Website Edukasi No. 1

Fungsi Penting Administrasi Perpustakaan Bagi Sekolah

Apa itu administrasi perpustakaan? Tak hanya perkantoraan saja yang membutuhkan staf khusus untuk mengelola administrasi, tetapi perpustakaan juga membutuhkannya. Administrasi dan manajemen perpustakaan dibutuhkan untuk memaksimalkan seluruh sumber daya perpustakaan mulai dari manusia, logistik, hingga koleksi perpustakaan.

Lalu, apa saja fungsinya? Supaya lebih memahaminya, simak beberapa fungsinya berikut ini:

1. Menyusun Rencana dengan Baik

Dengan adanya pengelolaan pengadministrasian yang baik, perpustakaan harus memiliki rencana jangka pendek dan panjang. Rencana ini bisa diwujudkan dengan membuat beberapa program tertentu untuk menghidupkan perpustakaan.

Perencanaan juga menjadi titik awal yang harus dipikirkan secara matang dan disusun sebaik-baiknya. Dengan adanya perencanaan yang baik, standar kerja hingga panduan bagaimana seharusnya perpustakaan dioperasikan bisa terealisasikan.

2. Mengorganisir Berbagai Administrasi yang Dibutuhkan

Mengorganisir administrasi yang dibutuhkan perpustakaan adalah salah satu fungsi utamanya. Hal ini tentunya tidak hanya meliputi buku-buku dan koleksi perpustakaan saja. Tetapi juga sarana dan sumber daya manusia yang bekerja di dalamnya.

Tujuannya yaitu supaya tidak saling tumpang tindih bagi staf yang bertanggung jawab. Sementara itu, tujuan mengorganisir koleksi perpustakaan supaya tertata dengan rapi sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan.

3. Menggerakan SDM yang Ada

Dengan adanya administrasi yang tertata, maka SDM perpustakaan bisa digerakkan sehingga segala tugas dan kewajibannya bisa dilaksanakan. Sama halnya seperti administrasi perkantoran, administrasi di perpus juga dapat memberikan data serta informasi yang valid mengenai rekam kerja atau kemampuan SDM dalam melaksanakan kinerjanya.

Dengan data tersebut maka setiap problem atau masalah yang dihadapi SDM dalam mengelola perpustakaan bisa diberikan solusinya. Meskipun demikian, menggerakkan SDM tidak hanya menjadi tanggung jawab dan peran admin saja.

Dalam hal ini, peran pimpinan sangat dibutuhkan. Selain itu, kesadaran diri dari setiap SDM untuk berkontribusi dan menjalankan tugasnya juga menjadi poin penting.

4. Pengawasan

Supaya seluruh sumber daya yang ada di dalam perpustakaan dapat dikelola dengan baik, maka diperlukan administrasi perpustakaan. Administrasi dalam perpustakaan sendiri memiliki fungsi pengawasan. Artinya, administrasi atau admin perpustakaan dapat memaksa agar seluruh rencana yang sudah ditetapkan di awal bisa direalisasikan tanpa kendala yang menyulitkan.

Oleh karena itu, untuk menjalankan fungsi pengawasan dibutuhkan pengetahuan dan wawasan mengenai rencana hingga standar evaluasi yang akan dilakukan. Pengawasan tidak hanya sekedar memonitoring atau melihat bagaimana program program perpustakaan dapat berjalan.

Tetapi pengawasan harus diiringi dengan kemampuan. Tujuannya untuk menindaklanjuti dan memperbaiki segala bentuk kegiatan atau aktivitas yang ada di perpustakaan.

Baca juga: Administrasi BK 2022-2023 Dilengkapi Contoh Format

5. Mengevaluasi Pelayanan dan Program Perpustakaan

Evaluasi adalah sebuah upaya untuk melakukan penilaian untuk menentukan apakah program kerja dan aktivitas yang telah dilakukan memuaskan atau sebaliknya. Dalam perpustakaan, evaluasi diperlukan untuk menjaga kualitas pelayanan dan program perpustakaan itu sendiri.

Evaluasi bisa dilakukan dengan melihat kembali bagaimana detail rencana dan tujuannya. Pada saat membuat rencana program pasti terdapat tujuan yang ingin dicapai serta detail rencana pelaksanaannya.

Dari sini bisa dinilai dan dibandingkan dengan praktiknya, apakah pelayanan dan program perpustakaan yang sudah berjalan memuaskan atau justru harus diperbaiki. Ada berbagai tahapan evaluasi yang perlu dilaksanakan yaitu evaluasi kinerja SDM, pengelolaan dana, evaluasi pelayanan dan penataan koleksi perpustakaan.

Download Administrasi Perpustakaan Lengkap

Silahkan unduh saja format file yang dibutuhkan untuk melengkapi administrasi perpustakaan anda berukut ini:

Itulah 5 fungsi dasar dari administrasi perpustakaan. Dengan menjalankan kelima fungsi tersebut, perpustakaan dapat terus memberikan pelayanan terbaik bahkan disukai oleh para pengunjung. Jadi, jangan abaikan administrasi jika ingin mengelola perpustakaan dengan baik.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More