Website Edukasi No. 1

Pemetaan KD Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2022

Kompetensi Dasar (KD) dalam sebuah pendidikan sangat membantu para guru dalam menyusun penguasaan materi pembelajaran siswa di sekolah. Pada materi ini akan membahas cara membuat pemetaan KD kelas 6 semester 1 dan 2. Di mana memiliki tujuan untuk memudahkan guru dalam membuat materi pembelajaran yang terstruktur dan terarah.

Pembuatan KD sesuai dengan adanya kurikulum 2013 memiliki indikator dalam mengetahui keterampilan dan sikap siswa dalam belajar. Hal ini, dapat dijadikan sebagai acuan guru dalam menilai pencapaian pembelajaran siswa. Guru akan menilai sudah sejauh mana kemampuan dan pengetahuan siswa pada suatu mata pelajaran agar bisa memenuhi target kelulusan. 

Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 6 Semester 1

Membuat Kompetensi Dasar di kelas 6 semester awal dapat memberikan kemudahan bagi para guru dalam menyusun kerangka materi pembelajaran. Pemetaan KD kelas 6 semester 1 dan 2 dibuat agar siswa dapat menempuh target pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu. Pemetaan KD secara terstruktur diharapkan agar siswa dapat memahami mata pelajaran.

Membuat pemetaan KD semester awal kelas 6 tidak banyak mengalami revisi dari tahun sebelumnya. Hasil ini merupakan revisi terbaru di 2022. Pemetaan KD masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni memiliki 9 total tema di keseluruhan semester. Di semester ganjil berjumlah 5 dan semester genap berjumlah 4 tema. Berikut ini penjelasannya:

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup

Materi ini menjelaskan tentang bagaimana cara menyelamatkan makhluk hidup dari berbagai ancaman.

Tema 2: Menanamkan Rasa Persatuan dalam Perbedaan.

Materi ini menjelaskan nilai-nilai dalam Pancasila dalam mencapai kesatuan bangsa.

Tema 3: Mengenal Tokoh dan Penemuannya.

Materi ini mengenalkan tokoh-tokoh penemu dunia dan segala bentuk manfaatnya.

Tema 4: Mengenal tentang Globalisasi.

Materi ini menjelaskan mengenai materi globalisasi dan manfaatnya bagi manusia.

Tema 5: Mengenal tentang Kewirausahaan.

Materi ini mengenalkan siswa pada pekerjaan wirausaha dan cara mencapai kesuksesannya.

Berikut ini contoh pemetaan Kompetensi Dasar kelas 6 semester 1 beserta tautan yang dapat diunduh: 

Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 6 Semester 2

Memiliki waktu pembelajaran yang singkat, di mana siswa kelas 6 sudah memasuki tingkatan akhir di Sekolah Dasar. Di semester genap, siswa harus mampu memenuhi aspek pengetahuan dan keterampilan di setiap satuan mata pelajaran. Guru membuat pemetaan KD di semester genap dengan bentuk 4 tema dan 3 subtema. Berikut ini contohnya:

Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera.

Materi ini membahas tentang masyarakat yang sejahtera dan peduli akan lingkungannya.

Tema 7: Kepemimpinan.

Materi ini mengajarkan siswa untuk memiliki jiwa kepemimpinan di sekitarnya dan tokoh yang dijadikan sebagai pemimpin.

Tema 8: Mengenal tentang Bumiku.

Materi ini mengenalkan siswa tentang bentuk bumi beserta musim yang dimilikinya.

Tema 9: Mengenalkan tentang Menjelajah Angkasa Luar

Materi ini mengenalkan siswa pada tokoh penjelajah luar angkasa beserta mengenalkan benda yang ada di luar angkasa.

Berikut ini contoh pemetaan Kompetensi Dasar kelas 6 semester 2 beserta tautan yang dapat diunduh: 

Kelas 6 SD sudah menjadi akhir dari pendidikan tingkat Sekolah Dasar, menjadi sebuah tantangan bagi para guru dalam mendidik siswa. Membuat pemetaan KD kelas 6 semester 1 dan 2 diharapkan agar murid mampu menempuh materi pembelajarannya. Karena di kelas 6 SD memiliki target waktu yang singkat dibandingkan tingkatan sebelumnya. 

Untuk itu, dengan adanya Kompetensi Dasar diharapkan guru dapat mengatur materi bahan pembelajaran secara terstruktur mengikuti alokasi waktu. Dengan demikian, guru akan memiliki rancangan materi pembelajaran dan akan meminimalisir kesalahan dalam membuat dan menyampaikan materi.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More