Website Edukasi No. 1

Contoh PTK SD Kelas 4 Cocok untuk Mengembangkan Pembelajaran

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas yaitu sebuah research yang biasa dilakukan seorang peneliti bersama guru di sebuah kelas untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Biasanya hal ini dilakukan agar memperoleh hasil lebih baik daripada sebelumnya. Serta, penelitian ini pun dikerjakan dalam waktu yang lama, bukan 1 – 2 hari saja. Sehingga apabila tidak memiliki waktu, maka contoh PTK SD Kelas 4 berikut bisa menjadi inspirasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai contohnya, maka materi yang bisa diambil adalah tentang mata pelajaran Matematika bab Pecahan dan Operasinya. Berikut adalah lengkapnya, yaitu:

Tujuan PTK

Untuk tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini sendiri yaitu memiliki beberapa hal yang perlu dicapai. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut, yaitu:

  • Menerapkan pendekatan Matematika Realistik
  • Mengetahui minat siswa terhadap topik penelitian
  • Mengetahui dampak hasil pembelajaran pada siswa

Manfaat PTK

Tidak hanya tujuan PTK saja yang perlu dicapai, pasalnya ada pula manfaat harus diperoleh dari penelitian satu ini, baik untuk seorang guru, siswa, maupun sekolah. Berikut inilah diantaranya, yaitu:

1. Secara Teoritis

advertisement

Apabila dinilai secara teoritis, Penelitian Tindakan Kelas terutama untuk SD kelas 4 adalah untuk meningkatkan pengoptimalan pembelajaran. Terutama pada pembelajaran Matematika materi Pecahan dan Operasinya, tentunya PTK satu ini sangat perlu dilakukan.

2. Secara Praktis

Pada praktiknya, manfaat dari PTK SD Kelas 4 ini yaitu sebagai bahan pertimbangan agar bisa menentukan pembelajaran apa yang tepat untuk siswa. Selain itu, pada sekolah, manfaatnya yaitu sebagai bahan masukan atau dasar pemikiran agar pembelajaran matematika bisa berjalan optimal sesuai pendekatan yang tepat.

Struktur Penelitian Tindakan Kelas

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari penelitian satu ini, maka perlu pula mengetahui contoh PTK SD Kelas 4 yang meliputi struktur penelitiannya. Berikut adalah contohnya, yaitu:

1. Planning

Planning atau penyusunan perencanaan untuk penelitian ini meliputi observasi awal di kelas, wawancara bersama guru dan siswa, serta diskusi mengenai permasalahan yang ditemui di kelas. Terutama pada mata pelajaran Matematika, tentunya peneliti perlu mengetahuinya dengan benar agar bisa menyusun rencana atau tindakan yang tepat.

Dalam hal ini tim kolaborasi antara peneliti dan guru bisa menyusun rencana untuk memperbaiki, meningkatkan kualitas pembelajaran hingga mengubah sikap siswa agar permasalahan yang ada bisa teratasi. Solusinya adalah dengan melakukan pendekatan Matematika Realistik.

2. Acting

Setelah melakukan perencanaan, langkah berikutnya adalah melaksanakan pendekatan yang telah direncanakan dari awal. Hal ini biasanya akan dipengaruhi oleh situasi dan kondisi kelas. Sehingga segala perencanaan tindakan yang harus dilakukan dalam hal ini bersifat fleksibel dan menyesuaikan keadaan tersebut.

3. Observasi

Kegiatan observasi dalam contoh PTK SD Kelas 4 dilakukan dengan cara mengamati pelaksanaan penelitian beserta hasilnya. Tahapan ini dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Lembar observasi nantinya berisikan catatan, wawancara, jurnal harian hingga dokumentasi kegiatan saat pembelajaran. Dalam hal ini, observasi yang dilakukan bersifat deskriptif dan juga netral sesuai keadaan nyata.

4. Refleksi

Barulah langkah terakhir yaitu refleksi untuk menyimpulkan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan. Nantinya data hasil observasi akan disusun secara urut dan teratur agar bisa diketahui hasil observasinya apakah terdapat peningkatan kualitas pembelajaran atau tidak.

Unduh Contoh PTK SD Kelas 4

Nah, untuk mendukung semua materi pembahasan Penelitian Tindakan Kelas di atas maka pada bagian ini saya coba bagikan juga semua contoh format dari beberapa mata pelajaran. Hal ini bertujuan supaya anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih luas mengenai pembuatan laporan PTK. Berikut ini semua formatnya :

Contoh PTK SD Kelas 4 Matematika

Contoh PTK SD Kelas 4 Bahasa Indonesia

Contoh PTK SD Kelas IV IPS

Contoh PTK SD Kelas 4 IPA

Contoh PTK SD Kelas IV PKn

Contoh PTK SD Kelas IV PAI

Nah itulah ulasan mengenai contoh PTK SD Kelas 4 yang bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan begitu, hasil kualitas pendidikan yang didapatkan jadi baik lagi. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di semua sekolah dasar pada level tersebut.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More