Website Edukasi No. 1

Contoh PTK SD Kelas 1 Yang Perlu Diketahui Guru

Wikiedukasi - Pembahasan perihal Contoh PTK SD Kelas 1 Yang Perlu Diketahui Guru bisa Anda baca di sini secara detail.

Wikiedukasi – Bisanya guru yang memiliki tugas salah satunya adalah mengelola kelas dalam kegiatan belajar mengajar pernah membuat yang namanya PTK. Istilah uni merupakan kepanjangan dari “Penelitian Tindakan Kelas”. Hingga tak mengherankan jika sebagian diantara guru membutuhkan contoh PTK SD kelas 1 sebagai bahan acuan pembuatan penelitian tersebut. 

Secara umum dalam penelitian tersebut akan terdiri dari beberapa siklus sebagaimana yang dibutuhkan. Jenis penelitian ini dikenalkan pertama kalinya oleh tokoh bernama Kurt Lewin di tahun 1946 silam. Yang selanjutnya dilakukan perkembangan oleh sejumlah tokoh lain seperti John Elliott, kemudian Stephen Kemmis dan lainnya. Untuk pembahasan contoh penelitian tindakan kelas SD kelas 1 selebihnya bisa disimak drama uraian di bawah ini:

Pengertian PTK 

Istilah yang dipakai untuk sebuah penelitian tindakan kelas ini bisa dipahami sebagai suatu penelitian yang memiliki sifat pengulangan atau sering disebut juga dengan reflektif. Caranya dengan menjalankan penelitian daur ulang guna melakukan perbaikan maupun peningkatan secara praktik pembelajaran yang ada di kelas. 

Jenis penelitian ini bisa juga dipakai untuk penerapan berbagai macam program yang dicanangkan oleh sekolah. Tata cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pengkajian berbagai indikator keberhasilan. Baik keberhasilan dari proses maupun hasil pembelajaran para siswa yang ada. 

Tujuan PTK 

Setelah mengetahui pengertian dari PTK, dalam sebuah contoh PTK SD kelas 1 guru juga perlu mengetahui tujuan dari PTK itu sendiri. Adapun tujuan tersebut yakni guna melakukan perbaikan serta peningkatan suatu layanan secara profesional dalam menjalankan penyelenggaraan proses pembelajaran. 

advertisement

Dengan melakukan sebuah penelitian berjenis PTK bisa melakukan perubahan perilaku mengajar guru. Di samping itu juga bisa mengubah perilaku peserta didik yang ada di kelas, serta juga untuk meningkatkan pembelajaran dalam versi praktiknya. 

Manfaat PTK 

Pihak yang menjadi sasaran penelitian jenis ini meliputi guru kemudian siswa dan juga sekolah. Maka dari itu manfaat dari dilakukannya PTK seyogyanya bisa dirasakan oleh ketiga pihak tersebut. Misalnya seperti guna memberikan peningkatan kualitas dalam pembelajaran, kemudian bisa membuat guru lebih bisa menjalankan profesionalisme. 

Hal ini lantaran guru bisa untuk melakukan penilaian, lalu juga melakukan refleksi terhadap diri sendiri. Selanjutnya guru juga mampu untuk melakukan pengelolaan terhadap perasaan pembelajaran dengan lebih baik. Berikutnya guru juga bisa lebih untuk memiliki peran aktif dan lain sebagainya. 

Struktur PTK 

Dalam struktur PTK termuat beberapa hal penting yaitu seperti abstrak, lalu pendahuluan sampai dengan penutup. Sepanjang laporan penelitian tersebut akan terdiri dari 5 BAB yang bakal diulas. Pada bagian pendahuluan akan berisi beberapa hal seperti latar belakang masalah yang dihadapi kelas 1 SD. Kemudian rumusan terkait masalah, tujuan serta manfaat penelitian dan lainnya. 

Dalam BAB yang kedua biasanya akan dibahas mengenai kajian teori menyangkut tema pembahasan yang bakal diteliti. Mulai dari hakikat, kemudian pendekatan dan lain sebagainya. Untuk BAB ketika akan membahas mengenai metode penelitian yang akan dipakai. Biasanya akan berisi mengenai jenis penelitian, kemudian sumber data dan masih banyak lagi. 

Sedangkan untuk BAB keempat akan diungkapkan isi dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Umumnya pada bagian ini akan diulas selama beberapa siklus sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sementara BAB terakhir akan memuat penutup yang terdiri dari kesimpulan dan juga saran. 

Unduh Contoh PTK SD Kelas 1

Ketika anda membutuhkan contoh penelitian tindakan kelas SD kelas 1 untuk dijadikan sebagai referensi dan inspirasi maka silahkan download saja format filenya melalui tautan di bawah berikut ini:

  • Penelitian Tindakan Kelas IPA – unduh
  • Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Indonesia – unduh
  • Contoh PTK SD Kelas 1 Matematika – unduh
  • Proposal PTK SD Kelas 1 – unduh

Jika terdapat tautan unduhan tidak aktif pada laporan PTK SD kelas 1 di atas, itu berarti file atau contoh formatnya masih belum diupload. Namun jangan khawatir, sebab sesegera mungkin saya akan menyelesaikannya.

Baca Juga:

Demikian pembahasan mengenai contoh PTK SD kelas 1 yang perlu diketahui. Pembahasan ini kiranya perlu dipahami oleh seorang guru yang hendak melakukan penelitian jenis PTK. Tidak lain supaya bisa lebih berkualitas dalam menjalankan kegiatan mengajarnya. Kemudian meningkatkan prestasi murid dengan metode yang lebih cocok lagi.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More