Website Edukasi No. 1

Materi IPA Kelas 9 Semester 2 yang Harus Dipelajari Siswa

Wikiedukasi - Artikel tentang Materi IPA Kelas 9 Semester 2 yang Harus Dipelajari Siswa bisa Anda baca di sini secara menyeluruh.

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menjadi satu dari beberapa pelajaran yang diajarkan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama. Hingga tak mengherankan apabila nantinya siswa kelas 3 SMP akan menerima materi IPA kelas 9 semester 2 yang membahas sejumlah tema. Tentu Tema-temanya bakal berbeda dari tema semester sebelumnya. 

Diantara tema tersebut totalnya ada 5 yang meliputi tema kemagnetan dan manfaatnya. Kemudian dilanjutkan dengan tema bioteknologi, dan seterusnya sampai dengan tema teknologi ramah lingkungan. Dengan keberadaan dari rangkaian materi tersebut bisa dipakai guru sebagai acuan dalam mengajar siswa. Untuk lebih rincinya lagi tentang materi pelajaran IPA di semester 2 seperti berikut:

1. Materi Kemagnetan dan Manfaatnya 

Dalam tema pertama ini siswa bakal belajar tentang 3 sub tema yang meliputi pemanfaatan medan magnet yang terjadi pada kehidupan hewan. Dimana dalam sub tema ini akan termuat beberapa pembahasan seperti migrasi burung, kemudian migrasi ikan salmon dan lainnya. Sedangkan untuk sub tema yang kedua adalah tentang teori dasar kemagnetan. 

Adapun yang dibahas adalah seperti konsep gaya magnet, kemudian teori kemagnetan bumi, lalu juga ada induksi elektromagnetik dan lainnya. Sub tema yang terakhir yaitu kemagnetan dalam produk teknologi yang membahas tentang masalah MRI, lalu juga kereta maglev, serta penggunaan magnet dalam PLTN.

2. Materi Bioteknologi 

Untuk susunan materi IPA Kelas 9 semester 2 tentang tema bioteknologi akan membahas sub tema yang juga berjumlah 3. Dimana yang pertama ada sub tema terkait bioteknologi beserta perkembangannya. Kemudian dilanjutkan dengan sub tema penerapan bioteknologi yang terjadi dalam lingkungan. Di sini siswa akan membahas beberapa hal yaitu bioteknologi pangan. 

advertisement

Juga bioteknologi peternakan, lalu juga ada bioteknologi lingkungan, berikutnya ada bioteknologi forensik dan lainnya. Sub tema yang terakhir adalah dampak penerapan bioteknologi beserta Pengembangannya. Pembahasannya meliputi dampaknya terhadap aspek lingkungan, kemudian aspek ekonomi dan sosial, serta juga aspek kesehatan.

3. Materi Partikel Penyusun 

Dalam tema satu ini meliputi partikel penyusun yang terdapat pada benda maupun yang terdapat pada makhluk hidup. Nantinya siswa akan belajar terkait berbagai macam atom beserta penyusunnya. Kemudian juga membahas tentang prinsip ketika melakukan pembentukan suatu molekul serta ion. Di samping itu dalam tema ini juga termuat sifat yang dimiliki oleh suatu zat. 

4. Materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan 

Pertama siswa bakal diajarkan tentang peran dari tanah serta organisme yang terdapat pada tanah tersebut. Kemudian juga bakal membahas tentang tahapan pembentukan tanah serta berbagai komponen yang turut menyusun tanah. Lalu juga ada pembahasan tentang usaha dalam menjaga kelestarian dari tanah tersebut. 

Baca juga: Materi IPA Kelas 9 Semester 1 dalam Ringkasan Lengkap

5. Materi Teknologi Ramah Lingkungan 

Nantinya dalam tema ini siswa akan belajar tentang beberapa sub tema seperti pengertian serta prinsip dari teknologi ramah lingkungan. Kemudian juga akan membahas bentuk aplikasinya yang meliputi bidang energi kemudian transportasi, lalu juga bidang lingkungan dan juga industri. 

Di samping itu juga akan ada sub tema terkait perilaku hemat energi yang dilakukan dalam keseharian. Serta sub tema yang terakhir yaitu macam teknologi yang termasuk dalam kategori tidak ramah lingkungan. Diantaranya adalah seperti pengolahan minyak bumi dan juga batu bara. 

Demikian pembahasan menjadi susunan materi IPA kelas 9 semester 2 yang bakal dialami oleh siswa. Dengan beberapa tema tersebut siswa bisa mengetahui tentang berbagai macam bioteknologi yang banyak dipakai dalam kehidupan keseharian. Baik dari bidang pangan sampai dengan bidang pertanian. Di samping itu siswa juga bisa lebih mengerti tentang beberapa tema lain sebagaimana uraian di atas.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More