Website Edukasi No. 1

Contoh Buku Kas Bulanan PAUD Terbaru 2022-2023

Hai Bunda, lagi nyari Contoh Buku Kas Bulanan PAUD ? Nih saya ada format terbaru yang bisa digunakan. Bunda dapat mengunduhnya melalui tautan tersedia di bagian bawah artikel ini. Namun sebelum itu, mari kita bahas sedikit mengenai salah satu berkas penting ini.

Lanjut baca sampai selesai ya Bund….

Apa itu Buku kas bulanan PAUD ?

Suatu lembaga PAUD memerlukan buku kas bulanan untuk mencatat keuangannya pada setiap bulan. Buku ini berisi informasi tentang penerimaan dan pengeluaran uang selama per-bulan tersebut.

Buku Kas Bulanan PAUD adalah buku yang di dalamnya berisi catatan keuangan suatu lembaga PAUD pada jangka waktu per-bulan.

Lembaga PAUD memerlukan buku kas bulanan untuk mencatat keuangannya pada setiap bulan, berisi informasi tentang penerimaan dan pengeluaran uang selama per-bulan tersebut.

Buku Kas Bulanan PAUD ini di simpan oleh lembaga PAUD agar tidak mudah kadaluarsa, dan dapat menggantinya apabila terjadi kerusakan. Buku ini juga di gunakan sebagai acuan bagi penyusunan Laporan Keuangan. …

Fungsi Buku Kas

advertisement

Buku kas bulanan PAUD mempunyai fungsi yaitu untuk mencatat keuangan dalam hal ini pemasukan dan pengeluaran dana yang digunakan oleh lembaga PAUD setiap bulannya, baik untuk pembelian barang maupun pembayaran jasa.

Aliran masuk dan keluarnya uang dapat dipertanggungjawabkan dengan buku kas bulanan PAUD ini. Dengan demikian, fungsi buku kas bulanan PAUD hanya mencatat keuangan dalam hal ini pemasukan dan pengeluaran dana yang digunakan oleh lembaga PAUD setiap bulannya, baik untuk belian barang maupun membayar jasa.

Buku kas bulanan PAUD ini sangat penting bagi lembaga PAUD untuk membuat laporan keuangan, baik untuk Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) maupun Laporan Keuangan Tahunan (LKt). …

Manfaat Buku Kas Bulanan

Buku kas bulanan PAUD mempunyai manfaat yaitu:

– Sebagai bahan Laporan Keuangan

– Sebagai alat pertanggungjawaban mengenai keuangan (LPJ) … #

Buku kas bulanan PAUD ini sangat penting bagi lembaga PAUD untuk membuat laporan keuangan, baik itu Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) maupun Laporan Keuangan Tahunan (LKT). LPJ biasanya di buat untuk mengendalikan dan mengevaluasi penggunaan dana yang telah dialokasikan, sementara LKT berisi informasi keuangan secara keseluruhan selama satu tahun.

Dengan memiliki buku kas bulanan PAUD ini, maka aliran masuk dan keluarnya uang dapat dipertanggungjawabkan dengan jelas.

Download Contoh Buku Kas Bulanan PAUD

Buku kas bulanan PAUD juga memiliki peran penting, ialah untuk menunjang pengawasan dan pengendalian lembaga terhadap penggunaan dana maupun barang yang dialokasikan. Dengan demikian, buku kas bulanan PAUD ini menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk membantu lembaga dalam mengelola keuangan.

Selain itu, buku kas bulanan PAUD ini juga berfungsi sebagai bahan pertanggungjawaban (LPJ) yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengontrol penggunaan dana. Silahkan download contoh format jadi di bawah ini:

Contoh Buku Kas Bulanan PAUD

Untuk mengisi buku kas bulanan PAUD, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masukan tanggal pada kolom Tanggal.

2. Isi nomor bukti kas yang tertera pada nota atau faktur penerimaan uang atau pengeluaran uang.

3. Isi uraian singkat penerimaan dan/atau pengeluaran uang.

4. Masukkan jumlah uang yang tertera pada nota atau faktur penerimaan dan/atau pengeluaran uang.

5. Isi jumlah uang yang dimiliki oleh lembaga pada sisa tanggal tersebut.

6. Tutup buku kas bulanan PAUD dengan menandatanganinya.

Penutup

Mengawasi keluar masuknya dana pada setiap bulan di lembaga maupun sekolah PAUD sangatlah penting sebagai salah satu pengawasan keuangan. Guna mendukung kegiatan tersebut dibutuhkan sebuah dokumen untuk mencatatnya. Nah, Buku kas inilah yang biasa digunakan untuk pencatatan tersebut.

Coba lihat juga ini:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More