah biasanya memiliki masalah desis dan dengung karena distorsinya lebih banyak daripada model IC. Kelemahan lain dari model speaker aktif OCL ini adalah speakernya kecil sekitar 6 inci sehingga speaker blade selalu banyak berputar saat diputar dengan volume tinggi. Jadi jika kita mendengarkan, mereka akan merasa kurang bertenaga.

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Kemarin sore, kebetulan ada teman yang berhasil main di tempat saya, saat saya memainkan lagu favorit saya, saya tidak menyangka teman saya ikut mix di home theater saya. Namun, percakapan berlanjut tentang masalah amplifier. Omong-omong, teman saya memiliki speaker aktif merek JDL, tetapi saya tidak senang dengan speaker aktif, karena bassnya terlalu berlebihan dan tidak cukup jika lidah dililit dingin…..atau jika itu diterjemahkan ke dalam suara bahasa Indonesia. semakin rendah kerugiannya, semakin tinggi. Teman-teman mohon bantuannya dalam oprek/modifikasi agar suaranya lebih bagus dan lebih agresif.

Dr. Junaidi, S.si., M.sc.

Langkah 1: Ganti bagian power amplifier Dan akhirnya, menerima permintaan teman saya, saya segera membawa speaker aktif ke meja saya. Sebelum dibongkar, saya coba dengerin suaranya dulu, dan kebetulan suaranya dalam banget, kalau dinaikin daun woofernya akan terasa. Ketika Anda mendengarnya, telinga pun kurang menyukainya. Yang terdengar bukanlah nyanyian, melainkan suara bunyi ketukan yang begitu keras. Saya akhirnya mogok dan mempelajari sirkuit speaker. Ini hampir seperti tiang OCL 150 watt. Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut:

advertisement

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Untuk rangkaiannya model buffer OCL (mono) menggunakan 3xA733 dan C945, lalu driver TR A733 dan C945 untuk transistor terakhir adalah 2SD1266 (NPN dan saya lupa seri PNP), selebihnya rangkaian sama, hanya ukuran R dan C dari diagram OCL adalah sesuatu yang berbeda. Kontrol monoton untuk model TR mirip dengan yang ada di pasaran, hanya daya yang ditambahkan ke subwoofer (bass ganda).

Dalam ilustrasi diagram daya berikut, tapi maaf, diagram khusus di bawah ini adalah diagram asli untuk OCL 150 W. Karena saya tidak punya waktu untuk membuat skema, tapi jangan khawatir, skema di bawah ini dan skema speaker aktif yang saya kerjakan sama persis dengan OCL 150 W, hanya beberapa perbedaan. di harga r Hal-hal yang saya tandai dengan warna merah bagus untuk speaker JDL aktif yang saya gunakan.

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Modif Socl 504 Buat Lapangan Untuk High Mid Low Dan Sub 18 Inch

Modifikasi yang saya lakukan tidak terlalu banyak, saya hanya sedikit membentuk bagian-bagian yang ada, saya lebih banyak mengubah pada sound control agar suaranya bisa sedikit lebih terbuka dan tajam. Untuk perubahan amplifier OCL saya resize dulu masukan ground bias R3k3 ke R10k paralel dengan C 1nF, untuk penyesuaian R saya tidak pakai trimpot, tapi saya ubah ukurannya dari 560ohm menjadi 250ohm dan saya ganti R 3k3 ke 33k. (Mirip dengan grafik di atas). untuk input coupling kapasitor dari mylar 100nF ganti 0.1uF unpolarized. Untuk perubahan transistor, saya mengganti driver dengan buffer BD139 sebagai ganti driver A715 (PNP) dan C1162 (NPN). Dan saya copot semua 2 x R 330 dan diganti dengan 1 R 330/2 watt yang menghubungkan driver emitor A715 dan emitor C 1162. Untuk informasi lebih lanjut, lihat diagram di bawah ini.

Perubahan yang saya lakukan sebenarnya tidak terlalu ekstrim karena saya sedikit mengubah nilai komponen untuk mendapatkan suara yang saya inginkan. Ada titik di R SEARCH yang saya beri lingkaran ungu, saya coba beberapa kali merubah nilainya dari 20K menjadi 100K. Nilai yang menurut saya lolos jatuh ke 47kohm. Sebenarnya 22k juga bagus, tapi cenderung ke arah vokal karena suara bassnya kurang sensitif menurut saya. Silahkan coba racik anda sesuai selera anda. Juga, mengubah R 560 ke 250ohm dan mengubah 3k3 ke 33k membuat suara lebih terbuka. Untuk sebagian besar, yaitu kapasitor switching dan chip 10k, terasa tipis dan lembut. 33uf harus mengganti elco, sesuai selera masing-masing orang. Anda dapat mengubah dari 22uF ke 100uF. Saya hanya mengambil nilai tengah, karena bilahnya mengurangi getaran speaker. Intinya kalau pakai nilai 22uF akan terasa drum (rasakan di dada), tapi kalau nilai kapasitansi dinaikkan (33uF-100uF), akan terasa gitar bass atau bass (merasa merinding di tubuhmu). Untuk perubahan nilai elco sesuai selera masing-masing, saya lebih suka yang medium.

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Langkah 2: Mod tone control Bagian tone control yang digunakan pada speaker aktif yang saya kerjakan menggunakan transistor monotone control model C945, untuk skemanya mirip dengan yang ada di pasaran, hanya untuk potensiometer dengan 2 node kontrol bass, jadi inilah yang dilakukannya di sini suara dari speaker di atas bass. Untuk print ini saya ubah saja nilai kapasitansi di bass yang awalnya berukuran 47uF, saya ganti dengan 33nF untuk tweeter, saya ubah menjadi 3n7, aslinya 47nF. Demikian juga, saya mengubah ukuran R dengan cara ini, menyesuaikannya dengan pendengaran di telinga. Perubahan nilai R sebenarnya tidak jauh dari nilai aslinya, hanya selisih beberapa kilo. Misalnya 22K Saya mengubah 10K, 4K7 menjadi 6k8 dan seterusnya. Tidak lupa yang terakhir, saya mengganti transistor C945 menjadi C1815 agar suara lebih terbuka, namun perubahan yang dilakukan tidak menghilangkan suara tersebut.

Unboxing Speaker Subwoofer

Setelah perubahan yang saya setujui, saya ingin mencoba beberapa lagu yang berbeda dan hasilnya sebenarnya bagus, tetapi secara pribadi saya pikir suaranya agak tenang dan agak keras. Jadi langkah selanjutnya yang saya tambahkan adalah menjalankan pemeriksaan suara. Kemudian……..

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Langkah 3: Penambahan Booster Tone Control Rangkaian ini merupakan rangkaian penguat nada yang memberikan suara yang bagus dan terasa lebih tajam. Sebenarnya serial ini adalah warisan dari senior saya yang sudah lama berkecimpung di dunia audio sekitar tahun 90-an. Seri ini jarang digunakan oleh banyak orang, mungkin sedikit yang menggunakan seri ini. Nama tua saya “Mr Genjo” tidak lain adalah kakak pertama saya yang pertama kali mendengarkan dunia terutama power amplifier OCL sebelum saya mengenal dunia amplifier seperti sekarang ini.

Saya tidak bisa membagikan jadwalnya, mungkin lagi, insya Allah bisa saya bagikan ke teman-teman semua, terutama para pembaca setia saya.

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Ilmu Tehnik Kelistrikan: 2019

Nada rangkaian yang saya buat tidak bagus karena faktor waktu dan saya terlalu malas untuk pergi ke toko elektronik untuk membeli PCB datar, jadi saya akhirnya menggunakan bungkus rokok jadi saya membuat alas untuk penutup ini. suara mengalir di sekitar.

Setting dari rangkaian ini adalah input ke audio atau sebelum sinyal audio masuk ke rangkaian tone control. Meski seri ini sangat kecil dan imut, jangan remehkan seri ini. Karena efek suara yang dihasilkan oleh rangkaian penguat nada ini sangat terasa. Alih-alih menggunakan penguat nada yang dijual di pasaran seperti galaxy, gigabas, turbobass atau sejenisnya.

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Memasang penguat nada Langkah terakhir adalah memasang penguat nada pada rangkaian speaker aktif dan menguji suara setelah rangkaian berubah.

Permasalahan Ocl 150

Sederhana ya?? Sederhana dan tidak memakan banyak ruang, sangat cocok untuk saya sebagai audiophile. Jika Anda juga penggemar mendengarkan, Anda pasti akan penasaran untuk memiliki penguat nada rahasia ini. Tapi…. ssstttss nanti sob, kalau sabar nanti aku share jadwalnya. Eft?? setidaknya tinggalkan sedikit komentar. hehe…

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

Tes saya pada malam hari sekitar pukul 19:30 hingga 23:00. Saya bangun, saya benar-benar merasakan dorongan untuk rock boom dengan suara tarian yang indah. Untuk saling melengkapi. Tapi sayang hanya menggunakan sumber AC untuk listrik, jadi sedikit mendekati sempurna. AC Matic keluaran 18 volt saja jadi tidak saya ganti TR final. Jadi Anda hanya menggunakan amp bawaan. Kemarin saya coba ganti di tipe terakhir Sanken TR suaranya bagus, tapi kalau volumenya kecil suaranya agak turun karena kurang tegangan input amplifier. Karena TR akhir yang besar juga harus membutuhkan pasokan yang besar dan keuntungan yang besar untuk mengirimkannya. Oleh karena itu TR terbaru saya masih menggunakan kesalahan asli dari speaker aktif ini. Tapi suaranya bagus dibandingkan kemarin, dan teman-teman juga puas tidak perlu mengganti catu daya. Itu yang saya lakukan untuk Elco agar masalah drone bisa teratasi. Jadi, dari modifikasi speaker aktif ini, suaranya nyaring dan dalam, bass mantel panjang terasa seperti orang baru untuk perayaan.

Pembaca yang membutuhkan peralatan audio untuk membangun studio karaoke sebagai studio bisnis atau rumah pribadi, sebaiknya baca dulu artikel terakhir kami tentang peralatan elektronik untuk membangun studio karaoke, yang menjelaskan peralatan elektronik apa yang Anda perlukan nantinya. Halo teman-teman, pada artikel ini kita akan berbicara tentang cara menggunakan hanya rangkaian dasar

Modif Power Ampli Agar Bass Nendang

How To Make Only Bass Circuit Board Low Pass Filter Subwoofer

Modifikasi power ocl 150 watt agar bass nendang, tone control bass nendang, speaker aktif bass nendang, membuat bass speaker aktif lebih nendang, cara membuat suara bass lebih nendang, modif power 150 watt bass nendang, ampli bass, modif tone control biar bass nendang, bass subwoofer kurang nendang, skema tone control pasif bass nendang, speaker aktif polytron bass kurang nendang, penyebab bass kurang nendang

Itulah artikel mengenai Modif Power Ampli Agar Bass Nendang yang dapat kami paparkan admin berharap Pembahasan tersebut dapat memberikan jawaban yang harapkan.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More