Website Edukasi No. 1

Perangkat Pembelajaran Kelas 1 K13 Revisi 2022/2023

Wikiedukasi – Halo Guys, kali ini penulis akan berbagi informasi mengenai Perangkat Pembelajaran Kelas 1 SD Kurikulum 203 Hasil revisi terbaru.

Perangkat pembelajaran pada perencanaan pengajaran harus dibedakan antara perangkat pembelajaran untuk kelas 1 dan perangkat pembelajaran untuk kelas 2, 3, 4, 5 dan 6. Hal ini disebabkan oleh kenyataan pengalaman bahwa perbedaan pada tingkat perkembangan pembelajaran pada tingkatan pembelajaran ini memerlukan beberapa usaha dan kreativitas pengajar dalam penyusunan program pembelajaranya.

Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan alat yang digunakan pada pembelajaran oleh guru pada umumnya terdiri dari pengamatan dan pengukuran nilai siswa pada pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran dan pemberdayaan siswa.

Pengertian perangkat pembelajaran sangat penting karena dengan pengertian tersebut diharapkan bisa memberikan gambaran pada pembaca akan pengertian perangkat pembelajaran tersebut.

Perangkat pembelajaran yaitu sekumpulan alat pembelajaran yg digunakn oleh gurupada umumnnya terdiri dari pedoman pembelajaran, pengamatan & pengukuran kinerja siswa pada pembelajaran , pemberdayaan aktifitas pembelajarandan pengorganisasian proses belajar mengajar.

Perangkat Pembelajaran Kelas 1 SD merupakan sekumpulan alat mengajar yang digunakan oleh Guru pada setiap kegiatna belajar mengajar, misalnya seperti RPP, Silabus KKM, Program Tahunan Program Semester, Pemetaan KD dan Buku Kurikulum 2013.

Komponen dalam Perangkat Pembelajaran Kelas 1

Diantaranya yaitu:

advertisement

1. Materi Pokok/Objek Pembelajaran

2. Kegiatan Belajar Mengajar (KBMA)/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

3. Alat dan Sumber Permainan

4. Penilaian

Komponen-komponen tersebut dibuat oleh guru bersama murid pada saat Menggunakan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 di kelas, dan perlu diingat bahwa perangkat itu hanya menjadi acuan bagi Guru dan siswa. Misalnya, guru dapat membuat perangkat pembelajaran tersebut sendiri dengan lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Materi Pokok/Objek Pembelajaran (Objective) yaitu pengertian materi pelajaran, kompetensi dasar, materi kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi dasar.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBMA)/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana program pembelajaran dengan materi pelajaran, menguraikan kegiatan menampilkan proses belajar siswa yang akan dilakukan oleh guru dan disusun dalam jadwal waktu yang bersifat rinci.

Alat dan Sumber Permainan adalah peralatan pembelajaran di kelas, seperti papan tulis, penggaris, kapur tulis, pensil, buku pelajaran dan perangkat multimedia yang digunakan guru mengajar.

Penilaian yaitu proses melihat hasil belajar siswa dengan cara mengamati atau memperhatikan perilaku siswa selama proses belajar mengajar.

Penilaian terdiri dari penilaian tes dan non tes yang dapat diartikan sebagai membandingkan prestasi belajar dengan standar/prestasi aslinya, bukan dengan peserta didik lain.

Adapun standar pembelajaran yang dimaksud ialah pencapaian kompetensi dasar. Berdasarkan tujuan pendidikan, setiap mata pelajaran memiliki kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik. Kompetensi dasar itu menjadi acuan kurikulum, yaitu apa yang hendak dikuasai dan dilatih oleh pendidik.

Apa saja perangkat pembelajaran SD Kelas 1?

RPP merupakan rencana pelaksanaan tugas guru sehari-hari dalam mengajar mata pelajaran tertentu pada suatu jenjang dan satuan pendidikan yang menggambarkan secara rinci langkah-langkah yang akan dilakukan, materi pelajaran yang akan diajarkan, alokasi waktu untuk tiap pembelajaran serta urutan keseluruhan jam pelajaran. Acuan bagi guru dan murid didalam menyelesaikan proses belajar mengajar.

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RPP ialah rencana pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pokok, materi pokok, alat dan bahan ajar, penilaian tugas dan ulangan harian serta rencana penyajian materi pelajaran.

Format RPP ialah sebagai berikut :

1. Kegiatan Pembelajar

2. Materi Pokok/Objek Pembelajaran

3. Alat dan Sumber Permainan

4. Penilaian

5. Rencana penyajian bahan pelajaran (Rencanakan silabus)

6. Bimbingan Belajar (Rencana Pelaksana Pembelajaran & Nilai Belajar)

Silabus

Silabus merupakan pedoman bagi guru dalam memilih dan menyusun bahan-bahan pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Bagian-bagian Bagan Silabus sebagai berikut :

1. Komponen silabus

2. Struktur silabus

3. Jenis-jenis bahan ajar yang dijadikan dasar pengelompokan silabus

4. Tujuan pembelajaran

5. Indikator pencapaian tujuan pembelajaran

6. Alokasi waktu silabus

7. Penilaian

8. Rangkuman dan refleksi pembelajaran

9. Sumber belajar lainnya

10. Tugas-tugas dan evaluasi proses pembelajaran

11. Rangkuman tugas dan evaluasi proses pembelajaran

12. Bimbingan pelaksanaan pembelajaran (di sekolah)

13. Lay out silabus (dalam hal ini lebih merupakan umpan balik dari guru untuk pihak sekolah)

Format silabus ialah sebagai berikut :

1. Pengertian Silabus/Jenis-jenis Silabus/Tujuan Pembelajaran

2. Struktur Bagan Silabus/Penyajian Bagan Silabus/Tujuan Pembelajaran

3. Pencapaian Kompetensi Dasar/Indikator (dituliskan urutan yang mudah dipahami)

4. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

5. Rangkuman Kompetensi Dasar

6. Penilaian Proses Pembelajaran (Tes, uraian tugas, ulangan harian/ mingguan/bulanan atau kwartal)

7. Rangkuman dan Refleksi Pembelajaran (Penilaian proses)

8. Tugas dan Uraian Tugas Pembelajaran/Tugas-tugas Proyek Pembelajaran atau Evaluasi Kompetensi Dasar (Tes, uraian tugas, ulangan harian/ mingguan/bulanan atau kwartal)

9. Foto yang menggambarkan tugas/ujian/proyek pembelajaran (wajib di foto oleh guru)

10. Bimbingan Guru Pembelajar (di sekolah)

11. Bimbingan Guru Pengayaan (di sekolah)

12. Rangkuman dan refleksi pembelajaran (penilaian proses pembelajaran, masuk kategori sebagai ringkasan tugas/urusan tugas/uraian tugas pembelajaran)

13. Penilaian Proyek/Tugas Pembelajaran (tes, uraian tugas, ulangan harian/mingguan/bulanan atau kwartal)

14. Bimbingan Guru Pengayaan (di sekolah)

15. Bimbingan Guru Pembelajar (di sekolah)

Sumber RPP dan Silabus adalah buku teks pelajaran, buku panduan guru, kumpulan soal ujian nasional, standar isi dan bahan ajar lainnya.

Sumber buku untuk pembelajaran adalah sebagai berikut :

1. Buku paket

2. Buku teks pelajaran/buku teks satuan pendidikan

3. Buku panduan guru

4. Buku penilaian

5. Buku sumber belajar lainnya

6. Karya tulis peserta didik/orang tua/wali peserta didik (misalnya tugas, ulangan sikap dan hasil pembelajaran)

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

KKM merupakan komponen penting dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran, bukan sekedar alat bantu membuat RPP. KKM ini merupakan panduan pelaksanaan dan penilaian belajar mengajar yang disesuaikan dengan KTSP.

KKM berfungsi sebagai penunjang bagi guru dalam menyusun RPP, juga sebagai panduan siswa untuk melaksanakan RPP yang diberikan oleh guru. KKM bertujuan agar siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk lebih sempurna.

KKM berisi kegiatan pembelajaran, bahan pelajaran (Ejaan, Intonasi dan Ucapan), metode pembelajaran, ketrampilan/ sikap, penilaian formatif, pelaporan dan lain-lain.

KKM yang baik harus memberi petunjuk kepada guru dan peserta didik secara lebih spesifik. Sehingga kegiatan pembelajaran dan penilaian lebih mudah untuk dibuat.

Promes

Program Semester merupakan program jangka menengah dengan periode satu semester yang ditetapkan oleh penyelenggara sekolah/madrasah (jika perlu dapat ditinjau ulang tahun pelajaran).

Prota

Program Tahunan (Pokok bahasan tertentu yg dijabarkan pada semua kelas) dan Program Semester (pokok bahasan tertentu yang dijabarkan hanya pada satu kelas)

Program Tahunan dan Program Semester merupakan sarana guru untuk menyajikan kompetensi dasar yang harus dipelajari peserta didik sesuai dengan waktu, pengetahuan atau ketrampilan yang harus dimiliki peserta didik.

Program Tahunan/Semester merupakan panduan pelaksanaan pembelajaran yang dijabarkan atas pokok bahasan, termasuk penilaian hasil belajar siswa, pelaporan hasil belajar siswa, perbaikan dan penilaian ulang.

Pemetaan Kompetensi Dasar

Pemetaan KD ialah pengakuan bagi seseorang/kelompok bahwa mereka telah menguasai kompetensi tertentu.

Pemetaan KD merupakan perjanjian guru dengan siswa/orang tua bahwa siswa telah menguasai sejumlah kompetensi yang ditetapkan dengan mengikuti pembelajaran tertentu.

Pemetaan KD adalah penilaian berbasis hasil belajar siswa dan merupakan aspek dalam program tahunan dan semester.

Pemetaan KD terdiri dari tiga macam, yaitu:

1. Pemetaan jalur pendidikan (pengetahuan, keterampilan dan sikap)

2. Pemetaan standar isi

3. Pemetaan kompetensi dasar

4. Pemetaan hasil belajar siswa

Program Semester ini merupakan pengembangan dari Program Tahunan sehingga mencakup satu semester/blok pelajaran. Promes dijabarkan lebih lanjut mengenai KD, Standar Isi dan kompetensi dasar. Promes mencakup aspek efektivitas pengajaran, aspek struktural dan aspek kualitatif.

Download Kumpulan Perangkat Pembelajaran Kelas 1 SD K13

Silahkan downlaod semua berkasnya melalui tautan yang telah saya sediakan di bawah berikut ini:

Penutup

Semua perangkat pembelajaran tersebut dalam membantu setiap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh Guru di sekolahnya masing-masing. Kelengkapan perangkat tersebut sangatlah penting dan harus selalu dipersiapkan oleh Guru.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More