Website Edukasi No. 1

Perangkat Pembelajaran Kelas 2 K13 Lengkap Tahun 2022 2023

Wikiedukasi - Artikel perihal Perangkat Pembelajaran Kelas 2 K13 Lengkap Tahun 2022 2023 bisa Anda baca di sini secara lengkap.

Wikiedukasi – Perangkat pembelajaran kelas 2 SD ini merupakan sekumpulan alat atau berkas yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di kelas II SD pada semester ganjil/gasal dan genap.

Perangkat Pembelajaran Kelas II SD ini biasa terdiri dari Pemetaan KD, Silabus, RPP 1 Lembar, KKM, Program Tahunan, Program Semester, Rincian Minggu efektif, analisis dan evaluasi nilai siswa.

Macam-macam Perangkat Pembelajaran Kelas 2 SD Kurikulum 2013

Adapun beberapa macam perangkat yang harus dipersiapkan oleh Guru secara umum, diantaranya yaitu :

  • Pemetaan KD adalah gambaran umum materi yang akan dipelajari siswa pada suatu kelas dan semester tertentu. Pemetaan KD ini berisi tentang judul materi, urutan materi, mata pelajaran, alokasi waktu, dan penilaian.
  • Silabus adalah rencana pembelajaran yang menggambarkan secara rinci standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, indikator, penilaian, dan alokasi waktu.
  • RPP adalah Rencana Pembelajaran Praktis adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengatur secara rinci prosedur, materi, dan indikator hasil belajar siswa.
  • KKM adalah Kisi-kisi Kompetensi Mata Pelajaran yang mengandung standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan penilaian.
  • Program Tahunan adalah rencana kerja pembelajaran tahunan yang berisi kegiatan/materi yang akan diajarkan di setiap bulannya.
  • Program Semester adalah rencana pembelajaran semester yang berisi materi pokok pelajaran dan indikator hasil belajar siswa untuk penilaian.
  • Rincian Minggu Efektif adalah rencana penyampaian materi/pembelajaran mingguan yang berisi jenis kegiatan, sasaran/pendengar, urutan paket pelajaran, alokasi waktu, dan penilaian.
  • Analisis dan Evaluasi Nilai Siswa yang menghitung nilai raport selama pembelajaran berlangsung, perhitungan ujian akhir semester atau ulangan harian serta mengukur kemampuan peserta didik.

Fungsi Perangkat Pembelajaran Kelas II SD

Perangkat pembelajaran kelas 2 SD ini berfungsi untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, memonitoring dan menilai hasil belajar siswa, dan mengukur kompetensi peserta didik.

advertisement

Guru dapat menggunakan perangkat mengajar kelas 2 SD ini untuk membantu memvisualisasikan materi yang akan dipelajari, memberikan contoh soal atau latihan, dan mendemonstrasikan cara mengerjakan soal atau latihan.

Selain perangkat pembelajaran kelas 2 SD dapat membantu guru dalam memonitoring dan menilai hasil belajar siswa, juga dapat membantu guru dalam mengukur kompetensi siswa. Guru jadi dapat mengetahui sejauh mana siswa telah berhasil mempelajari materi yang diujikan. Dengan adanya perangkat mengajar kelas 2 SD ini, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa telah menguasai materi yang diajarkan.

Peran Perangkat Pembelajaran Kelas II SD

Perangkat pembelajaran kelas 2 SD ini berfungsi untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, memonitoring dan menilai hasil belajar siswa, dan mengukur kompetensi peserta didik.

Perangkat pembelajaran kelas 2 SD ini merupakan alat yang sangat penting untuk membantu guru dalam menyampaikan materi . Dengan adanya perangkat mengajar kelas 2 SD, guru dapat menyampaikan materi secara langsung.

Perangkat pembelajaran kelas 2 SD juga berfungsi sebagai alat bantu untuk memonitoring dan menilai hasil belajar siswa. Dengan adanya perangkat mengajar kelas 2 SD, guru dapat memonitoring dan menilai sejauh mana hasil belajar siswa telah sesuai dengan yang diharapkan.

Perangkat pembelajaran kelas 2 SD ini juga berfungsi sebagai alat ukur kompetensi peserta didik. Dengan adanya perangkat mengajar kelas II SD, guru dapat mengukur sejauh mana kompetensi peserta didik telah menguasai materi yang diajarkan.

Perangkat pembelajaran kelas 2 SD ini merupakan alat yang sangat penting untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dan memonitoring dan menilai hasil belajar siswa. Perangkat mengajar kelas 2 SD ini juga dapat membantu guru dalam mengukur kompetensi peserta didik.

Aspek-Aspek yang Dianggap Penting

Berikut ini aspek-aspek yang perlu diketahui oleh tenaga pengajar :

Aspek waktu (time).

  • Waktu untuk mendiskusikan materi dengan siswa dan meminta pendapat siswa.
  • Waktu untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan langkah-langkah pengerjaan soal atau latihan.
  • Waktu untuk memberi contoh soal atau latihan, meminta pendapat siswa tentang jawaban soal atau latihan, dan memberikan penjelasan.
  • Waktu untuk menilai hasil belajar siswa, menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam memahami materi pokok pelajaran. Waktu untuk menentukan kesulitan belajar siswa.
  • Waktu untuk melakukan pengayaan dan remedial teaching.

Aspek materi (content).

  • Materi yang diajarkan dalam perangkat pembelajaran kelas II SD ini meliputi materi pelajaran yang telah ditentukan oleh Pemerintah dalam kurikulum nasional.
  • Materi yang diajarkan ini memiliki tingkat rendah, sedang dan tinggi.
  • Jika siswa tidak mampu mengerjakan soal atau latihan yang diberikan guru, siswa akan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran pokok tersebut lebih rinci.
  • Materi yang diajarkan ini juga disertai dengan bahasa pembelajaran yang mudah dipahami siswa karena materinya menggunakan bahasa yang sederhana dan berbentuk soal atau latihan yang mudah.

Aspek metode (method).

Metode yang digunakan dalam perangkat pembelajaran kelas II SD ini meliputi:

  • Metode ceramah, yaitu guru memberikan penjelasan secara lisan dengan memperhatikan penguasaan materi pokok siswa.
  • Metode demonstrasi, yaitu guru menggunakan alat atau bahan perangkat mengajar kelas 2 SD untuk mendemonstrasikan langkah-langkah pengerjaan soal atau latihan.
  • Metode diskusi, yaitu guru meminta pendapat siswa tentang materi yang telah dipelajari dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengatakan pendapat.
  • Metode pengayaan atau remedial teaching, yaitu guru memberikan materi pelajaran yang lebih rinci jika siswa tidak mampu mengerjakan soal atau latihan yang diberikan guru.
  • Metode pemberian tugas, yaitu guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal atau latihan.
  • Metode pembelajaran kooperatif dengan pendampingan langsung (individual), yaitu guru membantu siswa yang kesulitan dengan cara memberikan tugas secara langsung.

Aspek penilaian (assessment).

Penilaian yang dilakukan dalam perangkat pembelajaran kelas II SD ini diarahkan agar siswa mampu:

  • Menentukan kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan oleh siswa.
  • Menyebutkan contoh soal atau latihan yang dapat meningkatkan penguasaan materi pokok pelajaran.
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi pokok pelajaran.
  • Membuat rancangan penilaian hasil belajar siswa.
  • Menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam memahami materi pelajaran.
  • Mengenal tingkah laku, perkembangan emosional, dan kesulitan belajar siswa yang mungkin ditemui pada saat proses pembelajaran.

Aspek administrasi (administration).

Administrasi yang dilakukan dalam perangkat pembelajaran kelas II SD ini meliputi:

  • Administrasi kelas, yaitu pencatatan siswa yang hadir dan absen dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
  • Administrasi materi, yaitu pengaturan materi pelajaran dengan memperhatikan tingkat kesulitan dan tingkat penguasaan materi pokok pelajaran.
  • Administrasi penilaian, yaitu penggunaan instrumen dan alat penilaian hasil belajar siswa secara berkesinambungan.
  • Administrasi sumber daya manusia, yaitu penyediaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Administrasi sarana dan prasarana, yaitu pengadaan perangkat pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan proses belajar mengajar.

Download Perangkat Pembelajaran Kelas 2 SD

Anda dapat mendownload semua perangkatnya secara gratis di situs kami wikiedukasi. Perangkat pembelajaran yang tersedia diantarnaya meliputi :

Kesimpulan

Pendidikan merupakan etos yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk menjalankan profesi tertentu. Pembelajaran adalah suatu proses mencapai kompetensi atau nilai tertentu diperoleh siswa. Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar di mana peserta didik terlibat dalam interaksi dengan lingkungan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Salah satu hal yang mendasari dalam suatu pembelajaran adalah perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan alat atau tools yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di kelas II SD.

Rekomendasi Lainnya:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More