Website Edukasi No. 1

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Wikiedukasi - Postingan tentang Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan dapat Anda temukan di sini secara keseluruhan.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan – Menurut pendapat saya, tidak ada paket daya serupa yang beredar serta daya OCL 150W. Lebih stabil/linier, karakter sangat bagus, bass bagus, sederhana dan harga terjangkau. Maka tidak heran jika power supply jenis ini tetap diminati sejak lama, bahkan saat saya masih belajar elektronika banyak dijual. Dan ini adalah power amp A/B kelas pertama yang pernah saya coba, dan langsung terbukti luar biasa bagi seorang pemula.

Namun yang menjadi masalah adalah power supply OCL150W bukan jenis power supply tegangan tinggi yang biasa digunakan untuk keperluan lapangan, jadi power supply aman maksimum adalah 32V. Ini sesuai dengan namanya yaitu Power OCL 150W, meskipun sebenarnya tidak sampai 150W, tapi ya tidak apa-apa, mungkin sekitar 100W. ️

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Namun apakah daya keluaran OCL150W Power ini dapat ditingkatkan lebih jauh lagi sehingga dapat juga digunakan untuk keperluan outdoor kecil?

Jual Power Untuk Lapangan Terbaru

Ya, kita bisa meningkatkan suplai OCL lebih tinggi dari yang seharusnya, yaitu maksimal aman 32V hingga 42V (dari trafo). Tentu saja akan menambah watt, jika digunakan dengan benar akan aman, yang merupakan satu-satunya cara untuk memodifikasi/mengganti komponen.

advertisement

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Mengubah tegangan secara logis akan mengubah komponen, karena tidak semua komponen, terutama transistor, memiliki spesifikasi yang sama. Jika tidak, komponen dengan tegangan lebih tinggi di atas SOA pasti bisa putus. Elco juga memiliki batas tegangan dan ada beberapa Elco antara peringkat tegangan 25-35V untuk memberi daya pada OCL 150. Berikut adalah beberapa komponen yang perlu diperiksa dan diganti!

Tentu saja transistor yang umum di power supply OCL150 standar mampu max 32V, misalnya mj2955/2n3055, BD140/BD139, D438/D400, D313/B507 dan A564.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Driver Power Amplifier Menengah Terbaik Rekomendasi Untuk Pemula

Ganti semua Elco dengan 33uf/100V. Sebenarnya satu-satunya efek pada tegangan adalah tegangan, tetapi kapasitansi 33uF akan meningkatkan bass agar lebih cocok.

Input kapasitor mylar (c1) biasanya 100n, ganti dengan yang lebih besar seperti 470N atau 1uf, tujuannya hanya untuk meredam nada rendah agar bilah speaker tidak bergerak liar.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Salah satu dioda (D3) yang paralel dengan R 100 ohm baru saja dilepas menjadi arus bias maksimum. Dan pada jalur output ke speaker diparalelkan dengan R 100 ohm 2 watt secara seri dengan C 100n ke ground untuk mengurangi insulasi yang dapat merusak koil speaker. Lihat gambar :

Jual Kit Power Murah Terbaru

Catu daya bukan bagian dari driver, tetapi juga perlu dioptimalkan agar seimbang. Secara khusus, komparator elco diganti sesuai kebutuhan. Jika diasumsikan nanti saat menggunakan supply 42V dengan 2 set transistor terminal, kedua elc harus 10.000uf/100V. Trafo minimal 10A dan dioda/jembatan kiprox minimal 20A.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Tentu saja, tergantung pada tujuannya, aman untuk menaikkan tegangan di atas norma, yaitu 32v ke 42v. Voltage boost jelas dimaksudkan untuk meningkatkan daya keluaran diatas standar watt OCL150W yaitu 150W, maksimal bisa max 400W (menggunakan Sanken) atau 300W (menggunakan Toshiba) untuk membuat suara cukup keras untuk suara medan kecil.

Setelah disetel, kinerja OCL mampu dan cukup mampu untuk mendorong speaker 15 inci dengan bass yang kuat.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Kerusakan Umum Pada Driver Power Amplifier Ocl 150 Watt

Ini adalah cara sederhana untuk meningkatkan voltase dengan aman pada output OCL150Watt sambil meningkatkan output agar cukup baik untuk amplifier eksternal kecil.

Editor dan copywriter di , seperti, otomotif, elektronik dan IT. Blogging adalah kegiatan yang mengisi waktu luang Anda dan berbagi dengan Anda.OCL 150W Power Amplifier adalah perangkat legendaris yang dijual di pasaran. Power kit OCL 150 watt ini telah lama menjadi favorit di kalangan penggemar audio buatan Dewes, dan saya sudah mengenal pengontrol ini sendiri sejak saya diperkenalkan ke dunia perakitan elektronik untuk kelas tiga sekolah menengah, khususnya pada tahun 1992. – di waktu itu PCB dikendalikan oleh elektronik Saturnus. Hingga saat ini semakin banyak produsen board dan modul yang menjual driver OCL 150 watt ini dalam berbagai varian. Jadi tidak apa-apa menyebut driver power amp ini sebagai power amp yang sangat legendaris.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Tidak heran jika banyak pecinta audio baik amatir maupun profesional menggunakan kekuatan OCL ini, mungkin alasannya memiliki beberapa keunggulan utama yaitu: Mudah dirakit, sederhana, harga murah, tetapi dapat menghasilkan suara yang berkualitas. cukup memuaskan

Modifikasi Power Ocl 150 Untuk Mendorong Subwoofer

Nah, ada beberapa bug pada driver amp 150 watt ini yang terkadang cukup membingungkan kita; Tapi jangan khawatir, kami akan membahas semuanya dalam sebuah contoh.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Meskipun kit catu daya OCL 150W diklasifikasikan sebagai kit sederhana, masih ada sejumlah masalah yang sering dihadapi oleh penggemar audio. Beberapa masalah daya OCL yang umum terkadang cukup aneh dan sama sekali tidak membingungkan bagi pemula seperti saya.

Pada dasarnya suara serak disebabkan oleh cacat sinyal (crossover defect), yang dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Suara serak juga bisa disebabkan oleh kondisi sirkuit eksternal, khususnya speaker yang tidak bagus atau mungkin rusak.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Kerusakan Umum Pada Driver Power Amplifier Ocl 150 Watt

150 watt dengung akibat cacat sinyal bisa disebabkan oleh berbagai hal diantaranya TR differential fault, ada 2 jenis PNP (Q1 dan Q2), biasanya tr A564 atau tr A733 plus dg plus (Q3)tr A733 yang menyusun rangkaian supply tegangan sekitar 1.3V untuk perbedaan tr. Periksa juga apakah R6 10K sudah benar.

Bias TR (Q4) (biasanya D400, D438 atau C945). Polarisasi yang tidak memadai biasanya jika lebih dari 2V menyebabkan polarisasi berlebihan yang menyebabkan gangguan sinyal. Bias yang berlebihan pada supply OCL dapat disebabkan oleh resistor R10, R11, R12. Transistor atau dioda yang sedikit korsleting/bocor atau benar-benar rusak dapat menyebabkan banyak bias.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Perlu diperhatikan juga elco yang kurang bagus dan nilai resistor yang jelek terutama (R8) 33K dapat mempengaruhi suara, sebaiknya tidak lebih dari 33K untuk tegangan 32V.

Cara Agar Kit Power Amplifier Ocl 150w Bisa Menggunakan Aki 12v

Hindari kesalahan komponen: Mungkin ada R yang tidak sesuai dengan skema, mungkin karena kesalahan pembacaan skema atau sesuatu. R yang salah dapat menyebabkan malfungsi karena suplai polarisasi yang salah, terutama R2, R3, R4, R10 dan R11.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Kapasitor C4 bertindak sebagai umpan balik dan menahan arus AC untuk menyaring frekuensi 20 Hz ke atas. Kemudian C5 bekerja untuk mengatur tegangan bias. Secara khusus, sangat penting untuk memastikan bahwa kedua kapasitor ini masih baik atau kering. Kapasitor lain tidak kalah pentingnya, tetapi dalam kasus suara serak mereka tidak berpengaruh.

Suara serak juga bisa disebabkan oleh driver TR yang setengah pendek atau setengah mati atau nilai Hfe yang lebih rendah atau istilahnya bocor dengan baik. Itu juga dapat menekan Final TR atau dorongan terakhir.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Modifikasi Power Ocl 150 Watt Menjadi 400 Watt Dengan Tegangan 60vdc

Catatan: Usahakan menggunakan resistor yang memiliki toleransi minimal 5% emas dan periksa apakah semua transistor dan dioda masih bagus. Dan juga pastikan power supply tidak ada gangguan, jadi pastikan komponen seperti elco dan dioda masih bagus dan bisa menghasilkan tegangan seimbang yang seimbang.

Berdengung dalam hal ini, ketika daya dalam keadaan tanpa input, seharusnya tidak ada suara, tetapi suara terdengar

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Yang sepertinya tidak banyak. Dapat diketahui bahwa tegangan DC berasal dari output, baik itu driver, bias maupun terminal. Untuk mengeceknya harus satu per satu, mulai dari bias, driver dan terminal. Pastikan tidak ada kebocoran tegangan DC dari keluaran bias atau keluaran konverter ke speaker, dan jika terjadi kebocoran tegangan DC maka dapat ditentukan apakah TR Vas, driver atau terminalnya bermasalah. Selain tinnitus, hal ini juga menyebabkan cacat suara seperti suara serak dan berderak.

Kelebihan Kekurangan Smps Untuk Audio Sound Lapangan

Hfe masing-masing transistor dapat bervariasi meskipun dalam kondisi normal. Hfe adalah nilai perbandingan yang dicatat dalam lembar data, tetapi meskipun jenis TR sama, Hfe mungkin berbeda. Nah, perbedaan ini bisa menyebabkan panas satu sisi atau berbeda. Ini normal jika transistor dilengkapi dengan heatsink yang tepat, tetapi jika Anda tidak ingin kondisi termal satu sisi seperti ini, lebih baik memiliki Hfe yang sama untuk setiap TR daya – tetapi itu tampaknya sulit untuk banyak komponen yang beredar hari ini.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Catatan: Jika ujung TR lebih besar dari 1 set, disarankan agar input ke setiap basis ujung memiliki resistansi 10 Ohm.

Penyelesaian: Jika lebih dari 1 himpunan berhingga, setiap alas dapat diberi hambatan 10 . Dan kemudian pastikan pendinginan yang baik dan tegangan input yang memadai.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Jual Kit Power Lapangan Terbaru

Jelas tegangan yang diberikan terlalu tinggi, dapat menyebabkan transistor menjadi terlalu panas, tetapi jika tegangan yang diberikan masih dalam batas yang tepat, maka panas yang berlebihan dapat disebabkan karena bias yang berlebihan. Tapi itu hanya teori, tapi TR 1k dan TR 220 bisa diganti dengan trimpot untuk mendapatkan DCO dan distorsi yang tepat. Jika Anda bingung tentang nilai distorsi dan DCO, lebih baik suara normal tidak rusak dan TR akhir dilengkapi dengan pendinginan yang tepat, maka tidak perlu khawatir, karena kinerja OCL 150 pada dasarnya sudah siap, juga dikenal sebagai dirancang tanpa perlu menyesuaikan distorsi atau DCO.

R yang salah dapat menyebabkan malfungsi karena menyebabkan polarisasi yang tidak tepat, terutama R2, R3, R4, R10, dan R11. ganti dengan resistor yang lebih akurat, misalnya, mentolerir gelang emas.

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Panas yang berlebihan juga dapat disebabkan oleh impedansi speaker yang salah, tetapi ini hanya mungkin jika Anda menggunakan lebih dari 1 speaker untuk daya mono. Perlu dicatat bahwa impedansi speaker harus cocok, tetapi 4 ohm dan 8 ohm aman. Jika 2 buah speaker 8 ohm diparalel, maka akan memiliki impedansi 4 ohm. Jika 4 ohm dirangkai seri, itu 8 ohm, tidak masalah. Tetapi jangan biarkan speaker 8 ohm terhubung secara seri karena mereka dapat beralih ke 16 ohm dan membuat output TR menjadi terlalu panas. Nilai 4 ohm dapat meningkatkan kinerja, tetapi hasilnya TR menjadi lebih panas, tetapi itu masih normal – kecuali ada masalah dengan pendinginan yang cukup.

Teknik Modifikasi Amplifier Ocl 150watt/ 400watt: Audio Daya Tinggi Audio Ocl Lapangan

Ini karena arus searah mengalir ke speaker. Jika Anda mengalami salah satu kasus ini, segera matikan daya karena dapat membakar koil speaker. Kondisi ini bisa disebabkan oleh TR/drive end korsleting karena korsleting, atau jika Anda baru saja memasang

Modif Power Ocl 150 Watt Untuk Lapangan

Power ocl 150 watt, power ocl 150 watt stereo, power amplifier ocl 150 watt, modif ocl 150 watt, power ocl 150 watt untuk lapangan, power ocl 150 watt mono untuk lapangan, power ocl 150 watt mono, modif power ocl 150 watt untuk outdoor, power ampli ocl 150 watt, power ocl untuk lapangan, modif ocl 150 watt untuk lapangan, modif power ocl 150 watt untuk subwoofer

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More