Website Edukasi No. 1

RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 1 dan 2 K13 New Revisi

Wikiedukasi – RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 1 dan 2 merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh banyak guru di Indonesia terutama tenaga pengajar Prakarya di SMP. Selain sebagai syarat untuk membuat bahan ajar, juga menjadi syarat untuk melakukan kegiatan supervisi dan akreditasi.

Mata pelajaran Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum 2013. meskipun masih masih tergolong baru, namun memberikan dampak yang sangat baik terhadap karakter siswa dalam melaksanakan tugas atau praktik yang sering dilakukan saat mempelajari pembelajaran prakarya di sekolah.

Guru kini dapat membuat RPP lebih minimalis, sesuai surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP, dengan harapan dapat mempermudah guru dalam membuat dan menyusun RPP. Jika RPP awalnya dibuat pada beberapa lembar, sekarang dapat dibuat hanya pada satu halaman saja.

Kegiatan Prakarya erat kaitannya dengan kegiatan nonformal dan sangat dipengaruhi oleh kehidupan sosial, budaya, adat istiadat, dan teknologi masyarakat sekitar. Pelajaran prakarya bukanlah mata pelajaran baru dalam sistem sekolah Kurikulum 2013, baik direvisi pada tahun 2020, 2021, 2022 dan 2023. Akibatnya, ada banyak manfaat untuk mempelajarinya.

Secara khusus, sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, mahasiswa harus memupuk sikap kewirausahaan. Oleh karena itu, Guru Kriya Kelas 7 SMP berperan penting dalam pencapaian indikator belajar siswa. Sehingga dapat memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan siswa.

Salah satu tanggung jawab tersebut adalah menyusun rencana tahun ajaran semester 1 dan 2 dari Kurikulum 2013 Revisi dalam bentuk Rencana Prakarya Kelas 7. Namun, juga harus sesuai dengan Surat Edaran 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP menjadi satu lembar saja.

Mengulas RPP 1 Lembar Prakarya SMP K13

RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 1 dan 2 merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting yang dibutuhkan seorang guru mata pelajaran Prakarya ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran.

advertisement

RPP juga merupakan hal terpenting yang harus disiapkan saat menghadapi kegiatan supervisi oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah, begitu juga saat akan mengikuti kegiatan akreditasi sekolah RPP juga merupakan dokumen yang sangat penting untuk disiapkan.

Terlepas dari kenyataan bahwa peran guru dalam merancang RPP untuk Kelas 7 Semester 2 dan 1 kurang menuntut, ini tidak berarti bahwa itu mungkin hanya disiapkan dengan mencampurnya. Guru harus memperhatikan tiga poin kunci untuk menyelesaikan RPP 1 halaman.

Langkah pertama adalah fokus pada Tujuan Pembelajaran. Ini berarti bahwa ketika menentukan tujuan, Anda harus mempertimbangkan keadaan sekolah saat ini dan karakteristik siswa. RPP harus disusun sesuai dengan persyaratan kompetensi lulusan yang menjadi acuan satuan pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) tempat Anda bekerja, bukan sekedar copy paste.

Selanjutnya, tahapan kedua yaitu penyusunan Kegiatan Pembelajaran yang ditetapkan dalam RPP 1 lembar Kelas 7 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020, 2021, 2022 dan 2023 adalah langkah selanjutnya.

Ketika sebagian besar guru memberi pelajaran, mereka terlalu membosankan, dan siswa menjadi bosan saat belajar. Kegiatan ini harus dipersiapkan dengan menggunakan kombinasi gaya dan metode belajar. Akibatnya, kompetensi pedagogik guru sangat penting pada saat ini.

Terarkhir adalah melakukan Penilaian dan Evaluasi. Ciri yang menjadi penilaian utama guru dalam menentukan skor atau nilai apakah siswa telah memenuhi tujuan pembelajarannya. Sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan bakat termasuk di antaranya.

Elemen-elemen tersebut merupakan mayoritas dari RPP 1 Lembar. Alhasil, setiap Guru harus memperhatikannya dengan seksama. Untuk membangun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebaik mungkin.

Unduh RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semua Semester

Untuk membuat RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 1 dan 2 yang efektif. Kami mengusulkan agar Anda membuat RPP Anda sendiri. Hal ini dicapai dengan memodifikasi bagian dari tujuan, tindakan, dan komponen penilaian. Membuat RPP 1 Lembar Kelas 7 yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Terdapat empat topik seperti Budidaya, Kerajinan, Pengolahan, dan Rekayasa. Semuanya tergabung dalam 1 file, jadi anda akan dengan mudah mengunduhnya.Hanya butuh satu kali unduhan setiap semesternya. Langusng saja dapatkan semuanya di bawah ini:

  • RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 1 – Unduh (604.9 kB)
  • RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 2 – Unduh (523.9 kB)

O iya jangan lupa untuk mengedit dan mengembangkannya ya, sebab mau bagaimana pun juga pastikan terlebih dahulu perangkat pembelajaran yang akan digunakan telah memenuhi standar yang dibutuhkan di sekolah masing-masing.

Penutup

Budidaya, kerajinan, teknik, dan pengolahan adalah empat macam kategori pelajaran dalam pelajaran Prakarya. RPP yang akan saya berikan mencakup semua materi untuk mata pelajaran Prakarya kelas 7 semester 1 dan 2, sehingga bisa langsung digunakan untuk sekolah.

RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 adalah alat penting bagi guru pengajaran tatap muka atau online untuk menjadi sukses. Oleh karena itu, pengembangan perangkat pembelajaran menjadi sangat penting. Sehingga motivasi dan minat belajar anak dapat meningkat. Rekan-rekan Guru tinggal mendownload RPP Kelas 7 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi yang hanya terdiri dari satu dokumen untuk setiap pertemuan. Ingatlah untuk mengatur administrasi guru tambahan juga.

Baca juga:

Sumber Kemdikbud
Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More