Website Edukasi No. 1

Contoh PTK SD Kelas 5 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Wikiedukasi - Pembahasan tentang Contoh PTK SD Kelas 5 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bisa Anda baca di sini secara keseluruhan.

Dalam berbagai bidang ilmu, penelitian berperan penting dalam menghasilkan output mengenai suatu topik. Penelitian tindakan kelas merupakan hal yang berperan dalam dunia pendidikan. Contoh PTK SD kelas 5 misalnya, di sini guru akan membuat penelitian langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini mengutamakan beberapa aspek psikologi kognitif karena berhubungan langsung dengan aktivitas belajar mengajar.

Pengertian

PTK merupakan kependekan dari tiga aspek: penelitian, tindakan, serta kelas. Seperti namanya, penelitian praktis ini dijalankan di lingkungan kelas. PTK memiliki tiga aspek. Penelitian merupakan kegiatan yang melingkupi observasi terhadap subjek atau objek yang disesuaikan dengan prosedur tertentu.

Tindakan merupakan perlakuan yang telah direncanakan dalam rangka mencapai suatu tujuan. Selanjutnya ada kelas, yakni tempat untuk melangsungkan pembelajaran yang terdiri dari siswa dan pengajar. PTK adalah penelitian dengan sifat pengulangan dan reflektif.

Tujuan

Kehadiran PTK dapat membantu guru dalam mengimplementasikan berbagai program yang diadakan oleh sekolah. PTK bertujuan memperbaiki kualitas dari pendidikan berdasarkan hasil evaluasi. Caranya yakni mengkaji seluruh indikator keberhasilan yang terlihat dari aktivitas belajar sehari-hari hingga hasil pembelajarannya.

Secara lebih spesifik, tujuan diadakannya PTK yaitu mengamati dan memperbaiki kualitas layanan pendidikan. Dengan hasil PTK, guru diharapkan bisa mengetahui keunggulan, kelemahan, dan peluang yang bisa dilakukan terhadap sebuah program pembelajaran. Dengan demikian, harapannya kualitas pendidikan bisa terus dikembangkan seiring berubahnya zaman.

advertisement

Dalam contoh PTK SD kelas 5, terdapat beberapa hal yang diamati dan dievaluasi. Jenjang ini sudah hampir mencapai akhir dari masa SD, sehingga observasi perlu dilakukan secara mendalam. Hal ini agar siswa bisa menghadapi tantangan di kelas 6 yang cukup berat.

Manfaat

PTK menyasar kelas sebagai objek utama penelitian. Dalam kelas terdiri dari guru, siswa, serta sekolah itu sendiri. Pelaksanaan PTK akan memberikan beberapa manfaat, seperti berikut:

  • Meningkatkan kualitas kegiatan pengajaran dalam kelas, dengan perbaikan terhadap hasil belajar dari siswa.
  • Model untuk siswa agar dapat meningkatkan hasil belajarnya dengan bantuan guru yang kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan.
  • Meningkatkan kepekaan dan profesionalitas guru dengan tindakan reflektif.
  • Memberi kesempatan pada guru untuk aktif berperan dalam mengembangkan keterampilan dan wawasannya.

Struktur

Membuat PTK perlu disesuaikan dengan pedoman yang berlaku. Hal ini bertujuan memudahkan guru agar lebih terarah dalam melakukan penelitian. Struktur PTK sama seperti penelitian pada umumnya. Berikut struktur di contoh PTK SD kelas 5:

  • Rumusannya harus singkat, jelas, dan menggambarkan masalah. Misalnya: Hubungan Diskusi Kelompok dengan Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas 5 Dalam IPS.
  • Bidang kajian. Di sini perlu difokuskan masalah pembelajaran apa yang ingin difokuskan dalam penelitian. Contohnya strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa kelas 5 dalam matematika.
  • Memuat deskripsi mengenai masalah dalam pembelajaran, identifikasi, serta mengapa mengangkat topik tersebut dalam PTK.
  • Rumusan masalah dan pemecahannya. Berupa kalimat tanya mengenai masalah apa yang ingin diatasi, sedangkan pemecahan berisi argumentasi tentang mengapa tindakan tersebut tepat untuk mengatasi masalah.
  • Tujuan dan manfaat. Berupa hal yang ingin dicapai dari penelitian ini.
  • Kajian pustaka. Menjelaskan dasar teori mengenai permasalahan yang dibahas.
  • Rencana prosedur penelitian. Berisi subjek, waktu, rencana prosedur yang akan dilakukan, serta jadwal dilakukannya mulai dari persiapan hingga pelaporan.
  • Biaya dan personalia. Menjelaskan apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan penelitian misalnya alat atau jasa, juga siapa saja yang terlibat.
  • Daftar pustaka dan lampiran. Berisi sumber yang digunakan dalam penulisan PTK, sedangkan lampiran memuat hal seperti alat ukur, riwayat peneliti, surat keterangan, dan sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai PTK yang sangat bermanfaat bagi pengembangan proses belajar di sekolah. Dengan contoh PTK SD kelas 5, guru dapat berkolaborasi satu sama lain untuk membangun konsep pembelajaran yang terus berkembang. Evaluasi rutin disertai peningkatan pemahaman akan psikologi pendidikan diharapkan bisa membantu guru dan siswa mencapai tujuan pembelajaran.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More