Website Edukasi No. 1

Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1 dan 2 Revisi 2022

Kompetensi dasar merupakan bentuk penguasaan materi dalam sistem pembelajaran baik berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku siswa di jenjang pendidikan. Dalam membuat pemetaan KD kelas 5 semester 1 dan 2 tentu harus sesuai dengan Kompetensi Inti yang sudah dirumuskan. Tujuannya agar siswa dapat memahami segala aspek pengetahuan dari setiap pembelajaran yang diterimanya.

Murid kelas 5 sudah hampir berada di tingkat akhir pendidikan Sekolah Dasar. Pemetaan Kompetensi Dasar pada kurikulum 2013 berfungsi sebagai acuan guru dalam menyusun kerangka kompetensi pada setiap pembelajaran di sekolah. Selanjutnya, murid harus memenuhi segala target pembelajarannya agar bisa lulus dalam segala mata pelajaran yang ada.

Daftar Pemetaan KD Kelas 5 Semester Ganjil 

Setiap guru sudah harus membuat pemetaan Kompetensi Dasar di semester awal kelas 5 SD. Hal ini, akan memudahkan pola materi kerangka pembelajaran menjadi terstruktur. Dalam membuat pemetaan KD kelas 5 semester 1 dan 2 di mana memiliki standar kompetensi yang harus siswa tempuh sesuai dengan mata pelajarannya.

Pemetaan Kompetensi Dasar di semester awal tidak banyak perbedaan dari tahun sebelumnya, sehingga hasil ini merupakan contoh revisi terbaru di 2022. Di seluruh semester pemetaan KD terdapat 9 total tema. Untuk semester ganjil diberikan 5 tema dan 3 subtema. Berikut ini penjelasannya:

Tema 1: Mengenal Organ Gerak Makhluk Hidup untuk Hewan dan Manusia.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang makhluk hidup dengan mengenalkan bentuk organ gerak pada binatang, lingkungan, dan manusia.

Tema 2: Mengenal Kesehatan Pernapasan melalui Udara Bersih.

Dalam pembahasan ini, siswa akan mempelajari tentang cara tubuh dalam mengolah kebersihan udara untuk pernapasan.

Tema 3: Mengenal Makanan Sehat.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang cara tubuh dalam mengolah makanan dan pentingnya menjaga asupan makanan sehat.

Tema 4:  Pentingnya akan Kesadaran bahwa Sehat itu Penting.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang apa saja gangguan dalam peredaran darah manusia dan cara memelihara kesehatan.

Tema 5: Mempelajari tentang Ekosistem Makhluk Hidup.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang komponen dan keseimbangan ekosistem.

Contoh bentuk pemetaan KD kelas 5 semester awal dapat diunduh melalui tautan ini:

Daftar Pemetaan KD Kelas 5 Semester Genap 

Di semester genap, siswa harus mampu memenuhi segala aspek pengetahuan dan kompetensi pada setiap satuan mata pelajaran. Pemetaan KD di semester genap, terdiri atas 4 tema dengan 3 subtema. Berikut ini merupakan contoh lanjutan dari pemetaan KD kelas 5 semester genap:

Tema 6: Pengenalan Materi Panas dan Perpindahannya.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang suhu dan kalor serta pengaruhnya di dalam kehidupan manusia.

Tema 7: Mengenal Sejarah dan Peristiwa dalam Kehidupan.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang peristiwa pada saat masa penjajahan dan masa kemerdekaan Indonesia.

Tema 8: Menjadikan Lingkungan sebagai Sahabat Kita.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang manusia dan lingkungannya serta cara melestarikan lingkungan.

Tema 9: Mengenal Benda-benda di Sekitar Manusia.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang berbagai macam benda dalam lingkungan dan kegiatan ekonomi.

Contoh pemetaan KD kelas 5 semester genap dapat diunduh melalui tautan ini:

Setaip guru harus mempersiapkan Kompetensi Dasar yang sesuai dengan acuan K13 karena materi kelas 5 SD akan terus berlanjut hingga ke tingkat selanjutnya. Pemetaan KD kelas 5 semester 1 dan 2 harus ditempuh sesuai alokasi waktu yang direncanakan di awal. Tujuannya adalah memudahkan guru dalam membuat rencana pembelajaran dan meminimalisir kesalahan dalam penyampaian materi.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More